Sponsors Link

13 Fungsi Kelenjar Ludah yang Benar pada Sistem Pencernaan Manusia

Bagian wajah manusia dilengkapi tiga kelenjar ludah yang selalu menjadi monitoring kesehatan rongga mulut. Ketiga kelenjar itu menghasilkan air liur (saliva) yang berperan penting dalam terlaksananya proses penguyahan, pelembab hingga  penghancuran makanan.

Inilah nama tiga kelenjar ludah:

  1. Kelenjar parotis yang terletak dibawah telinga biasanya terjadi pembengkakan dan terasa nyeri kertika ada gusi yang bengkak
  2. Kelenjar submandibularis terletak di rahang bagian bawah biasanya sering diserang oleh Paramy virus pemicu penyakit gondongan
  3. Kelenjar sublingualis terletak di bawah lidah yang biasanya mudah terserang sariawan dan luka akibat tergigit tanpa sengaja ketika makan atau sedang berbicara.

kelenjar ludahDidalam air liur terdapat enzim bernama Ptialin yang berfungsi menghancukan, melembabkan dan mengubah makanan yang sedang dikunyah menjadi gula yang kemudian diproses oleh organ tubuh lainnya hingga gula tersebut dapat menjadi penghantar energi. Tanpa  adanya energi yang memadai manusia tidak bisa beraktifitas dengan maksimal.

Kelenjar ludah dapat terganggu fungsinya jika ada pembekakan, luka atau nyeri yang diakibatkan benturan dan gigitan yang tidak sengaja dilakukan kita sewaktu makan atau sedang berbicara. Kelenjar ludah sangat sensitif dimasuki bakteri dan virus ketika mulut dalam keadaan kering. maka ludahlah yang mengatur kondisi rongga mulut agar tetap lembab dan sehat.

Inilah fungsi kelenjar ludah yang menghasilkan air liur:

  1. Menghancurkan dan mengubah makanan menjadi gula
  2. Mempermudah proses pengunyahan
  3. Mempermudah menelan makanan
  4. Mengontrol keasaman mulut dengan seimbang
  5. Mengontol kenyamanan lidah dalam bergerak
  6. Melembabkan rongga mulut dan mencegah bakteri tidak mudah masuk
  7. Menjaga lidah tetap sehat
  8. Melindungi gigi dari keropos dan karang gigi
  9. Menghindari dehidrasi sehingga mulut jika ada luka tidak mudah terinfeksi, air liur mempunyai kemampuan  antiseptik sebagai penyembuh luka secara berkala
  10. Mencegah munculnya  penyakit gondongan
  11. Mencegah peradangan dan infeksi ketika terserang sariawan karena kekurangan Vitamin C.
  12. Dapat memperlambat  proses pembusukan makanan yang tersisa pada gigi yang belum dibersihkan
  13. Menyeimbangkan kelembaban bibir agar tidaak kering secara alami

Jika fungsi kelenjar ludah sangat berpengaruh besar dalam kesehatan rongga mulut, maka melemahnya daya kerja dari kelenjar ludahpun bisa sangat mempengaruhi stabilitas hidup seseorang.

Baca : Bagian bagian ludahFungsi lidah manusiaEnzim pencernaan manusia

Penyebab melemahnya daya kerja kelenjar ludah pada rongga mulut adalah:

  • Karena mengkonsumsi obat obatan  dalam jangka panjang yang memiliki kandungan kimia sangat keras,  seperti kandungan antihistamin, antipsikotis ,sedativ dan diuretik.
  • Adanya infeksi yang diisebabkan oleh virus yang membuat kekebalan tubuh menurun dan kelenjar ludah tidak mampu melindungi rongga mulut dari kekeringan
  • Akibat terlalu sering menjalani kemoterapi kanker yang ada disekitar kepala , belakang telinga dan leher. Radiasi yang ditinggalkan oleh kemoterapi tersebut akan mengumpul dibagian salah satu kelenjar lalu menimbulkan peradangan dan pembengkakan yang mengakibatkan tersumbatnya aliran ludah dari kelenjar kerongga mulut dan merusak salah satu dari tiga kelenjar antara kelenjar parotis, submandibularis dan sublingualis.
  • Terlalu sedikit minum air putih hingga timbul dehidrasi diseputar mulut yang mengakibatkan mulut kering dan mudah infeksi ketika terluka.
  • Depresi berat yang mengakibatkan kelenjar ludah tidak bisa mengalirkan ludah secara normal pada tiga jaringan kelenjar secara bersamaan.
  • Adanya Paramyxovirus , sebuah virus penyebab gondongan yang menyerang kelenjar parotis, pembengkakan disekitar leher  dan pipi bagian bawah.
  • Kebiasaan tidur dan bernafas melalui mulut. Hal ini tidak sehat karena mempermudah masuknya berbagai macam bakteri dan mulut kering. Kelenjar ludah tidak mampu membasahi seluruh bagian rongga mulut ketika manusia bersinggungan dengan udara bebas dengan mulut terbuka.
  • Mempunyai  sakit nyeri yang lama tidak sembuh pada bibir bagian dalam seperti sariawan.

Akibat Kelenjar ludah yang Tersumbat

 Jika kelenjar ludah tersumbat tidak segera diobati dan daya kerja kelenjar semakin melemah maka akan mengakibatkan pembengkakan lalu menjadi peradangan, dapat menimbulkan fungsi air liur ( saliva) tidak normal, diantaranya:

  • kesulitan untuk bicara atau menjadi gagap
  • Kesulitan untuk menelan makanan walaupun dengan tekstur yang lembut seperti bubur
  • Mulut sangat kering hingga rasa pahit dalam rongga mulut tidak dapat hilang begitu saja setelah meminum air buah yang asam.
  • Menyebabkan air liur balik kearah empedu dan tidak mampu menggapai rongga mulut , ini bisa mengakibatkan kelenjar ludah makin membengkak dalam hitungan hari.
  • Memicu timbulnya penyakit gondongan yang sulit disembuhkan
  • Memicu tumbuhnya sel tumor jinak
  • Mempercepat kerusakan email gigi dan pengeroposan karena air liur  mempunyai enzim bernama Ptialin yang bermanfaat melindungi gigi dari serangan bakteri

Selain itu Pembengkakan kelenjar ludah bisa terjadi pada pembuluh yang membawa air liur dari kelenjar ludah kearah rongga mulut tersumbat,  hal ini dikarenakan karena adanya batu kelenjar yang menghalangi perjalanan air liur dari kelenjar ludah untuk menyebarkan air liur dalam jumlah normal kerongga mulut. Bila kelebihan garam pada air liur  maka akan memicu timbulnya batu kelenjar tanpa kita sadari.

Banyak penderita kelenjar ludah yang rusak dan harus menjalani pengobatan yang banyak menyita waktu, tenaga dan biaya. Kerusakan yang belum parah pada kelenjar ludah dapat disembuhkan dengan bahan bahan alami  yang dibuat sendiri dirumah,  jika dilakukan secara konsisten dan teratur dapat mengembalikan fungsi kelenjar ludah menjadi normal kembali.

Inilah tips membuat obat yang dapat menyembuhkan peradangan, pembengkakan, nyeri dan penyumbatan air liur dikelenjar ludah, diantaranya:

Tips 1.

  1. Ambillah beberapa kulit manggis tua secukupnya dicuci bersih
  2. Ambillah beberapa daun sirsak secukupnya dicuci bersih
  3. Kedua bahan tersebut direbus jadi satu hingga air berubah warna merah keunguan yang pekat.
  4. Diamkan hingga dingin dan saringlah airnya dan tuangkan pada gelas bersih
  5. Campurlah dengan madu atau gula merah agar rasa getirnya tidak terlalu terasa. Tetapi sangat baik jika diminum tanpa campuran apapun.

Penjelasan tentang Kulit manggis:

Kulit manggis mempunyai kemampuan yang kuat dalam menyembuhkan pembengkakan dan melancarkan kelenjar ludah yang tersumbat. Kulit manggis tua mempunyai warna unik merah keunguan yang mengandung senyawa xanthone. Senyawa ini mempunyai antioksidan yang tinggi yang mampu melenyapkan radikal bebas yang telah mengendap diorgan tubuh kita selama berhari hari bahkan berminggu minggu.

Penjelasan tentang daun sirsak:      

Daun sirsak mempunyai  senyawa bernama Acetogenin yang mempunyai kemampuan dalam membunuh sel kanker dan tumor jinak . Kemampuannya dalam menyembuhkan kanker selangkah lebih cepat daripada kemoterapi. Daun sirsak bisa  menghilangkan dan menyembuhkan benjolan kecil tumor jinak yang berada pada kelenjar ludah parotis.

Tips 2.

  1. Ambilah daun Ciciplukan yang dalam bahasa inggrisnya bernama Winter Cherry secukupnya dicuci bersih
  2. Ambilah beberapa buah Ciciplukan yang sudah tua berwarna kuning cerah secukupnya dicuci bersih
  3. Direbus secara bersamaan, Setelah matang dengan warna air yang hijau gelap dinginkan lalu diminum
  4. Boleh dicampur madu atau gula merah agar rasa getirnya tidak terlalu terasa. tapi  sangat baik bila diminum langsung tanpa campuran apapun.

Penjelasan tentang tanaman Ciciplukan:

Tanaman Ciciplukan mempunyai fisik seperti tanaman perdu tetapi bukan golongan perdu. Tingginya sekitar satu meter atau lebih. Daunnya berbentuk kecil dengan buah yang kecil kecil pula, Jika sudah matang buahnya berwarna kuning cerah. Daun dan buahnya mempunyai khasiat untuk menyembuhkan peradangan, pembengkakan dan nyri pada kelenjar ludah yang sedang mengalami luka dan infeksi. Buah Ciciplukan bisa dimakan langsung karena rasnya cukup segar. Jika ingin direbus bersamaan daunnyapun dianjurkan.   Menjaga kesehatan kelenjar ludah sama saja kita telah menjaga fungsinya agar tetap berjalan dengan baik.

, ,




Oleh :
Kategori : Manusia