Sponsors Link
     Sponsors Link

Cara Menanam Hidroponik Kangkung di Rumah

Sponsors Link

Cara menanam hidroponik kangkung bisa dilakukan dengan sangat mudah dan panennya pun bisa sangat banyak. Karena pada dasarnya kangkung memang mudah untuk dibudidayakan. Selain itu banyak yang menggemari sayuran yang satu ini dengan kemudahan yang ada pada saat proses memasaknya. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai manfaat biologi di bidang lingkungan.

ads

Cara Menanam Hidroponik Kangkung

Penanaman kangkung di area rumah memang sangat membantu memenuhi kebutuhan akan sayuran harian anda. Dengan begitu keluarga anda menjadi lebih sehat dan bisa menghemat pengeluaran rumah tangga. Keamanan juga bisa terjamin karena tidak beresiko terdapat kandungan pestisida. Berbeda dengan membeli di pasar, mungkin saja sayuran yanga anda beli mengandung pestisida dan berbahaya bagi kesehatan keluarga anda.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara menanam hidroponik kangkung yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan berikut ini :

1. Menyiapkan Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

Pertama – tama memang semua peralatan dan juga bahan wajib anda siapkan terlebih dahulu sebelum memulai proses tanam – menanam. Peralatan dan bahan yang dibutuhkan antara lain botol air mineral bekas, pengganti media tanam dan juga gunting atau cutter.

Memanfaatkan barang – barang bekas yang sudah tidak terpakai dari pada nantinya menjadi barang pencemar, sama saja anda ikut membantu menyelamatkan lingkungan dari bahaya zat pencemar seperti plastik. Anda pasti sudah tau sendiri bahwa plastik sangat suli untuk diuraikan dan membutuhkan waktu bertahun – tahun lamanya.

Pasti akan jauh lebih bermanfaat bukan, jika dijadikan sebagai tempat penanaman sayuran di area rumah anda. Selain itu jika anda bisa kreatif, justru rumah anda menjadi jauh lebih menarik lagi. Misalnya saja anda membuatnya bergantungan dari atas ke bawah berjajar, saat tanaman mulai tumbuh pasti akan memanjakan setiap mata memandang. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai cara menanam hidroponik sederhana.

2. Siapkan Pengganti Media Tanamnya Secukupnya

Anda tau bukan bahwa penanaman dengan sistem hidroponik tidak menggunakan media tanam seperti halnya tanah. Anda bisa menggantinya dengan media lain yang mudah di dapat seperti halnya arang sekam atau pun yang lainnya sesuai keinginan anda. Kemudian anda bisa memotong botol plastik menjadi dua bagian yang sama.

Jika sudah, letakkan bagian yang berbentuk corong dalam posisi terbalik (bagian corong di bawah) pada potongan satunya. Bagian corong ini nantinya digunakan untuk meletakkan pengganti media tanam. Dan bagian botol satunya untuk menyediakan air di bagian dasar botol. Sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik tanpa proses penyiraman setiap hari.


3. Siapkan Benih yang Berkualitas Baik

Cara menanam hidroponik kangkung berikutnya adalah penyiapan benih. Untuk mendapatkan sayuran kangkung yang baik, tentunya sangat diperlukan kondisi benih baik pula. Untuk apa anda melakukan penanaman bibit yang tidak baik dan nantinya akan menghasilkan sayuran dengan kualitas buruk. Sungguh membuang – membuang waktu anda bukan?

Untuk itu awal yang baik seperti ini sangat dibutuhkan untuk mengakhiri proses dengan baik pula. Selain menyalurkan hobi, anda juga bisa menikmati hasil dari jerih payah anda sendiri. Jika hasilnya berlebihan, anda bisa menjualnya dan tentu saja bisa menambah pemasukan bagi rumah tangga anda. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai cara menanam hidroponik tomat.

4. Proses Penyemaian Dengan Teknik yang Benar

Untuk proses penyemaian, sayuran kangkung tidak harus satu tempat penanaman satu benih saja. Anda bisa memasukkan benih lebih dari satu agar hasilnya bisa lebih banyak. Anda juga harus memperhatikan benih yang anda semai. Boleh lebih dari satu bukan berarti bisa banyak dalam menyemainya. Semailah secukupnya saja dan bisa anda kira – kira sendiri.

5. Proses Penanaman Di Media Yang Lebih Besar

Saat benih kangkung sudah mulai berkecambah dan tumbuh secara perlahan, biasanya tempat penanaman yang semula terlihat besar menjadi kecil karena sudah tidak mampu lagi menampung tanaman yang semakin hari semakin bertumbuh besar. Oleh karena itu anda bisa langsung memindahkannya pada tempat penanaman yang lebih besar. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai macam macam sistem hidroponik.

6. Letakkan Pada Lokasi yang Memiliki Pencahayaan Baik

Cahaya memang sangat baik untuk membantu pertumbuhan tanaman. Alangkah baiknya meskipun area rumah anda terbatas, pertimbangkan lokasi yang akan anda terapkan sebagai lahan bercocok tanaman secara hidroponik ini. Sediakan space sedemikian rupa agar cahaya bisa masuk dan berinteraksi langsung dengan tanaman. Hal ini akan mempercepat waktu panen yang anda tunggu – tunggu.

7. Awasi Kebutuhan Nutrisi Harian

Selain air dan cahaya, tanaman juga memerlukan nutrisi lainnya seperti halnya pupuk. Nutrisi juga sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan tanaman. Setidaknya anda memberikan nutrisi tersebut minimal setiap seminggu sekali. Hindari penggunaan pestisida yang akan memperburuk kondisi lingkungan sekitar anda.

Untuk penggunaan pupuk sendiri lebih baik menggunakan pupuk yang terbuat dari bahan alami yang ramah lingkungan. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di sekitar lingkungan anda. Terlebih lagi jika anda tinggal di daerah pedesaan. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai cara bertanam hidroponik bagi pemula.


8. Perawatan Secara Rutin

Perawatan secara rutin bisa saja mengawasi kondisi tanaman seperti memastikan kebutuhan air, nutrisi dan juga pancahayaan cukup. Kemudian memperhatikan bagian – bagian daun yang sudah mulai mengering harus segera dipotong agar tidak mengganggu proses pertumbuhan tanaman anda. Jika ada bagian daun yang mulai berlubang segera pangkas agar tidak menular ke bagian daun lainnya. Kondisi berlubang ini bisa jadi sebagai pertanda terdapat hama yang mulai mengganggu.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara menanam hidroponik kangkung yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai cara menanam hidroponik kangkung. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 22nd, October 2017 / 15:43 Oleh :
Kategori : Biologi Dasar