Sponsors Link

Sebab Ilmiah Ayam Berkokok di Pagi Hari, Begini Penjelasannya

Jika tinggal di daerah perkampungan atau daerah yang masih memiliki dan memelihara berbagai macam ternak, tentunya kita sering mendengar adanya bunyi kokok ayam pada pagi hari. 

Menurut mitos orang tua terdahulu, katanya ayam berkokok tersebut menunjukkan sudah tibanya pagi hari yang mengharuskan kita untuk segera terbangun dari tidur. 

Sobat semua juga tentu sering mendengarnya ya sobat, bahkan ungkapan ini sudah sangat sering kita dengar yang dijadikan sebagai perumpamaan agar kita bisa terbangun dari pagi sebelum ayam tersebut berkokok.

Karena jika kita tak terbangun dari pagi bahkan sejak lama setelah ayam tersebut berkokok maka kita sering di juluki sebagai orang yang “pemalas“. ciri ciri hewan ovipar bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Lantas apa sih sebab ilmiah ayam berkokok di pagi hari tersebut sobat?  Berikut ini penulis akan menjelaskannya untuk anda. Yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

  • Sebab Ilmiah Ayam Berkokok Di Pagi Hari

Ayam berkokok dipagi hari secara ilmiah dikarenkan ayam dalam tubuhnya memiliki semacam jam internal yang mendorongnya untuk berkokok setiap  pagi.  

Hal ini bukan tidak dilakulkan riset ya sobat, namun hasil riset terbaru menunjukkan bahwasanya jam internal tersebut membuat ayam tersebut mengetahui kapan datangnya pagi, sehingga akan di sesuaikan dengan waktu ia berkokok tersebut. 

Dan dalam studi yang melakukan penelitian inipin menunjukkan bahwasanya meski ayam ditempatkan pada daerah yang  terang benderang sekalipun maka ia akan tetap berkokok oleh karena pengaruh jam internal yang ada di dalam tubuhnya.

Dan bahkan menurut penelitian yang ada, bukan cuma ayam saja yang mengalami hal seperti ini namun ada banyak binatang yang lainnya dan bahkan juga manusia mengalami hal yang sama sebut saja seperti pada saat malam hari.

Dimana pada malam hari kadar hormon insulin pada tubuh manusia akan menurun sehingga proses pencernaan pada malam hari tersebut juga akan menurun. Oleh karena itulah sering kali kita dianjurkan untuk tidak  makan malam di atas jam 7 malam karena akan mempengaruhi proses pencernaan kita. cara memelihara ayam bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Fakta Mengenai Ayam Berkokok

Hal yang pertama yang perlu kita luruskan adalah bahwasanya ayam akan berkokok setiap saat dan sebagai respon kepada berbagai macam stimulus yang  “ tidak mengancam “  sebut saja seperti pada suara mobil, atau seseorang yang berjalan ke ayam – ayam tersebut.

Hal ini dikarenakan kokokan ayam tersebut berfugsi untuk berbagai hal dan bukan hanya pada saat kokokan pada pagi hari saja. Hal ini dikarenakan kokokan ayam ini digunakan juga untuk berkomunikasi dengan jenis unggas yang lainnya.

Bahkan di waktu tertentu, kokokan ayam ini juga sering digunakan untuk  mereka saat melakukan sesuatu. Dan yang lebih penting yang harus kita ketahui sobat, bahwasanya ayam tersebut sering berkokok pada pagi hari adalah sebagai bentuk respon mereka terhadap adanya perubahan cuaca. 

Namun di sisi lain ayam ini bisa saja berubah jam berkokoknya sesuai dengan lingkungannya. Sebut saja pada saat ia diberi sinar saat jam 2 subuh, maka ayam tersebut juga akan berkokok sebagi rangsangannya terhadap cahaya tersebut.


Sekian ulasan mengenai sebab ilmiah ayam berkokok dipagi  hari tersebut yang bisa penulis share untuk anda pada postingan ini. Terima kasih kepada anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!