Sponsors Link

Fungsi Kantung Udara Serangga Paling Lengkap

Kelangsungan hidup serangga ditentukan dengan ketersediaan oksigen dan makanan yang ada disekitar. Pernapasan pada serangga dilakukan oleh trakea dan beberapa alat bantu pernapasan lainnya yang berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Sistem pernapasan trakea pada serangga yaitu saluran pernapasan yang menyerupai tabung berlubang yang terhubung dengan udara luar yang disebut spirakel. Pada bagian dalam trakea terdapat trakeolus yang berfungsi untuk proses difusi oksigen dan karbondioksida.

Oksigen akan dilarutkan oleh cairan dan kemudian akan berdifusi masuk kedalam sitoplasma sel. Selanjutnya oksigen akan dialirkan langsung ke sel-sel tubuh tanpa adanya bantuan sistem transportasi seperti sel darah merah.

Fungsi Kantung Udara Serangga

Serangga adalah hewan arthropoda yang banyak sekali jenisnya. Jadi jika ngomongin serangga pasti akan luas sekali pembahasannya. Oleh karena itu, perbincangan kita kali ini akan kita batasi yaitu hanya mencakup serangga yang memiliki kantung udara saja sebagai sistem pernapasan pada serangga secara umum.

Terdapat beberapa serangga yang memiliki trakea yang membesar dan pada pangkalnya membentuk kantung udara. Fungsi kantung udara berbeda dengan fungsi spirakel pada serangga, karena biasanya dimiliki oleh serangga yang berukuran besar dan hidup di dalam air. Apa fungsi kantung udara serangga ?

Kantung udara pada serangga memang memiliki peranan yang sangat penting sekali bagi pernapasan serangga. Jika kantung serangga tidak ada, maka serangga tidak akan bergerak aktif dan serangga akan susah sekali mendapatkan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk kelangsungan hidupnya.

Pada serangga yang berukuran besar, kontraksi otot sangat diperlukan untuk menjaga suplai udara masuk kedalam tubuh. Supaya pertukaran udara bisa berjalan lancar maka saat otot tubuh pada serangga berkontraksi, kantong udara akan mengembang dan mengempis.

Ketika serangga istirahat, oksigen yang diperlukan untuk bernapas tidaklah terlalu banyak. Beda halnya jika serangga sedang terbang atau sedang aktif bergerak, keperluan akan oksigenpun akan jauk lebihbanyak. Saat serangga menggerakan sayapnya, pasti mengeluarkan banyak tenaga sehingga kantung udarapun akan mengembang dan mengempis tujuannya untuk menjamin ketersediaan udara saat serangga terbang.

Kantung udara juga berfungsi untuk menyimpan udara yang diperlukan serangga saat serangga berada didalam air, sehingga biarpun berada didalam air serangga masih bisa bernapas dengan bantuan kantung udara.

Misalnyapada serangga air seperti kepik notonecta sp yang memiliki kantung udara dipermukaan ventral pada organ yang menyerupai rambut. Saat menyelam, oksigen yang berada di dalam kantung udara akan dipindahkan ke sel-sel pernapasan melalui sistem trakea.


Fungsi lain dari kantung udara pada serangga yaitu untuk memperbesar atau memperkecil berat tubuh serangga pada saat berada di air.Selain itu kantung udara pada serangga juga berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan berupa madu yang terdapat pada beberapa serangga yang mencari makanan dengan cara menghisap madu.

Itulah beberapa fungsi kantung udara serangga, semoga dapat menambah wawasan pembaca semuanya dalam mengenal kehidupan makhluk hidup lain selain manusia salah satunya serangga. Mungkin sampai disini dulu perbincangan kita kali ini, lain waktu kita lanjut kembali tentunya dengan pembahasan yang lebih menarik lainnya. Jangan lupa baca juga artikel mengenai Fungsi Spirakel pada Serangga

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan