Sponsors Link
     Sponsors Link

22 Hewan Aneh di Laut Harus Diketahui

Sponsors Link

Banyak sekali hewan yang ada di dunia ini. Mulai dari yang berkaki dua sampai dengan yang memiliki kaki banyak. Ada pula hewan yang memiliki rambut sampai benar benar kulitnya licin. Ada pula hewan yang memiliki sistem pernapasan menggunakan trakea, sampai dengan hewan yang bernapas dengan insang dan kulit. Keaneka ragaman ini membuat fauna yang ada di dunia semakin kaya.

ads

Total hewan yang ada di Indonesia saja sudah memiliki total jutaan jenis yang ada. Jika di tambah dengan jenis hewan yang ada di dunia, bisakah anda membayangkan berapa banyaknya ? Tentu saja tidak terkira. Apalagi jika kita karakteristik hewan hewan tersebut sesuai dengan daur hidupnya. Ada yang tinggal di daratan, ada yang tinggal di lautan, sampai ada yang tinggal di udara. Bahkan ada pula hewan yang tinggal di perantara daratan dan lautan. Bukan hanya satu jenis atau dua jenis saja. Namun banyak jenis yang ada.

Jika kita membayangkan, mungkin tidak bisa di hitung banyaknya yang ada. Sebab kadang masih banyak sekali hewan yang pernah ada namun sudah mati sekarang ini. Sehingga jenisnya tidak bisa di kenali. Mungkin berawal dari yang ada di sekitar kita ini. Sayang karena kurang mendapatkan perhatian mereka menjadi punah terlebih dahulu.

Hewan hewan yang ada di dunia haruslah kita ketahui. Terutama kita jaga kelestariannya. Mengapa ? Hal ini bertujuan untuk menjaga keturunannya. Agar tidak punah, itu adalah alasan yang pertama. Selanjutnya, untuk menjaga ekosistem yang ada agar tetap seimbang. Itu adalah alasan selanjutnya. Hewan hewan ini harus di kenal, mulai dari apa jenisnya, bagaimana kehidupannya, sampai cara pengembangbiakannya.

Berikut ini adalah daftar nama nama hewan laut yang mungkin di kata orang aneh. Bisa jadi aneh karena kita memang belum pernah melihat keberadaanya. Sehingga bentuknya terasa asing. Ingat, kenali hewan dahulu. Supaya mereka tidak punah. Lantas, bagian mana yang di sebut aneh ? Mengapa ia di katakan aneh ? Simak ulasan dan penjelasan berikut ini :

1. Ikan Macropinna Microstoma

Ikan Macropinna Microstoma

Ikan Macropinna Microstoma

Adalah salah satu jenis ikan ikanan yang cukup langka. Bahkan tidak banyak ilmuan yang mengerti tentang ikan ini.  Nama lain dari jenis ikan ini biasanya di sebut dengan “Barreleyes fish”. Hal ini di sebabkan karena jenis ikan ini bisa di putar sampai dengam 360 derajat.

Ada hal yang cukup unik dari jenis ikan ini, yakni adalah di lihat dari bentuk dan jenis kepala yang tampak transparan. Hal ini menyebabkan kita bisa melihat isi kepala dari ikan ini. Banyak mahluk yang takut melihat kepala dari ikan ini. Sebab mereka melihat bentuk kepa, otak, dan organ – organ yang ada di kepala dengan jelas..

2. Colossal Squid

Colossal Squid

Colossal Squid

Merupakan jenis cumi – cumi yang bentuknya sangat besar sekali. Sayangnya hanya sedikit orang saja yang mengerti tentang jenis colossal squid ini. Hewan yang sangat besar ini memiliki bola mata yang sangat besar sekali, bahkan besarnya lebih besar dari pada telapak tangan mu. Tantakelnya yang panjang dan lebar. Ia mampu menyebet lawan dan musuh menggunakan alat tersebut.

Hal ini menyebabkan collosal squid menjadi salah satu hewan buas yang ada di dasar lautan. Bahkan, bisa di katakan bahwa ia adalah  salah satu jenis hewan in – vertebrata terbesar yang pernah ada. Mereka hidup dalam dasar laut yang sangat dalam. Penemuannya berada di laut Antartica. Oleh sebab itu, tak jarang hewan ini di sebut dengan nama Antartic Colossal Squid. Karena memang hidupnya berada di antartika dengan suhu yang sangat ekstrim.


3. Giant Squid

giant squid

giant squid

Merupakan salah satu makhluk laut yang sangat besar tubuhnya. Meskipun jika di bandingkan dengan colossal squid, masih kalah besar. Namun keberadaan mahluk ini, cukup membuat gempar dunia. Sayangnya tidak banyak orang dan ilmuan yang mengerti dan tahu keberadaan hewan ini. Besar ukuran dari hewan ini antara lain adalah memilki tubuh seukuran 43 kaki panjangnya, serta memiliki berat sampai dengan 1,000 pon atau setara dengan 450 Kg. Giant squid yang pertama kali di ketahui dan masih hidup adalah giant squid yang terekam oleh beberapa ilmuwan yakni pada Juli tahun 2012.

4. Hiu Frilled

Frilled Shark

Frilled Shark

Adalah salah satu jenis dari dua spesies ikan hiu, yakni berasal dari keluarga Chlamydoselachidae yang di ketahui dan masih ada. Ikan ini juga biasa di kenal dengan nama “living fossil” atau dengan kata lain adalah “fosil hidup”. Hal ini di sebabkan karena karakteristik dari tubuhnya yang bisa di sebut dengan sangat primitif. Bahkan jenis ikan hiu ini akan sangat jarang sekali ditemui. Sebab, hidupnya ikan ini berada di dalam laut yang sangat dalam dan dasar. Oleh sebab itu sangat susah untuk merekam keberadaanya.

5. Hiu Goblin

hiu goblin

hiu goblin

 

Merupakan salah satu jenis hiu yang memiliki garis keturunan lebiih dari 125 juta tahun yang lalu. Menurut informasi yang terkait, ikan ini merupakan salah satu perwakilan dari jenis Mitsukurinidae.

 

 

 

6. Ikan Fangtooth

fangtooth

fangtooth

Adalah salah satu jenis ikan yang cukup buruk dan menakutkan yang adal di dalam laut. Di sebut dengan fang tooth karena memang ikan ini memiliki bentuk yang panjang, dan bentuknya tajam. Serta memiliki gigi kuat dan tajam mirip dengan serigala serta mulut yang lebar. Beberapa orang menyebut ini sebagai Ikan ogrefish, sebab karena bentuknya yang bisa di bilang menyemkan. Habitat ikan ini berada di dalam kedalaman sekitar 16.000 kaki.

Ia termasuk jenis ikan yang kuat, karena mampu hidup dan bertahan pada tekanan air intens sampai mendekati beku. Ikan jenis ini masuk kedalam jenis omnivora. Sebab secara logika, hewan dalam kedalaman yang sangat ia harus mampu bertahan hidup. Sehingga ia memakan apa saja untuknya bertahan.

7. Weird Creature 1

 weird creature 1

weird creature 1

Sebenarnya hewan ini belum di identifikasi nama dan jenisnya apa. Tampak dari luar saja, hewan sudah sudah sangat menakutkan. Bagaimana tidak, sebab tampilan dari hewan ini mirip dengan monster berwajah mengerikan. Pertama kali, hewan ini di temukan oleh tentara Rusia di Pantai Sakhalin, yakni merupakan salah satu daerah yang berada paling timur Rusia.

Di lihat sekilas, hewan ini tidak bisa masuk dalam kategori ikan ikanan. Sebab susunan kerangka dan giginya yang sedemikian rupa. Malah lebih mirip di kaitkan dengan jenis buaya atau aligator. Kulit dari Makhluk ini terdapat bulu bulu di sekitar tubuhnya. Menurut informasi yang ada, mahluk tersebut sedang di bawa oleh pihak Rusia untuk penelitian lebih lanjut.

8. Fanfin Seadevil

fanfin sea devil

fanfin sea devil

 

 

Adalah salah satu jenis ikan yang mempunyai bentuk cukup aneh. Menurut determinasi keluarganya, ia termasuk dalam jenis angler fish. Perbedaan yang paling mendasar bahwa ikan ini berbeda dari angler fish biasa adalah adanya umpan yang ada di atas kepalanya. Yakni semacam umpan bio luminescent. Hanya ada sedikit informasi mengenai hewan ini. Sebab ilmuan belum menemukan lebih lanjut keberadaan hewan ini. Selain pencariannya yang cukup sulit, hewan ini tergolong buas. Ia masuk dalam karnivora dan pemakan segala. Kebanyakan ia menjadi salah satu mahluk laut yang benar benar di hindari.

 

 

 

9. Ikan Angler

ikan angler

ikan angler

Adalah ikan Angler – Lophiiformes (dalam bahasa Inggris adalah Monkfish, Goosefish, Anglerfish) atau biasanya di sebut dengan Ikan Sungut Ganda. Merupakan salah satu jenis ordo ikan bertulang sejati atau vertebrae. Biasanya mereka hidup berada di laut dalam. Habitat asalnya yakni ada di wilayah Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Laut Mediterania, dan Samudra Atlantik.

Jenis dari Ikan ini adalah (ordo Lophiiformes) tampak mencolok pada bagian kepala yang cukup besar dan luas. Lophiiformes merupakan jenis ikan karnivora. Hewan ini memiliki mulut yang besar dan bergigi tajam. Bahkan setiap Ikan yang berasal dari ordo Lophiiformes ini mampu menyelam sampai ke dasar laut. Kemudian, jika ia merasa tidak aman, ikan ini mampu menyerang ikan lain dengan mulut yang sedikit menghadap ke atas. Selain itu, di sebelah atas mulut ini ada antena yang bisa  bergerak gerak. Biasanya bagian ini di gunakan sebagai umpan untuk menarik perhatian mangsa. Bahkan, kadang kala jenis ikan Lophiiformes sering naik sampai permukaan laut. Tujuanya adalah untuk menyerang burung laut.

10. Coffin Fish

coffin fish

coffin fish

Salah satu kerabat dekat dari ikan angler antara lain adalah Coffin fish. Di lihat dari determinan keluarganya, ikan coffin ini merupakan salah satu bagian keluarga dari chaunacidae (sejenis anglerfish laut dalam). Habitat dari ikan ini berada pada kedalaman lereng kontinental yang ada di samudra atlantik, laut india dan laut pasifik. Biasanya ikan ini akan di temukan dalam kedalaman lebih dari 2000 meter. Ikan ini mempunyai tubuh bulat dengan duri seluruh tubuh.

 

 

11. Cumi Cumi Piglet (Seapig)

cumi piglet

cumi piglet

Merupakan jenis dari cumi cumi yang besar. Di namakan dengan cumi cumi babi karena memang warna tubuhnya mirip dengan babi, yakni kemerahan. Selain itu bentuk lengan dan tantakelnya mirip dengan jumbul yang berumbal. Tubuhnya yang bundar ini menyebabkan tubuh hewan ini mengalami pigmentasi. Hampir seluruh tubuhnya tampak tembus pandang. Hanya beberapa bagian saja yang mengandung kromatofor, sehingga tidak jelas. Biasanya mahluk ini hidup di dasar laut yang sangat dalam.

 

12. Shovelnose Guitar Fish Mouth

Shovelnose Guitar Fish Mouth

Shovelnose Guitar Fish Mouth

 

Merupakan salah satu jenis ikan guitar yang di namai dengan The Shovelnose Guitarfish atau Rhinobatos productus. Hal ini di namai demikian karena Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang mirip atau menyerupai gitar. Biasanya jenis ikan ini dapat di temukan pada sekitar dasar pasir, yakni berada pada kedalaman di bawah 40 kaki atau lebih. Warna ikan ini sekilas sama dengan warna pasir laut.

Hal ini sangat menguntungkan baginya dalam hal mencari makanan. Cara hewan ini untuk mendapatkan makanannya adalah dengan mengubur tubuh mereka di antara pasir. Hanya tampak lubang hidung yang tampak menunggu hingga mangsa mendekat.

 

 

13. Ikan Viper

ikan viper

ikan viper

Merupakan salah satu jenis Ikan yang predator, bahkan ia di juluki sebagai predator terhebat. Ia mampu memikat dan menyerang mangsanya dengan tubuhnya yang menarik. Misalnya dengan menarik perhatian alga, dan tanaman yang lainnya. Sebab ikan ini mampu menghasilkan cahaya, sehingga tampak memukau. Organ tersebut adalah photophore. Merupakan organ yang terletak pada ujung tulang dorsal. Ketika cahaya ini berkedip, maka bisa mematikan sementara korban sasarannya. Nah pada saat itulah ia akan menggerakkan tulang punggung yang ada di sekitar, bentuknya mirip dengan pancing.

Jenis ikan ini memiliki variasi dalam warna, misalnya seperti perak, hitam dan hijau. Biasanya, ia menggunakan taring yang bentuknya seperti gigi untuk melumpuhkan mangsa. Saking panjang taring yang di miliki, viper fish ini tidak mampu untuk menutup mulut. Ikan ini merupakan jenis Vertebra pertama, yang biasanya di kenal untuk menyerap kejutan serangan. Musuh utamanya adalah dragon fish, serta beberapa makhluk kecil lain. Hewan ini termasuk hewan yang kuat, sebab mereka mampu hidup lama meskipun tidak ada makanan.


14. Dumbo Octopus

dumbo octopus

dumbo octopus

Merupakan salah satu jenis gurita yang masuk dalam marga grimpoteuthis. Hewan ini di kenal dengan sebutan dumbo octopus, sebab ia memiliki telinga yang bentuknya mirip dengan sirip. Bentuknya mirip dengan salah satu jenis tokoh kartun dari Walt Disney. Makhluk ini termasuk salah satu jenis mahluk hidup yang kuat. Sebab ia mampu bertahan dalam di kedalaman yang ekstra ektrim, yakni pada 3.000 sampai 4.000 meter. Bahkan ada juga yang bisa bertahan hidup sampai kedalaman 7.000 meter di bawah permukaan laut. Sehingga di dalam laut tersebut sudah tidak di temukan terumbu karang.

Hewan ini merupakan salah satu jenis Gurita yang cukup langka. Tercatat ia memiliki ukuran yang panjang, yakni 1,8 m serta memiliki berat 5,9 Kg. Hewan ini bisa berenang hanya dengan menggunakan sirip yang bentukya mirip dengan kuping. Biasanya ia memakakan makhluk lain yang memiliki ukuran lebih kecil. Contohnya antara lain adalah hewan laut kecil dan cacing laut.

15. Weird Creature 2

weird creature 2

weird creature 2

Selain di sebut sebagai weird creature 1, ternyata masih ada jenis weird creature 2. Yakni berupa Makhluk aneh yang di temukan tengah terdampar di pantai. Mereka tidak bisa mengidentifikasi mahluk apakah ini. Bahkan peneliti dan ilmuan belum bisa mengklasifikasi jenis apa makhluk ini. Ia memiliki cukup banyak teritip yang panjangnya menjuntai dari tubuhnya. Beberapa orang banyak yang menyebut hewan ini sebagai jenis crustacean. Belum bisa di identifikasi bagaimana ia hidup, cara makan, habitat, maupun daur hidup yang di lakukan.

 

 

 

16. Break The Chain Fish

break the chain fish

break the chain fish

 

Merupakan salah satu ikan yang di temukan pada kedalaman besar dari Kutub Utara ke Antartika. Ia merupakan salah satu anggota keluarga dari kumpulan ikan ikanan  laut yang tinggal pada kedalaman tertentu. Ikan Grenadiers pernah terlihat pada film Titanic, yang mana benyak jenis ikan ikanan tersebut tampak selalu mengintai bagian bagian kapal hasil dari kecelakaan.

 

 

 

17. Black Lip Rattail Fish

black lip rattail fish

black lip rattail fish

Sekilas anda melihat ikan ini, sebenarnya tampak unik dan lucu. Mengapa, sebab ia memiliki moncong yang panjang sekali pada bagian depannya. Serta mata yang berada di sisi kanan dan kiri ikan ini tampak aneh. Meskipun begitu, ia tetap bernafas dengan insang.

Sebenarnya moncong yang adap pada bagian depan ini biasanya di gunakan Ikan untuk mencari makanan di dasar laut. Caranya adalah dengan meluncur meluncur, bagian kepala di bawah serta ekor ke atas. Sebab ikan ikanan jenis ini mencari makanan di tanah berlumpur. Ia bergerak menggunakan dengan sirip yang panjang. Bentuk Kepala yang segitiga ini sangat membantu untuk menemukan makanan yang berada di bawah lumpur. Ia juga memiliki Sisik yang mirip dengan baja, letaknya berada pada kepalanya. Gunanya adalah untuk membantu melindungi ikan ini dari predator.

18. Mantis Shrimp

mantis shrimp

mantis shrimp

Adalah salah satu jenis udang udangan yang ada di dalam laut. Ia masih salah satu dari kerabat jauh dari udang, kepiting dan lobster. Hewan laut ini menjadi cukup terkenal karena pada sepasang kakinya yang merupakan bagian cukup berbahaya. Mengapa ? Pada kakinya hewan ini memiliki bagian yang sangat tajam sehingga mampu membunuh mangsanya dalam sekali serangan.

 

19. Axolotl

axolotl

axolotl

Merupakan salah satu jenis spesies yang cukup eksklusif, berasal dari danau Xochimilco, di Meksiko. Hewan ini merupakan salah satu jenis hewan yang terkenal sebagai mahluk raksasa air. Jenisnya berupa hewan salamander. Ia bukan hanya punya wajah sedikit lucu, namun juga memiliki rambut yang aneh, berwarna  merah menyala. Salamander jenis ini memiliki bentuk insang seperti bulu.

Hewan ini hidup di lingkungan yang keras, sehingga harus mampu mempertahankan fitur – fitur seluruh hidupnya yang di namakan dengan neotheny. Namun yang terjadi adalah amvibi ini sudah tidak banyak ada di dunia. Sebab habitatnya sudah di persalah gunakan di negara Mexico sana. Hewan ini merupakan salah satu korban polusi, sehingga penerus dan keturunannya susah untuk hidup.

 

20. Ikan Elephant Mouth

ikan elepgant mouth

ikan elepgant mouth

Ikan ini memiliki bentuk mulut dan wajah yang aneh. Salah satu anggota Keluarga dari Mormyridae. Ikan ini termasuk jenis dari “elephant fish”, sekilas memang mirip dengan bagian telinga gajah yang ada di kepala ikan. Ia salah satu jenis ikan air tawar dalam, yang berasal dari Afrika asli. Menurut hasil penelitian, Ikan ini memiliki otak yang cukup besar. Bahkan mereka meyakini bahwa ikan elephant mouth juga memiliki inteligensi yang tinggi (karena otaknya yang besar tadi).

Ikan ini memang tampak berbeda dengan jenis ikan Australian ghost shark (atau Callorhinchus milii). Sebab ikan tersebut juga masuk dalam sebutan “elephant fish”. Sayang menurut penelitian yang di lakukan di Australia, Ghost Shark di sebut juga dengan sebagai elephant shark.

21. Frog Fish

 frogfish

frogfish

Merupakan salah satu jenis hewan yang masuk dalam golongan ikan. Frogfish merupakan salah satu jenis ikan yang di temukan oleh Ted Pietsch, Rachel Arnold dan David Hall. Beliau merupakan instruktur penyelam yang berasal dari Amerika. Setelah menemukan jenis ikan ini, mereka mempublikasikan penemuan tersebut di dalam jurnal ilmiah Copeia, 2008. Dari hasil publikasi tersebut, menjadikan ikan Frogfish sangat terkenal, bahkan  di seluruh dunia. Hal ini di sebabkan karena bentuk ikannya yang unik.

Selain itu, ikan ini memiliki perilaku yang berbeda dengan jenis ikan lain biasanya. Frogfish memiliki kesamaan struktur mirip dengan kadal, yakni mampu mengganti warna kulit, sehingga bisa menyerupai lingkungannya. Ikan jenis frog fish ini memiliki banyak dan berbagai bentuk.

Pertama kali penemuan dari ikan ini berada pada Negeri Laha, yakni sebuah desa pesisir di perairan dangkal Pulau Ambon. Selain itu, di dekat teluk Ambon, serta di beberapa spot di Bali dan Sulawesi ternyata juga memliki frog fish. Namun ia memiliki berbagai bentuk dan warna yang berbeda – beda. Sayangnya, ikan unik jenis ini termasuk dalam kategori terancam punah. Sekarang, para penyelam sangat sulit sekali mendapatkannya. Sebab ekosistem sekarang ini sudah mulai rusak karena adanya banyak pencemaran.

22. Basket Star

basket star

basket star

Bentuk Ikan ini cukup rumit dan aneh. Sebab bentuknya lebih mirip dengan bintang serta keranjang yang bergerombol urel – urel. Sebenarnya, Ikan ini masih memiliki kekerabatan saudara dengan hewan bintang laut. Ia memiliki Tentakel yang menyerupai dengan akar pohon. Tantakel yang ada di dalam tubuh ikan ini biasanya di gunakan untuk memakan serta menangkap serangga laut agar ia bisa mati dalam satu serangannya.

 

 

 

 

 

Itulah beberapa jenis hewan hewan yang tergolong aneh dan hidup di laut. Beberapa di antaranya mungkin sudah mati atau punah karena ulah manusia. Sedangkan yang lainnya masih ada. Harapannya adalah untuk menjaganya agar sama – sama tidak punah.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 23rd, January 2017 / 18:46 Oleh :
Kategori : Hewan