Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Jenis Ikan Hias Air Laut dan Makanannya

Sponsors Link

Ikan memang salah satu jenis hewan yang dengan kriteria tertentu, terbilang lucu. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa, banyak yang menggemari hewan satu ini. Selain hidupnya di air yang membuat anak-anak senang bermain dengannya, variasi bentuk dan warna ikan juga sangat menggemaskan. Dalam klasifikasi hewan berdarah dingin dan panas, ia termasuk dalam golongan hewan poikilotermal (hewan berdarah dingin).

ads

Sementara untuk pembagian golongan hewan vertebrata dan invertebrata, ia tergolong hewan vertebrata. Untuk pemanfaatannya, ikan bisa untuk dikonsumsi dan dapat dimanfaatkan sebagai hiasan atau bahkan koleksi. Ikan yang biasanya ada dalam aquarium sebagai hiasan, sering kita sebut dengan ikan hias. Keberadaan ikan dengan motif yang menarik, memang cocok untuk digunakan sebagai penghias, apalagi jika dilengkapi dengan aksesoris aquarium yang mendukung. Aksesoris atau ornamen aquarium seringkali bukan sekedar pelengkap, tetapi juga memberikan manfaat bagi ikan hias yang ada di dalamnya.

Sama seperti makhluk hidup lainnya, ikan juga membutuhkan oksigen untuk bernafas. Udara merupakan salah satu kebutuhan makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya dan untuk bernapas sebagai salah satu ciri–ciri makhluk hidup. Maka dari itu meski ikan hidup di dalam air, anda yang memeliharanya dalam aquarium jangan sesekali menutup rapat aquarium, karena ini akan mempersulit ikan di dalamnya.

Ikan dan katak sama-sama hidup di air, namun keduanya memiliki sistem pernapasan yang berbeda. Karena katak merupakan  hewan Amfibi dan ikan tidak termasuk di dalamnya. Insang adalah salah satu dari bagian–bagian tubuh hewan yang dalam hal ini adalah alat pernafasan ikan. Meski kecil, ternyata sistem peredaran darah pada ikan juga dapat ditemukan, sistem ekskresi pada ikan (sistem ekskresi pada hewan vertebrata) berbeda dengan manusia.

Pada manusia misalnya ada sistem ekskresi paru-paru, sistem ekskresi pada ginjal dan sistem ekskresi pada kulit, namun ikan sistem ekskresinya ada pada insang, kulit dan ginjalnya. Cabang-cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang seluk-beluk ikan disebut dengan Ikhtiologi.

Bagi anda yang berminat memilih jenis ikan hias air laut untuk mempercantik ruangan, pilihlah ikan yang memiliki motif senada dengan tema  ruangan. Perlu anda tahu bahwa sebagian besar ikan unik yang sering kita temui, mereka adalah jenis ikan hias air laut. Ikan hias air laut memang cenderung lebih berwarna dibandingkan dengan jenis ikan air tawar. Untuk mempermudah anda memilih ikan hias air laut yang sesuai keinginan, artikel ini akan membantu untuk menemukannya.

Jenis Ikan Hias Air Laut

  1. Coral Beauty Fish

Beauty, begitu mendengarnya bayangan kita ialah ikan cantik yang lucu. Ikan ini disebut juga The Twospined Angelfish, ataupun Dusky angelfish (centropyge bispinosa). Warna yang dimilikinya berupa biru keunguan gelap dengan kuning garis-garis merah, warna siripnya kebiru-biruan membias sampai tubuh bagian tepi. Bagian badannya didominasi warna orange dengan garis-garis ungu.

Laguna dan terumbu karang adalah tempat tinggal mereka, dan ganggang adalah makanannya. Ikan Coral Beauty ini dapat tumbuh sampai mencapai 8cm (3 inci). Ikan yang berpotensi memiliki umur panjang sehingga mudah dirawat ini, memiliki kecenderungan menggigit karang utamanya karang yang lunak.


  1. Archerfish

Jenis ikan hias air laut yan kedua ialah archerfish. Ikan ini memangsa  serangga darat ataupun binatang kecil lainnya dengan senjata yang sejenis dengan semprotan air dengan kemampuan maksimal hingga ketinggian 3m di atas permukaan air dari ujung mulutnya, itulah alasan dibalik namanya Archerfish. Ikan Archerfish dapat ditemukan di perariran laut maupun perariran payau muara. Anda akan banyak menemukannya di daerah India, Filipina, Australia dan Polinesia.

  1. Blue Devil

Ikan ini memiliki kesan seram, namun nyatanya ikan ini tidak seseram namanya. Ia sangat menarik yang khas dengan warna birunya. Secara ilmiah, dia dinkenal dengan nama Paraplesiops bleekeri. Ikan jenis ini lebih suka bersembunyi atau berenang diantara karang-karang. Jadi bagi anda yang memutuskan untuk memelihara ikan ini sebagai ikan hias dirumah, pilihlah ornamen aquarium yang serupa karang-karang, agar ia dapat tinggal dengan nyaman seperti di habitat aslinya, meski nyatanya di aquarium.

  1. Bluetank

Jenis ikah hias yang ketigaa (Bluedevil) dan yang keempat yakni Bluetank, memiliki kemiripan nama. Namun meski sama-sama khas dengan warna biru, keduanya tetap berbeda. Jika Bluedevil perpaduan antar biru dan hitam, ikan Bluetank ini lebih kepada biru elektrik gelap dan dominan biru muda. Namun kedua jenis ikan ini sama-sama memiliki unsur kuning dibagian tertentu anggota tubuhnya. Jika anda termasuk bagian dari komunitas pecinta ikan, anda mungkin menyebutnya dengan Botana. Dan bagi anda yang mungkin pernah menonton film “Finding Nemo”, ialah si pemeran “Dory”.

  1. Fire fish

Nemateleotris magnifica nama latinnya, biasa juga disebut dengan Api Goby, Ikan Api, Api Dartfish, atau Red Fire Goby. Anda akan banyak menemukannya pada kedalaman laut 6-70 m di bagian laut yang memiliki banyak terumbu karang. Secara umum, ikan ini memiliki bentuk tubuh kecil panjang dan kepala berwarna kuning cerah. Mangsanya ialah invertebrata kecil.

  1. Yellow Tang

Warna kuning segar, menjadi khas ikan yang satu ini. Yellow tang dalam nama ilmiahnya disebut zebrasoma flavenscens dan dalam jenis ikan Tang merupakan jenis yang paling aktif bergerak. Yellow tang  merupakan jenis ikan yang cocok bagi pemula untuk memelihara ikan hias air asin sebagai penghias ruangan.

  1. Neon Tetra

Ikan yang satu ini mudah dikenali dengan warna yang semacam neon. Warna khasnya yakni keemasan bergaris tipis warna biru menyerupai lampu neon dibagian tubuh belakang hingga ke bagian dekat mata. Paracheirodon innesi begitu ia dikenal dalam bahasa ilmiah. Namun jika anda ingin mencarinya sendiri di perairan laut Indonesia, mungkin anda akan mengalami kendala karena ikan ini sebagian besar hidup di daerah perairan laut Kolombia dan Peru.

  1. Badut Clownfish

Pemeran utama dalam film “Finding Nemo”, itulah orang mengenalnya dengan sebutan “Nemo”. Bagi anda yang tertarik untuk memelihara ikan ini sebagai ikan hias dirumah, lengkapilah aquarium anda dengan ornamen terumbu karang, agar ia dapat tinggal dengan nyaman seperti di habitat aslinya, meski nyatanya di aquarium. Selain nama badut clownfish dan Nemo, ikan ini punya satu nama lagi, yaitu nama ilmiahnya amphiprioninae.


  1. Lion Fish

Namanya yang mengandung kata lion, membuat orang yang mendengar membayangkannya seperti seekor singa. Sebutan singa mungkin dimaksudkan karena ikan ini memiliki warna yang jantan dan bagian tubuhnya memiliki sejenis duri. Namun warna dan bentuk tubuhnya yang unik berbeda, sekilas ia terlihat seperti seni yang berbau etnis. Pterois nama ilmiahnya. Jika anda tertarik untuk memeliharanya, anda harus lebih selektif memilih ikan lain yang akan dikumpulkan dalam satu aquarium dengan ikan ini. Karena makanan ikan Lion Fish sedikir berbeda dengan ikan yang lain.

  1. Butterfly Fish

Jika di darat kita mengenal butterfly sebagai hewan cantik yang bisa terbang dan kita sebut kupu-kupu. Ternyata di laut juga ada yang namanya butterfly, ikan butterfly. Ia memiliki bentuk dan corak serta kesannya yang tipis sekilas memang mirip kupu-kupu di darat. Habitat besar ikan butterfly yakni di Samudera Hindia serta Samudera Pasifik. Ia juga dipanggil dengan sebutan chaetodontidae nama ilmiahnya.

  1. Dottyback

Bentuk tubuh yang panjang dan kecil menjadi khasnya. Ia hidup di perariran laut yang memiliki terumbu karang melimpah seperti di perairan laut daerah tropis dan sub trops indo pasifik. Pseudochromidae adalah nama ilmiahnya.

Jenis ikan hias air laut yang super cantik di atas, dapat anda jadikan referensi. Ketika memiliki ikan hias, anda perlu tahu cara memelihara ikan hias, apa makanannya, bagaimana habitat aslinya sehingga dapat anda buat rekayasa di aquarium dan bagaimana karakternya. Ketika tahu kebutuhan makhluk hidup yang anda pelihara, maka akan mudah bagi anda untuk dapat membuatnya nyaman agar tidak mudah mati.

Ketika membeli ikan hias, pilihlah ikan yang terlihat bersemangat karena itu adalah salah satu tanda bahwa ikan yang akan anda beli dalam kondisi baik. Pilihlah ikan ketika berada dalam air, karena warna menarik yang kita dapat ketika ikan berenang, akan berbeda dengan warna yang kita lihat ketika ia berada di atas permukaan air.

Selain ikan hias, ternyata anda juga perlu tahu bahwa  terdapat hewan-hewan aneh di laut. Perairan laut Indonesia memiliki kekayaan yang salah satunya ialah jenis-jenis ikan hias air laut, maka kita perlu memahami cara melestarikan laut agar kekayaan kita terjaga.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 19th, October 2017 / 08:17 Oleh :
Kategori : Ekosistem