Sponsors Link

9 Ciri ciri Makhluk Hidup

Ciri-ciri makhluk hidup yang diketahui oleh masyarakat hanya satu atau dua ciri saja sedangkan ciri-ciri lainnya belum banyak yang diketahui. Ciri makhluk hidup diajarkan ketika mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di bangku sekolah dasar, tujuannya adalah agar siswa-siswi SD mampu membedakan mana yang makhluk hidup dan mana makhluk tidak hidup. Makhluk hidup dan makhluk tidak hidup bisa dilihat secara kasat mata. Tidak hanya sampai di bangku sekolah dasar saja, pelajaran tentang makhluk hidup akan dipelajari kembali ketika duduk di bangku SMP. Banyak sekali hal yang bisa dipelajari dari makhluk hidup tersebut, mulai dari ciri-cirinya, makanannya, perkembang biakannya dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut ini adalah ciri ciri makhluk hidup yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat atau siswa-siswi di bangku sekolah :

1. Bernafas

Bernafas merupakan ciri umum dari semua makhluk hidup. Manusia dan makhluk hidup lainnya membutuhkan oksigen untuk bernafas. Bernafas adalah menghjirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Makhluk hidup bernafas menggunakan alat pernafasannya masing-masing. Hal itu dikarenakan alat pernafasan makhluk hidup satu dengan yang lainnya akan berbeda, misalnya saja alat pernafasan manusia dengan alat pernafasan hewan berbeda. Fungsi oksigen dalam pernafasan makhluk hidup adalah sebagai berikut ini :

  • Zat-zat makanan yang masuk ke dalam tubuh makhluk hidup harus dipecah terlebih dahulu agar menghasilkan energi.
  • Dalam tahapan menghasilkan energi, tubuh membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi tersebut.

2. Bergerak

Ciri umum makhluk hidup yang kedua adalah bergerak. Begerak akan dimiliki oleh makhluk hidup yang memiliki alat gerak. Alat gerak pada manusia adalah kaki sedangkan alat gerak pada hewan bermacam-macam jenisnya. Tidak hanya manusia dan hewan saja yang bisa bergerak namun tumbuhan pun bisa bergerak contohnya saja tumbuhan putri malu akan mengatupkan daunnya jika tersentuh oleh tangan. (baca : fungsi dinding sel pada tumbuhan)

3. Membutuhkan Makanan

Ciri umum makhluk hidup yang bisa terlihat adalah makhluk hidup pasti membutuhkan makanan. Makanan makhluk hidup berbeda-beda tergantung dengan jenis makhluk hidup itu sendiri. Tubuh juga memiliki jenis makanan yang dibutuhkannya sendiri-sendiri contohnya tubuh hewan tentu akan membutuhkan makanan yang berbeda dengan manusia. Manusia adalah makhluk hidup yang tubuhnya membutuhkan berbagai macam makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan juga protein.

Berikut ini daftar makanan yang dibutuhkan oleh manusia berdasarkan dengan jenis zatnya :

  • Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu jenis makanan yang dubutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat bermanfaat untuk menghasilkan energi di dalam tubuh manusia. Zat itu ada pada makanan umbi-umbian ( singkong, ketela, kentang ), biji-bijian ( jagung, beras, tepung terigu, gandum dan tepung gandum ).

  • Lemak.

Zat lemak berfungsi untuk cadangan makanan di dalam tubuh. Jika tubuh sudah tidak memiliki energi lagi, tubuh akan mengambil cadangan makanan di dalam lemak. Lemak juga banyak mengandung kalori yang tinggi dibandingkan dengan zat zat makanan lainnya. Namun terlalu banyak lemak didalam tubuh tidak bagus sebab bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Kandungan lemak banyak terdapat pada susu dan juga mentega.

  • Protein

Protein merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Fungsi protein sebagai zat pengganti sel tubuh yang mengalami kerusakan. Ketika ada bagian tubuh yang luka tersayat, zat protein akan mudah mengganti sel tubuh yang luka tersebut sehingga luka sayatan akan mudah menutup kembali. Protein dibagi menjadi dua macam yaitu hewani dan nabati. Hewani adalah protein dari hewan sedangkan nabati dari tumbuh-tumbuhan. Protein hewani akan didapatkan dari ikan, daging, telur dan juga susu. Protein nabati bisa didapatkan dari tumbuhan kacang-kacangan.

  • Vitamin

Vitamin ada berbagai macam jenisnya, tubuh membutuhkan zat vitamin untuk melakukan berbagai macam proses kegiatan di dalam tubuh. Vitamin yang diperlukan tubuh ada pada buah-buahan, tanaman kacang-kacangan dan juga sayuran seperti bayam, wortel, kangkung, sawi dan masih banyak lagi lainnya.

4. Peka Tehadap Rangsangan

Setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini pasti peka terhadap rangsangan. Tidak hanya manusia saja, hewan dan tumbuhan pun pasti peka terhadap rangsangan. Nama lain dari peka terhadap rangsangan adalah iritabilitas. Peka terhadap rangsangan itu dikarenakan setiap makhluk hidup dilengkapi dengan sistem syaraf yang memudahkannya untuk bisa menanggapi setiap rangsangan yang diarahkan kepadanya.

Contoh peka terhadap rangsangan tersebut adalah :

  • Mata manusia akan berkedip jika terkena cahaya atau terkena debu.
  • Rusa dan hewan lainnya akan berlari jika ada yang berlari ke arahnya.
  • Tangan akan diangkat jika terkena pisau atau memegang sesuatu yang panas atau dingin.
  • fungsi lidah manusia yang akan membantu proses pencernaan makanan

5. Tumbuh

Setiap makhluk hidup pasti tumbuh. Tidak ada makhluk hidup yang tidak akan tumbuh. Contoh makhluk hidup yang tumbuh adalah dari waktu ke waktu ukuran berat dan tingginya akan bertambah.

Berikut ini bukti jika makhluk hidup dapat tumbuh :

  • Manusia memiliki pertumbuhan dari waktu ke waktu. Pertumbuhan manusia dimulai sejak dalam kandungan. Setelah dilahirkan ke dunia, manusia dari bayi akan tumbuh menjadi batita, dari batita akan tumbuh menjadi balita, dari balita akan menjadi anak-anak, remaja, dewasa dan akhirnya menua. (baca : perkembangan manusia dari bayi sampai dewasa)
  • Ketika anda menanam biji kecambah, anda akan melihat pertumbuhannya dari waktu ke waktu. Biji kecambah yang disiram oleh air setiap hari akan tumbuh menjadi tanaman kecil. Pertumbuhannya bisa semakin tinggi dan juga semakin besar. Anda bisa mengukur pertumbuhan kecambah itu setiap harinya.

6. Berkembang Biak

Setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini pasti akan berkembang biak. Berkembang biak adalah upaya makhluk hidup dalam memperbanyak diri. Dalam berkembang biak, makhluk hidup berupaya untuk memperoleh keturunan. Contohnya saja adalah tanaman pisang yang ditanam di kebun akan menghasilkan tunas-tunas baru. Tunas baru tersebut merupakan hasil dari perkembang biakannya. Tujuan utama dari perkembang biakan ini adalah untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah. Ada dua macam cara perkembang biakan makhluk hidup yang harus diketahui oleh kita :

  • Generatif

Perkembang biakan dengan cara kawin bisa dilakukan oleh hewan tingkat tinggi. Pembuahan itu akan melibatkan sel kelamin jantan dan juga sel kelamin betina agar bisa membentuk zigot. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara generatif adalah cacing, katak lebah, rayap dan lain-lain. (baca : fungsi membran sel pada hewan)

  • Vegetatif

Vegetatif merupakan cara makhluk hidup untuk berkembang biak dengan cara tanpa kawin. Jika tidak kawin sel kelamin jantan dan juga sel betina tidak akan dilibatkan. Makhluk hidup tingkat rendah akan menggunakan cara ini untuk berkembang biak. Contohnya adalah pisang berkembang biak dengan tunas, ganggang yang akan membelah diri, spora pada jamur dan juga umbi berkembang biak dengan cara geragih.

7. Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungannya

Makhluk hidup dibekali kemampuan untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Penyesuaian tersebut disebut dengan adaptasi. Makhluk hidup harus bisa beradaptasi agar bisa bertahan hidup. Makhluk hidup yang tidak bisa beradaptasi akan mudah sekali punah. Makhluk hidup akan tinggal di habitanya masing-masing. Habitat ikan di kolam, sungai dan lain sebagainya. Tidak mungkin ikan tinggal di darat.

Semua jenis makhluk hidup akan menyesuaikan dengan habitatnya masing-masing. Jika habitatnya yang ditinggali saat ini telah rawan dan tidak memiliki cukup cadangan makanan, makhluk hidup akan berpindah tempat. Oleh sebab itulah sebagai sesama makhluk hidup manusia dilarang untuk merusak hutan dan membakar hutan. Hal itu dikarenakan hutan adalah habitatnya banyak hewan. Jika hewan tersebut telah terusik karena tempat tinggalnya diganggu serta makanan mereka habis, hewan-hewan tersebut bisa masuk ke dalam perkampungan penduduk untuk mencari makanan.

8. Suhu

Makhluk hidup untuk tetap bertahan hidup memerlukan suhu tertentu untuk membantu memenuhi keperluan mendapatkan makanannya dan melakukan kegiatan lainnya yang sangat bergantung kepada suhu.

Misalnya saja adalah sebagai berikut ini:

  • Ikan untuk bisa bertahan hidup di dalam air memerlukan suhu 5 derajat celcius sampai dengan 30 derajat celcius.
  • Bakteri agar bisa bertahan hidup harus ada di habitat yang suhunya 80 derajat.
  • Tumbuhan yang ada di bumi ini bisa hidup dengan suhu 0 derajat celcius sampai dengan 43 derajat celcius.

9. Melakukan Sekresi

Makhluk hidup baik tumbuhan, hewan dan juga manusia pasti akan melakukan sekresi. Sekresi adalah cara makhluk hidup untuk membuang sisa metabolisme atau sisa produksi. Jika tidak melakukan sekresi, akan timbul zat racun di dalam tubuh makhluk hidup. Sekresi pada makhluk hidup bisa berupa gas, zat padat maupun dengan cairan. Berikut ini alat pengeluaran pada makhluk hidup yang harus diketahui :

  • Paru-paru baik hewan maupun manusia memiliki fungsi untuk mengeluarkan gas karbondioksida.
  • Kulit manusia dan hewan memiliki fungsi untuk mengeluarkan keringat.
  • Ginjal pada hewan maupun manusia memiliki fungsi untuk mengeluarkan urine.
  • Stomata atau mulut daun pada tumbuhan memiliki fungsi mengeluarkan karbondioksida saat malam hari. Oleh sebab itu saat malam hari dilarang untuk tidur di bawah pohon agar tidak terkena sesak nafas.

Ciri Khusus

Selain mengenal ciri umum makhluk hidup tidak ada salahnya kita mengetahui ciri khusus dari makhluk hidup. Ciri khusus makhluk hidup adalah ciri yang lebih spesifik dibandingkan dengan ciri umum. Ciri khusus makhluk hidup ini banyak sekali sehingga kita perlu mengetahuinya satu persatu.


Berikut ini adalah ciri khusus makhluk hidup yang harus diketahui :


1. Bernafas Dengan Paru-Paru

Ciri khusus dari bernafas adalah bernafas dengan paru-paru. Alat pernafasan manusia dan hewan yang ada di darat biasanya menggunakan paru-paru. Makhluk hidup yang bernafas menggunakan paru-paru akan mengambil oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dari hidung. Hewan yang bernafas dengan paru-paru adalah sebagai berikut ini :

  • Reptil 

 Reptil merupakan jenis hewan yang melata yang menggunakan badannya untuk berjalan.. Contoh dari hewan reptil seperti buaya, kadal, cecak dan ular akan bernafas menggunakan paru-paru.

  • Mamalia

Semua jenis hewan mamalia juga akan bernafas dengan paru-paru. Mamalia darat maupun mamalia air akan bernafas dengan paru-paru. Misalnya saja adalah hewan lumba-lumba dan paus. Lumba-lumba dan paus pasti akan tampak muncul di permukaan air untuk menghidurp udara kemudian hewan tersebut akan menyelam kembali ke dalam air untuk menghembuskan udara hangat yang keluar dari paru-parunya.(baca : sistem pernapasan mamalia)


2. Bernafas Dengan Insang

Makhluk hidup yang bernafas menggunakan insang adalah ikan. Insang itulah yang juga menyebabkan ikan bisa hidup di air. Berbeda dengan manusia, manusia jika masuk ke dalam air membutuhkan alat bantu tabung oksigen agar bisa bernafas.


3. Bernafas Dengan Pundi-Pundi Udara

Makhluk hidup burung memiliki alat pernafasan berupa pundi-pundi udara atau biasa disebut dengan kantung udara. Guna dari kantung udara itu adalah menyimpan udara dalam waktu yang lama saat burung itu terbang. Burung memiliki proses pernafasan seperti berikut :

  • Burung menghirup udara dengan hidung, udara tersebut masuk ke dalam tenggorokan kemudian dimasukkan ke dalam pundi-pundi udara. Paru-paru akan mengambil udara yang disimpan dalam pundi-pundi udara.
  • Saat terbang pernafasan yang digunakan burung berasal dari udara yang disimpannya di pundi-pundi udara.
  • Saat tidak terbang, burung akan mengisi udara di kantung udaranya sehingga jika kita melihat burung sedang mendarat hal itu bisa dikarenakan udara di pundi-pundi udaranya telah habis dan perlu diisi.


4. Uniknya Pernafasan Katak

Hewan yang unik adalah katak, hal itu dikarenakan jika hewan lainnya akan bernafas dengan satu macam alat pernafasan saja, alat pernafasan pada katak akan berbeda-beda. Contoh alat pernafasan pada katak adalah sebagai berikut ini:

  • Katak saat menjadi cebong akan bernafas menggunakan insang.
  • Katak saat muda bernafas dengan paru-paru serta kulit.
  • Katak dewasa bernafas dengan kulit juga paru-paru.


5. Bernafas Dengan Trakea

Makhluk hidup dengan jenis serangga akan bernafas dengan trakea. Trakea adalah pembuluh halus yang memiliki cabang dan memenuhi seluruh bagian tubuh serangga. Muara dari trakea itu adalah stigma, stigma merupakan lubang yang ada di sisi kanan dan juga sisi kiri serangga. Melalui stigma inilah pertukaran udara akan terjadi. Hewan seperti belalang, nyamuk dan serangga lain akan bernafas menggunakan trakea.


6. Bernafas Dengan Permukaan Kulit Tubuh

Alat pernafasan yang unik ada pada cacing. Jika kita lihat, cacing tidak memiliki organ pernafasan seperti makhluk hidup yang lainnya. Namun ternyata cacing memiliki alat pernafasannya sendiri. Alat pernafasan pada cacing adalah permukaan kulitnya yang telah basah.


7. Bernafas Dengan Stomata Dan Lentisel

Pernahkah anda melihat pernafasan pada tumbuhan?, pernahkah anda berfikir bahwa tumbuhan juga bernafas?. Ya, tumbuhan memang bernafas seperti makhluk hidup lainnya. Bedanya adalah tumbuhan akan bernafas melalui mulut daun dan juga lubang-lubamg kecil pada batang tumbuhan. Lubang-lubang kecil itu disebut dengan lentisel.


8. Bergerak Dengan Kaki

Ciri khusus dari bergerak adalah bergerak dengan kaki. Manusia dan hewan yang memiliki alat gerak berupa kaki bisa pindah dari tempat satu ke tempat lainnya dengan berjalan atau berlari.


9. Terbang

Makhluk hidup yang memiliki alat gerak berupa sayap untuk pindah dari satu tempat ke tempat lainnya bisa terbang. Hewan yang bergerak dengan cara terbang adalah burung.


10. Bergerak Dengan Sirip

Ikan untuk bisa bepindah tempat dari satu wilayah ke wilayah lainnya menggunakan alat gerak berupa sirip. Sirip tersebut mirip dengan daun telinga yang ada di kanan dan kiri kepala ikan. Selain sebagai alat gerak, sirip tersebut memiliki fungsi lainnya yaitu untuk menyeimbangklan tubuh ikan ketika berada di dalam air.


11. Gerak Pada Tumbuhan

Tumbuhan juga bisa bergerak, namun gerak tumbuhan tidak dengan berjalan, lari atau bahkan terbang, Gerak pada tumbuhan adalah sebagai berikut ini :

  • Daun putri malu akan menutup ketika disentuh menggunakan tangan.
  • Daun petai cina akan menutup saat sore hari dan pada pagi sampai siang hari daun tersebut akan terbuka.
  • Bunga matahari selalu menghadap ke arah datangnya matahari.
  • Tumbuhan akan tumbuh ke arah matahari. Sehingga jika anda menanam tumbuhan di tempat yang gelap dan anda memberinya lubang tempat masuknya sinar matahari. Suatu saat tumbuhan tersebut bisa tumbuh melalui lubang tersebut. Hal itu dikarenakan tumbuhan akan tumbuh ke arah datangnya sinar matahari.


12. Memakan Daging

Ciri khusus dari makhluk hidup memerlukan makanan adalah makhluk hidup membutuhkan makanan berupa daging. Hewan yang memakan daging tersebut disebut dengan karnivora. Hewan pemakan daging hanya bisa makan daging saja, jika diberikan tumbuhan hewan tersebut tidak mau memakannya. Hewan karnivora adalah harimau, singa, kucing, beruang dan masih banyak lagi lainnya.


13. Memakan Tumbuhan

Hewan yang membutuhkan makanan berupa tumbuhan disebut dengan hewan herbivora. Tumbuhan tersebut bisa berupa daun-daunan, rumput dan tanaman hijau lainnya. Hewan yang tergolong herbivora adalah kambing, sapi, jerapah, kerbau, kuda dan lain sebagainya.


14. Memakan Biji-Bijian

Makhluk hidup pemakan biji-bijian disebut dengan omnivora. Kelompok omnivora tersebut adalah kelompok burung yang suka memangsa biji-bijian contohnya saja burung gelatik. Sayang tidak semua burung masuk ke dalam omnivora. Burung juga ada yang masuk ke karnivora yaitu burung elang.


15. Memakan Segalanya

Kelompok pemakan segalanya dipegang oleh manusia. Manusia bisa jadi karnivora, omnivora dan juga herbivora. Jika dipikir-pikir manusia lebih rakus dibandingkan dengan hewan sebab hewan hanya memakan satu jenis makanan saja.


16. Membuat Makanannya Sendiri

Tumbuhan bisa menciptakan makanannya sendiri melalui proses fotosintesa yang dilakukannya. Air, pupuk dan juga cahaya matahari yang ditangkap oleh tumbuhan bisa diolah menjadi makanannya sendiri. Oleh sebab itu hewan dan manusia tidak bisa hidup tanpa tumbuhan sedangkan tumbuhan bisa hidup dan berdiri sendiri tanpa bantuan manusia selama air dan sinar matahari masih terus ada.


17. Melakukan Metamorfosis

Ciri khusus dari makhluk hidup adalah melakukan metamorfosis. Metamorfosis juga salah satu ciri dimana makhluk hidup bisa berubah wujud. Misalnya saja adalah kupu-kupu. Kupu-kupu akan berubah wujud dari ulat, kepompong dan  kemudian menjadi kupu-kupu. Metamorfosis ada dua jenis yaitu metamorfosis sempurna dan juga metamorfosis tidak sempurna.


18. Membentuk Rantai Makanan

Makhluk hidup yang ada di bumi ini akan membentuk suatu rantai makanan. Dalam rantai makanan tersebut ada urutan mana yang jadi mangsa dan mana yang jadi pemangsa. Tumbuhan selalu menduduki urutan pertama pada rantai makanan. Urutan kedua dari rantai makanan adalah tikus, urutan ketiga dari rantai makanan adalah ular dimana ular akan memangsa tikus, urutan rantai makanan puncak diduduki oleh burung elang dimana burung elang akan memangsa ular.


19. Membentuk Populasi

Salah satu ciri makhluk hidup adalah membentuk populasi. Populasi adalah perkumpulan makhluk hidup dengan jenis yang sama dan habitat yang sama. Contoh dari populasi itu adalah rusa akan selalu bergerombol membentuk populasi untuk menghindari pemangsa.


20. Ovipar

Ciri khusus dari berkembang biak adalah bertelur. Makhluk hidup yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut dengan ovipar. Makhluk hidup ovipar adalah ayam, angsa dan lain sebagainya.


21. Vivipar

Makhluk hidup ada yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Makhluk hidup yang tergolong dalam vivipar adalah kucing, singa, harimau dan lain sebagainya.


22. Ovovivipar

Hewan ovovivipar adalah hewan yang memiliki cara perkembang biakan dengan cara bertelur dan juga beranak. Hal itu dikarenakan embrio dapat berkembang dan tumbuh di telur. Telur itu ada di dalam tubuh sang induk, saat embrio itu sudah berubah jadi individu baru atau anak, telur akan menetas dan anak tersebut akan dikeluarkan. Contoh dari hewan ovovivipar adalah kadal, ular, ikan pari dan juga ikan hiu.


23. Menyusui

Makhluk hidup yang bisa menyusui tidak hanya manusia saja, namun hewan pun bisa menysusi anaknya. Hewan yang menyusui anaknya disebut dengan mamalia. Mamalia ada di darat dan juga di laut. Mamalia darat yang menyusui anaknya adalah kucing, kambing, sapi dan lain sebagainya.


24. Bisa Hidup Di Darat Dan Di Air

Ciri makhluk hidup yang unik adalah bisa hidup di dua alam sekaligus. Misalnya saja bisa hidup di darat dan juga di air. Hewan tersebut disebut dengan hewan amfibi. Yang termasuk dalam hewan amfibi adalah katak dan juga ular.


25. Ciri Unik Makhluk Hidup Kantung Semar

Kantung semar memiliki ciri yang sangat unik terutama saat mencari makanan. Tumbuhan kantung semar kantungnya bisa digunakan untuk menyimpan air, selain itu kantung semar memiliki cara unik untuk mencari makanan. Kantung semar yang memakan serangga ini akan mengeluarkan bau untuk memikat serangga agar mau mendekatinya. Setelah serangga berada di dekatnya, kantung semar akan menguncupkan bunganya agar serangga itu tidak bisa keluar dan kemudian memangsanya.


26. Melindungi Diri Dari Musuh

Banyak cara yang dilakukan oleh makhluk hidup dalam melindung diirnya dari musuh. Cara melindungi diri dari musuh antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya tentunya berbeda. Berikut ini adalah cara makhluk hidup melindungi dari musuh yang patut kita ketahui :

  • Gurita dan cumi

Gurita dan cumi memiliki tinta hitam yang bisa digunakan untuk melindungi dirinya dari musuh. Saat musuh datang mendekat, mereka akan mengeluarkan cairan tinta hitam kemudian melarikan diri. Tinta hitam itu bisa membuat pandangan musuh menjadi gelap.

  • Bunglon

Cara melindungi diri dari musuh hewan bunglon adalah mimikri. Mimikri adalah kemampuan bunglon untuk bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna tempat yang sedang dia tempati sehingga keberadaan bunglon tidak bisa terlihat.

  • Autotomi cicak dan kadal

Cicak dan kadal memiliki cara untuk melindung diri dari musuhnya dengan cara melepaskan ekornya. Ekor cicak atau kadal yang putus itu bisa tumbuh kembali.

  • Ulat bulu

Ulat bulu memiliki cara untuk melindung dirinya dengan menegakkan bulunya. Dan dari bulu ulat bulu akan menimbulkan rasa gatal apabila terkena bulu ulat bulu

  • Walang sangit

Walang sangit memiliki bau busuk yangh bisa membuat pemangsa menjauhinya dikarenakan bau busuknya tersebut.

  • Landak

Landak memiliki cara melindung diri dengan menggunakan bulu-bulunya yang runcing dan tajam. Dengan memiliki seluruh badan nya yang tajam tak banyak makhluk hidup lainnya yang berani mendekati landak


27. Membentuk Simbiosis

Ciri lain makhluk hidup adalah dengan membentuk simbiosis. Simbiosis yang dibentuk makhluk hidup tersebut bisa sama-sama menguntungkan, bisa merugikan dan tidak saling menguntungakn atau merugikan. Contoh simbiosis tersbut adalah sebagai berikut ini :

  • Simbiosis mutualisme

Simbiosis ini merupakan simbiosis yang saling menguntungakn dimana kedua belah pihak diuntungkan. Simbiosis ini ada pada burung jalak dan kerbau. Burung itu mendapatkan makanan berupa kutu kerbau dan kerbau badannya akan bersih atau bebas gatal karena kutunya berkurang.

  • Simbiosis parasitisme

Simbiosis ini merugikan sebab salah satu pihak dirugikan. Contohnya adalah manusia dengan kutu rambut. Kutu akan mendapatkan makanan dari kepala manusia sedangkan manusia akan merasakan gatal di rambutnya.

  • Simbiosis komensalisme

Simbiosis ini tidak saling menguntungkan dan tidak saling merugikan. Ikan ramona akan menempel pada tubuh ikan hiu agar tidak dimangsa ikan yang lebih besar darinya sedangkan ikan hiu yang ditempeli tubuh ikan ramona tidak rugi apa-apa.


Baca juga artikel biologi lainnya :

, , ,




Oleh :
Kategori : Makhluk Hidup
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!