Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Manfaat Daun Jati yang Paling Penting dalam Kehidupan

Sponsors Link

Manfaat Daun Jati dapat dirasakan pada kesehatan tubuh. Daun jati merupakan daun yang dihasilkan dari pohon jati, daun jati mempunyai ukuran yang dapat dikatakan cukup lebar jika dibandingkan dengan daun lainnya. Pohon jati merupakan salah satu contoh tumbuhan berakar tunggang.

ads

Sebagain orang mungkin hanya mengetahui bahwa pohon jati dapat dimanfaatkan untuk keperluan peralatan rumah tangga, namun siapa sangka bahwa kandungan pada daunnya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan pada daun jati diantaranya yaitu saponin, kuinon, flavonoid, tanin, dan berbagai zat lainnya memilliki manfaat untuk mengatasi segala penyakit dan dapat menyehatkan tubuh. Daun jati termasuk kedalam kingdom plantae, berikut ini klasifikasi dari daun jati.

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Kelas : Dycotyledoneae
  • Ordo : Vebernales
  • Famili : Verbenaceae
  • Genus : Tectona
  • Spesies : Tectona grandis L

Tanama pohon jati dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 sampai 40 meter. Selain itu tanaman pohon jati memiliki batang silindris dengan ukurang yang besar, struktur dan fungsi jaringan daun bentuk daunnya lebar dan pertulangan daunnya menyirip. Pohon jati mempunyai akar tunggang, struktur dan fungsi jaringan batang pada batangnya kayu. Lebar daun berukuran 30 hingga 40 cm dan ukuran panjangnya 40 hingga 50cm. Daun pohon jati berwarna merah keunguan ketika masih menjadi daun muda dan berwarna hijau muda saat daun mulai tua.

Manfaat Daun Jati

Manfaat pohon jati tidak hanya dapat digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga, namun daunnya dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun jati yang dapat mengatasi berbagai penyakit yaitu :

  • Tanin : pada daun jati terdapat kandungan tanin yang mempunyai fungsi sebagai zat anti bakteri. Dengan adanya kandungan tanin maka daun jati mempunyai manfaat sebagai pelindung luar dari bakteri dan dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Saponin : senyawa saponin mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang memiliki manfaat untuk menlawan berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu saponin dapat mencegah penuaan dini dan dapat memperlama penuaan.
  • Flavonoid : senyawa flavonoid mempunyai manfaat untuk melawan alergi dengan begitu tubuh akan selalu aman dan dapat menghilangkan efek dari alergi yang menimbulkan rasa gatal atau bengkak.
  • Kuinon : kuinon pada daun jati mempunyai fungsi sebagai vitamin pada tubuh.
  • Quercetin : quercetin mempunyai manfaat dalam mencegah berbagai penyakit jantung.

Berikut penjelasan secara lengkap mengenai beberapa kegunaan daun jati untuk kesehatan tubuh diantaranya yaitu sebagai berikut :


1. Dapat menurunkan kolesterol

Untuk kalian para penderita kolesterol, daun jati dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berbagai kandungan pada daun jati yaitu saponin, tanin dan quercetin mempunyai fungsi menurunkan kadar kolesterol. Kandungan saponin mempunyai fungsi menghilangkan berbagai plak di dalam pembuluh, selain itu dapat memperlebar pembuluh darah yang membua peredaran darah akan menjadi lancar. Kandungan tanin mempunyai fungsi sebagai penghambar dalam penyerapan nutrisi sehingga lemak tidak akan banyak diserap oleh tubuh. Sedangkan kandungan quercetin mempunyai fungsi dalam peningkatan kinerja proses metabolisme yang disebabkan karena enzim lipase dari quercetin.

2. Menurunkan Hipertensi

Daun jati mempunyai manfaat menurunkan tekanan darah. Senyawa saponin pada daun jati mempunyai fungsi sebagai antioksidan. Saponin dapat menguraikan berbagai plak yang berada pada pembuluh darah, plak tersebut merupakan penyebab terjadinya hipertensi. Oleh karena itu kandungan saponin dapat menurunkan hipertensi, selain itu dapat memperlancar alirana peredaran darah pada tubuh. Cara penggunaan daun jati untuk menurunkan hipertensi yaitu dengan merebus daun jati lalu minumlah rebusan air daun jati tersebut. Perlu diingat tidak hanya dengan mengkonsumsi rebusan daun jati dapat menurunkan hipertensi tentunya harus diimbangi dengan menjaga pola hidup, rajin berolahraga dan konsumsi makanan yang kaya akan gizi.


3. Mencegah anemia

Dengan mengkonsumsi rebusan daun jati dapat dijadikan sebagai minuman herbal pencegah anemia. Anemia merupakan keadaan dimana kurangnya sel darah merah atau hemoglobin pada dalam darah. Biasanya penderita anemia sangat mudah lemas. Anemia bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang akan zat besi sehingga pembentukan sel darah merah akan terpenuhi dengan banyak mengkonsumsi zat besi. Salah satu nya yaitu dengan mengkonsumsi rebusan daun jati.

4. Dapat menurunkan berat badan

Untuk kalian yang sedang melakukan diet, ternyata daun jati mempunyai manfaat untuk menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi minuman daun jati maka berat badan dapat turun. Tentunya harus mengimbanginya dengan berolahraga dan konsumsi makanan yang kaya akan serat. Kandungan tanin pada daun jati mempunyai fungsi sebagai penghambat dalam proses pencernaan makanan dalam tubuh sehingga lemak tidak dapat diserah oleh tubuh dan dikeluarkan melalui sistem pencernaan berupa feses.

5. Dapat menjadi penyembuh luka

Berdasarkan jurnal “Evaluation of Tectona grandis leaves for wound healing activity” bahwa ekstrak pada daun jati jika dibandingkan dengan ekstrak aloe vera lebih berfungsi daun jati dalam penyembuhan luka. Dari hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa ekstrak daun jati jika dioleskan pada luka maka akan mempunyai potensi dalam menyembuhkan luka.

Selain 5 manfaat tersebut daun jati mempunyai banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat lain dari daun jati yaitu dapat mengatasi diabetes, dapat melancarkan peredaran darah, sangat baik untuk berbagai gangguan pencernaan seperti diare, sangat baik untuk mengatasi macam-macam penyakit pada ginjal dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang dapat dirasakan dari mengkonsumsi daun jati. Sekian pembahasan mengenai manfaat daun jati. Semoga dapat memberikan banyak manfaat. Tetap jaga kesehatan dan konsumsi makanan yang bergizi.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 21st, October 2017 / 06:57 Oleh :
Kategori : Manusia