Sponsors Link

7 Cara Kerja Hidung Manusia

Hidung merupakan salah satu organ tubuh yang penting. Bahkan menjadi organ vital, meskipun tidak banyak orang yang menganggapnya. Hidung merupakan alat alat pernafasan yang membantu kita untuk bernafas. Berguna sebagai alat pertukaran antara udara bersih dan kotor. Itulah mengapa dalam hidung ada banyak upil, yang merupakan kotoran udara yang berusaha masuk ke dalam. Selain itu hidung juga berguna sebagai resonansi suara. Entah secara sadar atau tidak, anda kerap menggunakan hidung untuk membentuk suara suara tertentu. Ini membantu anda dalam memahami artikulasi dan makna dari apa yang di ucapkan oleh lawan bicara anda.

Bagian bagian hidung manusia

bagian bagian hidungSecara medis, indera penciuman manusia semakin menurun ketika usianya semakin menanjak besar. Hanya saja saat kecil kita tidak memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan mengenai penciuman tersebut. Tapi bukan berarti kita tidak bisa mencium dan mendeteksi apapun. Kita bisa mencium dengan menggunakan indera ini melalui ibu. Jadi ketika ibu mengenali bau tersebut, anak juga ikut merasakan bau tersebut. Bahkan manusia bisa mendeteksi sebanyak 2000 sampai 4000 jenis bau yang ada di dunia ini dengan bantuan bagian-bagian hidung yang dapat menyempurnakan penciuman manusia.

Berikut adalah penjelasan mengenai bagian-bagian hidung manusia :

  • Rongga hidung – Anatomi tulang manusia seperti hidung diciptakan dengan memiliki dua lubang hidung. Fungsinya adalah sebagai tempat keluar pusatnya oksigen dan karbondioksida. Lewat jalur inilah udara yang bisa kita hirup membantu bernafas, membantu melakukan aktivitas, membantu proses pembakaran di dalam tubuh. Keberadaan rongga hidung ini meski kadang di nilai tidak penting, namun sesungguhnya sangat di perlukan.
  • Syaraf penghubung ke otak – Ketika hidung anda terkena masalah, seperti ada yang mengganjal, atau ada kotoran yang mengganggu proses pernafasan, maka syaraf ini akan menggetarkan saluran bagian bagian otak anda. Dengan otak yang di getarkan oleh syaraf, maka akan memerintahkan alat ekstrimitas atas atau bagian tangan untuk menghalau apa yang mengganggu tersebut. Hal ini berkaitan dengan pelancaran proses pernafasan
  • Tulang kerang hidung atas – Hidung anda tidak bisa di bentuk jika tidak ada tulang ini. Dengan keberadaan tulang ini akan membantu hidung berdiri tegap. Entah jadinya hidung pesek atau mancung, sama sama berguna untuk pernafasan. Adanya tulang kerang hidung atas ini juga di sesuaikan dengan daerah dan ras suatu etnik. Misalnya orang barat cenderung memiliki tulang kerang hidung mancung. Sedangkan orang asia cenderung mempunyai tulang kerang hidung pesek.
  • Tulang kerang hidung tengah – Tulang hidung bagian ini berguna untuk menghidupkan bangunan. Jadi keberadaanya seperti sebuah pondasi dalam bangunan. Adanya tulang ini akan membantu hidung anda menangkap kotoran kotoran yang masuk ke dalam.
  • Tulang kerang hidung bawah – Dengan tulang hidung bawah ini sebagai alas hidung agar bisa berdiri. Bisa di katakan sebagai wadah untuk mengalasi hidung agar bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia seseorang.
  • Membran mokus – Memang secara nyata, keberadaan dari membran mokus ini tidak terlalu terlihat. Namun anda bisa merasakannya. Yakni melalui udara yang masuk ke dalam hidung terasa hangat. Mengapa? Karena sistem dari membran mokus ini berhasil melembabkannya. Seperti di hasilkannya ingus atau lendir saat anda pilek adalah salah satu kerjaan membran mokus.

Meskipun tugas utama dari hidung ini adalah sebagai indera pembau, tapi juga digunakan sebagai alat yang berguna untuk memasukkan dan mengeluarkan udara dalam tubuh. Bagi pasien yang mengalami kerusakan selaput hidung, bisa saja tidak bisa mengindentifikasi bau. Beberapa contoh dekatnya adalah saat anda sedang dalam keadaan pilek, fungsi hidung anda juga tidak bisa bekerja dengan baik.

Lalu bagaimana hidung bisa bekerja dengan baik? Bagaimana bau bau yang ada di sekitar lingkungan anda bisa terbaca oleh otak? Bagaimana anda bisa menyebut ini bau kentut, ini bau tanah, ini bau masakan lezat? Seperti apakah kinerja hidung yang selama ini sudah bersama diri kita sejak lahir?

Video Cara Kerja Hidung 

Berikut adalah penjelasan mengenai cara kerja hidung :

  1. Jadi bau yang ada di sekitar anda, seperti molekul-molekul yang bertebaran di udara mampu memicu dan memunculkan rangsangan. Pada rongga hidung terdapat syaraf yang di sebut dengan syaraf olfaktory epithelium. Nah impuls impuls yang ada di sekitar bulu hidung bisa menggetarkan ujung syaraf pembau atau syaraf olfaktory. Syaraf ini secara reflektif memang sangat sensitif terhadap molekul molekul apapun, seperti molekul bau. Bahkan jika anda bisa menjumlah, syaraf pembau ini bisa mencium sekitar 10 juta jenis bau yang ada di bumi.
  2. Keberadaan ujung syaraf tersebut di teruskan ke syaraf olfaktory bulb. Setelah di terima, maka bagian syaraf ini akan di proses. Baru kemudian di salurkan ke otak. Sampai di otak akan memproses bau tersebut. Seperti melakukan identifikasi seperti bau apakah ini. Pengaruh dari pengalaman, dan kejadian masa lalu juga berpengaruh pada proses pengolahan informasi mengenai identifikasi bau tersebut. Setelah informasi yang di terima sesuai dan sama, maka kita bisa mengerti bau apakah ini. (baca : fungsi otak)
  3. Selain berguna sebagai alat pembau, namun manfaat nyata hidung adalah membantu anda dalam bernafas. Udara yang ada di luar ruangan, yang ada di lingkungan, akan di hirup oleh hidung anda. kemudian di saring oleh bulu hidung. Jika sudah memastikan bersih, maka bisa masuk ke dalam tenggorokan. (baca : fungsi katup pangkal tenggorokan)
  4. Keberadaan udara yang sudah masuk ke dalam tenggorokan akan di lanjutkan ke bronkus. Baru setelah itu melaju sampai paru paru. Nah di dalam alveolus, fungsi alveolus yaitu udara yang bersih akan di edarkan melalui darah yang menuju ke seluruh tubuh. Kandungan udara ini hanya terdapat oksigen, yang mana di gunakan untuk membantu pembakaran dan pembentukan energi.
  5. Kemudian darah akan mengalir ke seluruh tubuh. Organ organ menggunakan ini untuk menjalankan aktivitas. Karena sudah di gunakan, maka oksigen ini akan berbah menjadi karbondioksida. Nah zat inilah yang tidak di perlukan oleh tubuh, sehingga harus segera di keluarkan. Dari seluruh tubuh, karbondioksida berjalan menuju paru paru lagi.
  6. Setelah sampai di paru-paru, karbondioksida ini di tukar. Lalu di bawa ke atas atau ke bronkus, lalu sampai ke tenggorokan. Baru setelah itu di keluarkan melalui hidung. Itulah mengapa hidung anda juga mengeluarkan udara panas, yang mana di namakan dengan karbondioksida. Salah satu buktinya adalah zat ini memiliki karakteristik lembab seperti uap dan panas.
  7. Meskipun karbondioksida merupakan zat yang di keluarkan oleh manusia, namun siapa sangka zat inilah yang membantu tumbuhan hidup. Jadi jika manusia menggunakan oksigen, tanaman dan tumbuhan hidup dengan karbondioksida.

Hidung merupakan salah satu indra kelima yang berfungsi sebagai indra pembau. Fungsi ini menjadi istimewa, membantu kita untuk mencium bau seperti makanan, pakaian, parfum, ataupun bau-bau lingkungan lainnya. Keberadaan indera penciuman ini di gunakan setiap waktu, di gunakan hampir semua profesi. Baik dokter, perawat, pelayan, nahkoda, koki atau juru masak, ataupun polisi.

Bentuk macam macam bau yang bisa kita cium adalah :

  • Bau harum : seperti bau pada bagian bagian bunga yang bermekaran, bau parfum, dan lain sebagainya
  • Bau Agak asam : seperti cuka, bau asam klorida, dan umumnya bau pada zat zat kimia yang memiliki ph kurang dari 7
  • Bau agak tajam : seperti bau masakan yang di campur dengan bawang putih
  • Bau busuk : seperti bau sampah yang lembab dan basah
  • Bau sumpek : seperti bau rumah yang tinggal di kawasan kumuh dan padat.

Cara Menjaga Kesehatan Hidung

Karena hidung meruapakan salah satu organ yang sensitif, maka juga bisa mengalami gangguan. Beberapa masalahnya karena ada bagian hidung yang tidak normal atau tidak bekerja seperti umumnya. Beberapa bentuk gangguan hidung adalah Anosmia. Anosmia merupakan salah satu bentuk gangguan hidung yang berbentuk ketidakmampuan dalam mencium bau sesuatu. Biasanya di sebabkan oleh adanya penyumbatan dalam rongga hidung anda, seperti kelenjar yang keluar berlebihan atau adanya kotoran yang menumpuk. Selain itu gangguan ini juga bisa di sebabkan karena adanya bagian yang tidak normal pada urat syaraf pembau.

Keberadaan hidung menjadi suatu bentuk keistimewaan, bentuk indera yang berguna untuk menciumi dan merasakan bau, sebagai organ yang membantu dalam proses pernafasan. Perlulah kita memiliki cara memelihara kesehatan rangka tubuh manusia seperti menjaga, merawat, dan memberikan perhatian khusus agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Berikut ini adalah cara cara yang di gunakan untuk merawat dan menjaga hidung :

a. Membersihkan hidung – Setiap hari kita menghirup udara. maka perlu hampir setiap hari untuk membersihkan hidung. Seperti mengeluarkan kotoran pada hidung yang menghalangi jalan masuknya udara ke dalam hidung anda. silahkan setiap hari anda membersihkannya.

b. Periksa hidung jika anda mengalami gangguan – Seperti ketika anda merasa pilek yang tak kunjung sembuh selama seminggu, akan lebih baik jika di periksakan ke dokter. Mungkin ada bagian yang mengalami gangguan, sehingga penangannya bisa lebih cepat dan segera tuntas.

, ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!