Sponsors Link

7 Cara Kerja Mata pada Manusia

Mata merupakan salah satu indera yang berfungsi sebagai penglihatan. Cara kita bisa melihat gunung dari jauh yang tampak seperti segitiga, bisa melihat pohon yang rimbun dan berwarna hijau, bisa melihat lautan yang berwarna biru bak permadani. Mata di gunakan sebagai lambang visual,

Sebelum beranjak pada bagian cara kerja mata, mari pahami dahulu mengenai bagian-bagian yang ada pada mata manusia.

Anatomi mata

bagian bagian mataSebagai organ penglihatan, mata memiliki bentuk anatomi tulang manusia yang rumit. Anda pernah memegang kamera? Nah, bagpian dari kamera memiliki struktural sederhana dari mata. padahal anda tahu, kamera bukanlah alat elektronik sederhana. Bagiannya rumit. Pastilah anatomi mata 100 kali lebih rumit dari kamera.

Definisi kemampuan anda bisa melihat tergantung pada jumlah cahaya yang ada pada saat itu. Gunung tinggi yang dari jauh terlihat biru, namun ketika anda mendekati akan berwarna kelabu. Berbeda lagi jika anda melihat kala malam hari, semua hanya tampak hitam remang remang saja. Keberadaan mata sebagai indera visual inilah di pengaruhi dengan adanya cahaya yang menyinari dan yang ada di sekitar.

Berikut adalah penjelasan mengenai bagian bagian mata :

  • Chambers anterior dan posterior – Merupakan suatu ruang yang ada, letaknya berada di antara organ kornea dan iris
  • Aqueous humor – Merupakan suatu cairan yang ada di bagian kornea dan lensa. Fungsinya adalah sebagai penyedia nutrisi oksigen agar bagian tersebut bisa berjalan dengan baik
  • Kanal Schlemm – Lokasinya berada di sekitar iris atau pemberi warna mata. salah satu fungsinya adalah membantu mengeringkan cairan yang berair banyak
  • Koroid – Merupakan suatu pembuluh darah yang berada pada sklera dan retina mata
  • Badan siliari – Merupakan suatu daerah atau wilayah yang menjadi tempat produksi aqueous humour
  • Otot siliari – Merupakan otot yang ada dalam mata, berguna sebagai pembentuk lensa ketika hendak melihat obyek dengan jarak jauh atau dekat. Kemampuan ini nantinya di namakan dengan daya akomodasi
  • Konjungtiva – Merupakan suatu membran atau lapisan bening yang letaknya berada di depan mata dan kelopak mata bagian dalam. Fungsinya adalah untuk menghasilkan lendir, yang mana akan di gunakan sebagai pelumas agar mata tetap bisa membuka dan menutup dengan mudah
  • Kornea – Bentuknya seperti kubah, menjadi sistem mata ini bisa melihat dengan lensa nyata. Kornea ini di sebut pula dengan nama jendela bening. Letaknya berada pada barisan depan mata. terdapat lima lapisan struktur, di mana di setiap lapisan tersbeut memiliki perlindungan terhadap infeksi yang berbeda. Juga mampu untuk menyembuhkan luka jika terjadi iritasi. Fungsi utama dari bagian ini adalah membiaskan cahaya biar masuk ke dalam mata.
  • Lensa kristal – Lensa yang letaknya berada pada belakang kornea. Fungsinya adalah untuk mengatur fokus gambar agar bayangan bisa tepat jatuh ke belakang retina
  • Bola mata – Merupakan organ yang berguna untuk menggabungkan gambar pada korteks visual. Bagian ini menawarkan penglihatan secara binokular.
  • Pupil – Meupakan bagian tengah mata yang berwarna hitam. Pupil memiliki elastisitas tinggi, seperti diafragma yang bisa mengatur banyak dan sedikitnya cahaya yang masuk ke dalam mata. jika cahaya yang ada sedikit, mata diafragma akan terbuka lebar, mengupayakan cahaya bisa masuk ke dalam mata. namun jika cahaya sedikit, mata pupil akan mengecil untuk mengurangi kelebihan cahaya yang masuk ke dalam mata.
  • Iris – Merupakan otot-otot yang halus. Fungsinya membantu kontrol pupil dalam pengaturan cahaya yang masuk ke dalam mata. Sebagian besar orang asia memiliki warna hitam atau cokelat tua. Beberapa di antara kebanyakan orang ada yang memiliki warna biru, hijau, merah, hazel, emas, dan lain sebagainya. Ini menjadi faktor biologis, yang berpengaruh pada lingkungan dan wilayah.
  • Sclera – Merupakan lapisan mata yang letaknya berada di luar. Fungsinya untuk melindungi mata dari luar. Warna dari lapisan ini adalah putih.
  • Makula – Merupakan titik fokus yang ada pada bagian tengah retina. Bagian inilah yang membantu anda untuk lebih meningkatkan fokus pada suatu obyek seperti warna. Biasanya sangat berguna ketika di pakai saat membaca

Video Cara Kerja Mata


Bisa melihat merupakan suatu keajaiban, suatu anugerah yang di berikan oleh sang Maha Esa. Mata bekerja secara sadar. Dalam artian mata melihat sesuatu dan obyek karena memang di perintahkan oleh otak untuk bekerja.

Berikut adalah penjelasan cara kerja mata :

  1. Kemampuan mata ini bisa di nilai menakjubkan. Mengapa? Sebab mampu mengubah sinar cahaya menjadi suatu sinyal elektris yang di kirim ke bagian bagian otak. Dari otak sendiri bisa menerjemahkan dari sinyal tersebut menjadi bahan atau dasar yang kita ketahui. Seperti adanya bentuk kursi, gunung, sungai, dan hal hal yang lainnya. Daya visual ini bisa membuat diri kita paham dan mengerti apa yang sedang di tawarkan keindahan.
  2. Bola mata yang ada ini memiliki karakteristik seperti bola dengan diameter satu inchi. Kemudian di kelilingi oleh lapisan lembut serta jaringan lemak yang mampu melindungi mata. keberadaan ini juga membuat mata anda berputar dengan mudah dalam satu arah.
  3. Suatu obyek yang hendak kita lihat, memiliki kualitas cukup cahaya. Entah cahaya tersebut berasal dari benda itu sendiri, ataukah dari benda lain yang memancarkan cahaya dengan terang. Sehingga dapat di terima oleh kornea mata yang letaknya paling luar. Setelah itu gelombang cahaya yang menyinari benda tersebut tercermin dalam pupil mata. di sini pupil bisa memperkirakan bayak atau sedikitnya cahaya yang perlu masuk ke dalam mata agar mampu diproses lebih lanjut. Pupil ini akan melebar jika cahaya yang di terima sedikit. Namun akan menyempit jika cahaya yang di terima adalah banyak.
  4. Kemudian di bantu pula oleh kinerja iris. Sama seperti diafragma, iris akan membantu mata dalam proses pengaturan cahaya. Pada bagian ini juga yang menyebabkan warna mata seseorang berbeda beda. Ada yang cokelat, biru, abu abu, dan sebagianya.
  5. Selanjutnya gelombang akan menekuk lensa kristal dan nodal point yang lokasinya berada pada permukaan lensa mata. di bagian ini, bayangan benda akan nampak terbalik semua. Lensa juga bekerja akan mengontraksi dan merangsang syaraf agar mampu berakomodasi. Jika benda atau obyek terletak dekat, maka otot mata akan berusaha untuk mencembung. Sedangkan jika bendanya jauh, maka mata akan berupaya untuk memipih. Kemampuan ini di namakan dengan daya akomodasi mata. Baru setelah itu, rangsangan ini akan di teruskan pada retina. Nah dari sinilah di bentuk titik fokus dengan jelas oleh retina.
  6. Dari retina akan membuat note foton foton cahaya yang ada. Sebab retina merupakan salah satu unit yang paling peka terhadap rangsangan cahaya yang berasal dari luar mata. khususnya dalam retina ini terdapat suatu organ yang membanyu dalam pemfokusan mata, di namakan dengan bintik kuning. Baru setelah itu mengubah impuls impuls cahaya menjadi sinyal listrik elektromagnetik. Sinyal ini di kirimkan oleh syaraf optik menuju korteks oksipital. Dari listrik inilah akan di interpretasikan otak sebagai gambar visual.
  7. Dalam penginterpretasian, hal ini di pengaruhi oleh beberapa hal yang mendasari. Mengenai pengalaman seseorang, pengetahuan , serta sistem sosial anda. jadi bukan sekedar interpretasi biasa, namun berbagai pengalaman mengenai suatu obyek juga menjadi suatu titik penting dalam proses penginderaan. Semakin kita kaya akan pengalaman, maka akan semakin luas pula mengenai gambaran bentuk visual yang ada.

Cara Merawat Mata dengan Baik

Mata menjadi organ yang memiliki sensitifitas tinggi. oleh sebab itu kita harus memiliki cara memelihara kesehatan rangka tubuh manusia, menjaga kebersihannya, mejaga kelenturannya agar tetap elastis bukan perkara yang mudah.

Berikut ini ada tips yang bisa anda terapkan :


a. Jangan megucek mata – Karena organ ini begitu sensiftif, maka sangat tidak di sarankan untuk di kucek. Satu kesalahan ini bisa membuat mata anda memerah dan terjadi infeksi.

b. Cukup biarkan mata anda keadaan tertutup – Jika memang merasa ada yang masuk ke dalam mata, maka cukup dengan menutup mata. membiarkannya sedikit lama. kemudian membuka dan menutup dalam kondisi berulang ulang. Kelopak anda dan pelumas akan melindungi mata dari benda kecil yang berbahaya.

c. Gunakan kaca mata sebagai pelindung – Ada banyak sekali versi kaca mata. salah satunya yang berguna untuk mendelikkan wajah anda dari dunia luar. Oleh sebab itu gunakanlah kaca mata sebagai pelindung agar jauh dari debu.

d. Banyak makan makanan sehat – Makan makanan sehat mengandung banyak vitamin dan mineral. Konsumsi makanan seperti ini bisa membuat anda tambah sehat. Selain itu juga menjadi nutrisi bagi bagi tubuh anda sendiri.

, ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!