Sponsors Link

7 Bahaya Tidak Melestarikan Lingkungan Sekitar

Manusia hidup di bumi bersama dengan makhluk hidup lainnya. Makhluk hidup yang ada di bumi dan tinggal bersama manusia ini meliputi binatang, tumbuh- tumbuhan, mikroba atau bakteri, dan makhluk mikroorganisme baik kasat mata maupun tak kasat mata. Selain itu, manusia beserta makhluk hidup lain tersebut berada di bumi juga bersama dengan berbagai macam benda- benda abiotik. Benda- benda abiotik yang berada di sekitar manusia dan makhluk hidup lainnya ini juga mempunyai fungsi secara langsung maupun tidak langsuang. Benda- benda abiotik tersebut contohnya adalah udara, suhu, batu, air, panas matahari, dan lain sebagainya. Semua ini berada di satu alam dan membantuk sebuah ekosistem. (baca : ciri ciri makhluk hidup)

Seringkali kita menamai tempat tinggal kita dengan sebutan lingkungan. Sala halnya dengan ekosistem tadi, lingkungan ini terdiri dari makhluk hidup dan juga benda- benda yang tidak hidup. Lingkungan tempat kita berada ini harus selalu dijaga dengan baik agar bermanfaat bagi kehidupan manusia. Menjaga lingkungan agar tetap berada dalam kondisi baik dinamakan dengan melestarikan lingkungan.

Mengapa Lingkungan Perlu Dilestarikan?

Mungkin ini adalah pertanyaan umum yang terlalu sering ditanyakan. Maskipun sudah sering ditanyakan, namun pertanyaan seperti ini memang harus selalu diulang agar manusia menjadi paham betapa lingkungan sangat perlu untuk dilestarikan.

Lingkungan sebagai tempat tinggal manusia dan juga makhluk hidup lainnya memang harus selalu dijaga kelestariannya. Dengan selalu menjaga kelestarian lingkungan maka lingkungan akan terhindar dari kerusakan dan dapat menjalankan fungsi dengan semestinya. Selain itu, dengan memiliki lingkungan yang tetap lestari maka kelangsungan hidup manusia dan juga makhluk- makhluk lainnya juga akan lebih terjamin. Dengan adanya lingkungan yang lestari, maka akan terhindar dari beberapa kerusakan yang tidak hanya dapat merusak lingkungan saja, namun juga terkadang menimbulkan bahaya bagi kelangsungan hidup makhluk hidup.

Lingkungan ini selain sebagai tempat tinggal namun juga sebagai penyedia dari kebutuhan makhluk hidup. Bukan hanya kebutuhan akan makan dan juga minum, namun juga kebutuhan hidup lainnya. Apabila lingkungan tidak dilestarikan maka akan muncul banyak dampak negatif yang bisa dirasakan oleh semua pihak, tidak hanya manusia saja, namun juga binatang dan tumbuhan. (baca : ciri ciri lingkungan sehat dan tidak sehat)

Beberapa Bahaya Tidak Melestarikan Lingkungan yang ada di sekitar kita:

  1. Terjadi bencana alam

Akibat yang pertama yang dapat terjadi apabila kita tidak melestarikan lingkungan adalah terjadinya bencana alam. Hal ini sadar atau tidak akan terjadi kepada lingkungan kita. bencana alam ini ada yang sifatnya terjadi karena kehendak Tuhan, namun ada juga beberapa bencana alam yang terjadi akibat dari kelalaian manusia tidak merawat lingkungannya dengan baik. Beberapa bencana alam yang terjadi akibat tidak menjaga kelestarian lingkungan dengan baik adalah banjir dan tanah longsor serta mengakibatkan pencemaran tanah. Kedua bencana ini seringkali terjadi ketika manusia sengaja menebang pepohonan yang ada di daerah hutan ataupun lereng gunung. Akibatnya banjir dan longsor sering terjadi, apalagi ketika musim penghujan.

  1. Terjadi kerusakan lingkungan


Dampak dari kita tidak menjaga kelestarian lingkungan selanjutnya adalah terjadinya kerusakan lingkungan. Hal ini merupakan akibat yang pasti terjadi karena menjaga kelestarian lingkungan pada intinya adalah menjaga lingkungan kita agar tetap dalam kondisi baik. Ketika lingkungan tidak dijaga dengan baik, maka kerusakan lingkungan otomatis akan terjadi.

  1. Terjadinya pencemaran lingkungan

Selanjutnya, lingkungan yang tidak dijaga dengan baik akan mengalami suatu kondisi yang kotor. Karena kondisi yang kotor ini, maka lingkungan akan tercemar . baik dari bakteri maupun bahan kimia. Lingkungan yang harus dijaga kelestariannya meliputi lingkungan darat, laut, maupun udara. Ketika ketiga lingkungan tersebut tidak dilestarikan dengan baik, maka ketiga lingkungan tersbut akan dapat tercemar. Dan hal ini akan berpotensi meracuni makhluk hidup yang ada di dalamnya. (baca : dampak pencemaran udara)

  1. Banyak tumbuhan yang punah

Lingkungan yang tidak dijaga dengan baik juga akan menyebabkan banyak tumbuhan yang  akan mengalami kepunahan. Kepunahan bisa terjadi karena tumbuhan tersebut sengaja diambil oleh manusia maupun karena faktor lingkungan yang sudah rusak sehingga sudah tidak bisa menopang hidup tumbuhan tersebut adan pada akhirnya tumbuhan tersebut mati.

  1. Banyak binatang yang punah

Sama halnya dengan tumbuhan, hewan juga dapat punah karena lingkungan yang tidak dilestarikan. Kondisi lingkungan yang tidak baik lagi akan membuat kelangsungan hidup binatang menjadi terganggu. Hal ini bila terjadi dalam jangka waktu yang panjang maka binatang tersebut tidak bisa bertahan hidup dan pada akhirnya akan mati.


  1. Persediaan sumber daya alam menipis

Akibat yang tidak mungkin terhindarkan dari tindakan tidak melestarikan lingkungan adalah membuat sumber daya alam yang ada di sekitar kita menjadi berkurang jumlahnya. Tanpa kita sadari hal ini pasti terjadi. Sebagai contoh adalah air yang akan semakin langka jumlahnya apabila manusia dengan senagaj memnebang pepohonan di hutan ataupun di pekarangan. Hal ini karena pohon berfungsi sebagai penyimpan cadangan air.

  1. Munculnya banyak penyakit

Bahaya selanjutnya dari tindakan tidak melestarikan lingkungan adalah muncunya bibit penyakit. Ya, lingkungan yang kotor akan menjadi sarang kuman dan virus yang nantinya akan menularkan bibit penyakit.

Itulah beberapa bahaya apabila kita sebagai manusi tidak melakukan tindakan atau upaya pelestarian lingkungan. Lingkungan ini sangat perlu dilestarikan mengingan kita sendiri hidup di lingkungan. Selain itu, kita masih sangat memerlukan lingkungan yang asri dan lestari sebagai warisan untuk nakan cucu kita nanti.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Lingkungan
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!