Sponsors Link

Kebutuhan Makhluk Hidup – Manusia – Hewan dan Tumbuhan

Kebutuhan makhluk hidup beragam jenisnya. Kebutuhan makhluk hidup baik itu hewan, tumbuhan maupun manusia memiliki kebutuhan umum yang sama dan ada kebutuhan khusus yang berbeda. Makhluk hidup adalah makhluk yang diciptakan oleh Tuhan yang memiliki nyawa sehingga makhluk itu bisa bergerak, tumbuh, bernafas dan tentunya memiliki berbagai macam kebutuhan untuk melangsungkan hidupnya. Jika tidak bisa melangsungkan hidupnya makhluk hidup itu akan punah.

Kebutuhan umum antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya pada dasarnya sama, namun kebutuhan khusus antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Kebutuhan umum merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh semua makhluk hidup tidak tergantung dengan jenisnya. Contohnya kebutuhan khusus antara hewan dengan manusia berbeda, begitupula dengan kebutuhan khusus hewan dan juga tumbuhan.

Kebutuhan Umum

Kebutuhan umum bagi makhluk hidup adalah kebutuhan yang semua makhluk hidup membutuhkannya. Tanpa kebutuhan umum ini, makhluk hidup tidak bisa bertahan hidup. Berikut ini adalah kebutuhan umum makhluk hidup yang harus dipenuhi:

1. Makanan

Makanan merupakan kebutuhan umum bagi makhluk hidup. Tanpa makanan, makhluk hidup tidak dapat melangsungkan kehidupannya. Hal itu dikarenakan makanan merupakan sumber energi bagi makhluk hidup. Tidak hanya itu saja makanan juga berfungsi sebagai energi yang bisa menghasilkan panas sehingga tubuh manusia menjadi hangat.  Tubuh hangat pada makhluk hidup berfungsi untuk menandakan jika makhluk hidup tersebut masih hidup sebab jika makhluk hidup memiliki ciri ciri makhluk hidup bertubuh dingin itu tandanya makhluk hidup tersebut sudah tidak bernyawa. Contohnya saja tubuh manusia yang masih hidup dengan manusia yang sudah mati, suhu tubuhnya akan terasa berbeda.

Berikut ini adalah contoh makanan yang diperlukan oleh makhluk hidup :

  • Manusia – Manusia merupakan makhluk hidup yang paling rakus. Hal itu dikarenakan manusia bisa memakan segalanya mulai dari yang berasal dari hewan dan yang berasal dari tumbuhan, manusia juga bisa memakan makanan dari jenis biji-bijian. Oleh sebab itulah manusia memakan segalanya. Untuk melangsungkan hidupnya manusia membutuhkan makanan 4 sehat 5 sempurna. 4 sehat 5 sempurna itu merupakan makanan yang sehat dan bergizi serta berasal dari tumbuhan maupun hewan. Contoh makanan itu adalah manusia membutuhkan nasi sebagai energi karbohidrat, membutuhkan ikan sebagai protein, membutuhkan sayur sebagai sumber vitamin, membutuhkan daging sebagai sumber lemak, membutuhkan susu yang kaya dengan kalsium dan juga mineral. Semua zat tersebut dibutuhkan oleh manusia agar tubuh manusia menjadi sehat dan jika sehat manusia bisa melangsungkan kehidupannya.
  • Hewan –  Hewan juga membutuhkan makanan. Jenis makanan yang dibutuhkan oleh hewan berbeda-beda tergantung dengan jenis hewan tersebut. Hewan herbivora seperti sapi akan membutuhkan tumbuhan seperti rumput untuk melangsungkan kehidupannya sebab sapi memang tergolong hewan pemakan tumbuhan. Hewan karnivora membutuhkan daging untuk melangsungkan kehidupannya contohnya adalah singa, harimau dan masih banyak lagi lainnya. Untuk hewan omnivora membutuhkan tumbuhan dan juga daging untuk melangsungkan kehidupannya. (baca: hewan karnivora, herbivora dan omnivora)
  • Tumbuhan – Tumbuhan inilah yang sulit, tidak ada yang pernah tahu kapan tumbuhan makan dan apa yang dimakan. Yang kita tahu adalah tumbuhan bisa membuat makanannya sendiri dengan cara fotosintesis. Yang selama ini tumbuhan perlukan adalah karbondioksida, air dan juga sinar matahari. Ketiga zat tersebut bermanfaat untuk membantu tumbuhan dalam melaksanakan proses fotosintesis. Tumbuhan akan melakukan fotosintesis dengan bantuan akar dan juga zat hijau daun. Air akan diserap oleh akar, sedangkan karbondioksida akan diserap menggunakan mulut daun. (baca : fungsi daun pada tumbuhan)

2. Air

Kebutuhan umum makhluk hidup lainnya adalah air. Air adalah sumber kehidupan, tanpa air makhluk hidup akan mati. Begitupula dengan tumbuhan yang bisa hidup sendiri tanpa hewan dan manusia, tumbuhan tanpa air juga akan mati. Fungsi air ini adalah untuk membantu tumbuhan dalam melakukan fotosintesis selain itu mencegah manusia dari efek buruk dehidrasi. Makhluk hidup akan mudah terkena dehirasi jika cairan di dalam tubuh berkurang.

3. Udara

Udara yang berkualitas juga dibutuhkan oleh makhluk hidup. Hal itu dikarenakan udara akan membantu dalam sistem pernafasan manusia. Udara sangat bermanfat bagi tubuh makhluk hidup sebab dengan udara yang masuk ke dalam tubuh makhluk hidup peredaran darah pun akan menjadi lancar. Peredaran darah yang tidak lancar bisa menyebabkan berbagai macam gangguan misalnya saja adalah pusing, anemia dan masih banyak lagi lainnya. Betapa mulianya Tuhan menciptakan udara bagi makhluk hidup secara gratis. Bisakah kita bayangkan jika udara di dunia ini harus kita bayar?, tentu kita tidak akan mampu membayarnya.

4. Sinar Matahari

Kebutuhan umum makhluk hidup yang lainnya adalah cahaya matahari. Cahaya matahari dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Cahaya matahari dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan dalam pembuatan makanan, tidak hanya itu saja matahari juga digunakan untuk menghangatkan tubuh manusia dan memberikan penerangan bagi lingkungan yang ada di sekitar manusia. Jika tanpa sinar matahari, bumi akan gelap gulita dan tidak bisa dibedakan mana siang dan mana malam. (baca : fungsi cahaya matahari bagi tumbuhan)

5. Tempat Tinggal

Makhluk hidup juga membutuhkan tempat tinggal, tanpa tempat tinggal makhluk hidup akan merasakan tidak aman dan tidak nyaman. Tempat tinggal merupakan tempat untuk kembali, tempat untuk berkumpul keluarga dan juga tempat untuk berlindung. Manusia membutuhkan tempat tinggal berupa rumah untuk melindunginya dari panas sinar matahari dan juga hujan.

Manusia membutuhkan tempat tinggal untuk melepaskan lelah. Begitupula dengan hewan dan tumbuhan membutuhkan tempat tinggal untuk kelangsungan hidupnya. Hewan membutuhkan kandang untuk berlindung dan beristirahat, sedangkan tumbuhan membutuhkan tempat tinggal berupa tanah yang subur. Tumbuhan tidak bisa tinggal di tempat yang tandus dan juga gersang hal itu dikarenakan bisa membuat tumbuhan itu cepat mati. Begitupula tumbuhan membutuhkan tempat yang bisa dijangkau oleh sinar matahari. Tanpa bantuan sinar matahari, tumbuhan tidak bisa menjaga kelangsungan hidupnya sebab dia tidak bisa melakukan fotosintesis.

Kebutuhan Khusus Makhluk Hidup

Jika ada kebutuhan umum, maka ada kebutuhan khusus. Kebutuhan khusus itu hanya dibutuhkan oleh makhluk hidup namun kebutuhannya berbeda-beda. Tumbuhan memiliki kebutuhan khususnya sendiri begitupula dengan hewan apalagi dengan manusia. Berikut ini adalah kebutuhan khusus yang diperlukan oleh makhluk hidup yang harus kita ketahui :

1. Manusia

Selain memiliki kebutuhan umum sebagai makhluk hidup, manusia juga memiliki kebutuhan khususnya sendiri sebagai manusia. Kebutuhan itulah yang membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lainnya. Berikut ini adalah kebutuhan khusus manusia yang harus diketahui :

  • Pakaian – Pakaian tergolong dalam kebutuhan primer. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang harus manusia penuhi. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi hal itu dikarenakan jika kebutuhan primer tidak terpebuhi manusia tidak dapat memberlansungkan hidupnya sebagai manusia. Pakaian juga yang membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lainnya. Lihat saja, tumbuhan dan hewan tidak memakai baju. Sedangkan jika manusia tidak memakai baju secara lengkap dia bisa disebut dengan orang yang kurang waras.
  • Kebutuhan sekunder – Setelah kebutuhan primer terpenuhi, manusia membutuhkan kebutuhan sekunder untuk memberlangsungkan hidupnya. Kebutuhan sekunder contohnya saja adalah hiburan, olahraga, majalah, kursi, meja dan masih banyak lagi lainnya. Manusia membutuhkan hal-hal tersebut untuk kualitas hidupnya.
  • Kebutuhan tersier – Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan mewah yang digunakan sebagai prestise bagi kehidupan manusia. Memang manusia kadang banyak yang merasa bahwa kebutuhan terrsier merupakan hal penting untuk menjaga prestisnya di mata masyarakat. Kebutuhan tersier ini adalah berlian, mobil mewah, perhiasan dan masih banyak lagi lainnya.
  • Pendidikan – Pendidikan juga merupakan kebutuhan khusus yang diperlukan oleh manusia. Pendidikan juga merupakan kebutuhan yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Hal itu dikarenakan hewan dan tumbuhan tidak membutuhkan pendidikan untuk kehidupan mereka.
  • Kesehatan – Kebutuhan yang perlu untuk manusia adalah kesehatan. Sehat adalah kekayaan yang tidak ternilai harganya. Tubuh yang sehat merupakan kekayaan yang harus disyukuri, sebab dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan berbagai macam hal yang kita inginkan. Sebaliknya jika tubuh sakit, kita tidak akan bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang kita inginkan. Selain itu saat sakit kita membutuhkan uang untuk biaya pengobatan. Sayangnya tidak semua orang mensyukuri tubuh yang sehat. Banyak manusia yang menganggap jika kaya itu adalah memiliki uang banyak, memiliki aset banyak, memiliki perhiasan banyak dan masih banyak lagi lainnya.

2. Hewan

Kebutuhan khusus hewan berbeda dengan kebutuhan khusus manusia. Hal itu dikarenakan kehidupan hewan berbeda dengan kebutuhan manusia. Berikut ini adalah kebutuhan khusus hewan yang harus diketahui :


  • Perawatan – Setiap hewan membutuhkan perawatan baik yang dilakukan di rumah maupun perawatan yang dilakukan di salon. Sayangnya perawatan ini hanya bisa dilakukan oleh hewan peliharaan sedangkan untuk hewan yang tidak dipelihara tidak bisa melakukan perawatan. Fungsi dari perawatan itu adalah untuk menjaga tubuh hewan agar tetap bersih. Contohnya saja adalah jenis jenis anjing, anjing membutuhkan perawatan untuk menjaga kebersihan badannya dari kutu yang menempel di rambutnya. Anjing yang kurang dirawat dia akan terlihat kotor sebab banyak kutu yang akan nmelekat di tubuhnya. Contoh lainnya adalah kucing, kucing juga membutuhkan perawatan agar menjaga rambutnya tetap lebat. Jika kurang dirawat rambut kucing akan mudah rontok. Jika rontok rambut kucing akan betebaran dimana-mana, jika sampai masuk ke dalam mulut manusia rambut kucing itu akan sagat berbahaya.
  • Kesehatan – Setiap makhluk hidup membutuhkan kesehatan agar kualitas hidupnya tetap terjaga. Agar hewan tetap sehat, dia memerlukan perawatan selama tiga bulan sekali ke dokter hewan. Dokter hewan akan memeriksa apakah hewan dalam kondisi yang baik-baik saja atau justru hewan sedang mengalami masalah.
  • Vitamin – Hewan juga membutuhkan vitamin untuk melangsungkan hidupnya. Vitamin yang diminumkan ke hewan berfungsi untuk menjaga tubuh hewan tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Vitamin itu juga membuat hewan akan tetap lincah dan gesit.
  • Vaksin – Sama halnya dengan manusia, hewan juga membutuhkan vaksin untuk menghindari dari berbagai macam penyakit. Hewan yang di vaksin adalah hewan yang baru lahir dan kekebalan tubuhnya belum sempurna. Vaksin itu juga menangkal dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus dan juga bakteri. Hewan yang sering di vaksin adalah hewan anjing dan juga kucing.

3. Kebutuhan Khusus Tumbuhan

Tumbuhan memiliki kebutuhan khusus yang berbeda dengan hewan maupun manusia. Kebutuhan khusus tumbuhan lebih sedikit dibandingkan dengan hewan maupun manusia. Kebutuhan khusus tumbuhan adalah sebagai berikut ini:

  • Pupuk – Pupuk merupakan kebutuhan khusus tumbuhan yang bisa membuat tumbuhan menjadi subur. Pupuk kompos merupakan pupuk terbaik yang bisa digunakan oleh tumbuhan.
  • Obat hama – Kebutuhan khusus yang lainnya adalah obat hama. Saat tumbuhan terkena hama, dia membutuhkan obat hama untuk mengatasi hama tersebut.

, , ,




Oleh :
Kategori : Makhluk Hidup
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!