Sponsors Link

Contoh Ikan Predator Air Tawar Terlengkap Beserta Penjelasannya

Dalam kehidupan, makhluk hidup senantiasa dikatagorikan sebagai pemangsa dan yang dimangsa. Konsep interaksi antara kedua makhluk hidup yang demikian dapat disebut sebagai predasi. Contoh simbiosis predasi beserta penjelasannya dapat dihubungkan ke dalam istilah biologi termasuk dalam bahasan rantai makanan. Kalau ada teman-teman yang belum memahami pengertian dari rantai makanan maka dosen biologi akan menjelaskannya dengan singkat untuk anda. Rantai makanan dapat diartikan sebagai perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain yang membentuk seperti rantai.

Setelah teman-teman mengetahui tentang pengertian predasi dan rantai makanan, maka dosen biologi akan melanjutkan ke pembahasan selanjutnya yaitu contoh ikan predator air tawar. Berikut ini contoh ikan predator air tawar yang akan dosen biologi jelaskan untuk anda selengkapnya.

1. Ikan Arapaima Gigas

Ikan arapaima gigas adalah ikan purba yang berukuran besar termasuk dalam famili osteoglossidae. Ikan arapaima gigas berasal dari wilayah Amerika yaitu Amerika Selatan. Kondisi tubuh yang besar pada ikan ini bisa mencapai panjang 3 meter dengan berat 200 kilogram. Secara fisik ikan arapaima gigas memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan ikan arwana. Beberapa hewan yang dijadikan mangsa dari ikan arapaima gigas adalah ikan kecil, udang, kepiting, lobster, sampai dengan hewan darat yang terjebak di air.

2. Ikan Flat Nosed Catfish (Anntena Catfish)

Berdasarkan asalnya, ikan flat nosed catfish terbagi menjadi 2 (dua) wilayah yaitu di Amerika bagian Selatan dan Asia. Kelompok ikan flat nosed catfish asal Amerika Selatan. Berdasarkan ciri fisik, ikan flat nosed catfish adalah memiliki kumis. Contohnya Red Tail Catfish, Tiger Shovelnose Catfish, Marbled Pim dan Pictus Cat. Kelompok ikan flat nosed catfish asal Asia adalah Asian Bumblebee Catfish, Asian Upside-down Catfish, Black Lancer Catfish dan Shadow Catfish.

3. Ikan aligator (Gar Fish)

Ikan aligator (gar fish) adalah ikan purba yang sudah hdup sejak puluhan juta tahun yang lalu. Berdasarkan kategori jenisnya ikan aligator (gar fish) memiliki 7 jenis ikan yang dapat bertahan hidup sedangkan 19 jenis lainnya sudah punah. Asal ikan aligator (gar fish) berasal dari Amerika Utara dan Amerika Tengah. Jika dilihat dari bentuk fisiknya, ikan aligator (gar fish) memiliki gigi yang tajam berbentuk kerucut dalam jumlah yang banyak dan memiliki mulut yang moncong. Contoh ikan aligator (gar fish) adalah atractosteus tristoecus, atractosteus tropicus dan lepisosteus oculatus.

4. Ikan Hujeta (Pike Charachin)

Ikan hujeta (pike charachin) adalah jenis ikan asal Amerika Selatan yang termasuk jenis predator. Ikan hujeta (pike charachin) berdasarkan bentuk fisik memiliki bentuk seperti paruh burung yang sedikit melengkung kebawah dengan rahang bawah lebih pendek dari rahang atas. Adapun bagian gigi yang halus menjadikan mangsa dari ikan ini sulit untuk terlepas.

5. Ikan Knifefish

Ikan knifefish adalah ikan yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan knifefish memangsa korbannya dengan cara diam-diam dan korbannya adalah ikan-ikan yang berukuran sangat kecil Ikan knifefish termasuk ikan yang paling agresif. Secara fisik, ikan knifefish adalah ikan yang memiliki tubuh pipih seperti pisau. Contoh ikan knifefish adalah brown ghost, white ghost dan black ghost.


6. Ikan Palmas (Polypterus Palmas)

Ikan palmas (polypterus palmas) adalah ikan yang berasal dari Afrika Barat. Ikan ini termasuk ikan pemangsa yang ukurannya tidak jauh berbeda dengan tubuh ikan palmas. Secara fisik ikan palmas memiliki tubuh seperti naga dengan corak seperti pasir. Contoh ikan palmas (polypterus palmas) adalah Barred birchir, polypterus endlicheri dan ornate bichir. Baca : jenis ikan hias air laut.

7.Ikan Peacock Bass

Ikan peacock bass adalah ikan yang berasal dari Amerika Selatan yang memiliki tubuh berwarna kuning kehijauan dan sangat cerah. Contoh ikan peacok bass adalah monoculus peacock bass, oscelaris peacock bass, dan orinoco peacock bass.

Demikian penjelasan dosen biologi mengenai contoh ikan predator air tawar. Semoga dapat menambah ilmu dan pengetahuan anda mengenai contoh ikan predator air tawar. Belajar biologi jadi asyik dan menyenangkan bersama dosen biologi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hewan