Sponsors Link

Diafisis : Penjelasan dan Fungsinya

Hello sobat semua yang terkasih, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang tentunya memberikan ulasan yang menarik buat sobat semua. Penulis juga akan tetap setia menemani waktu luang anda bersama keluarga tercinta anda. Untuk itu tetap bersama penulis ya sobat, karena penulis akan memberikan ulasan yang menarik dan juga tentunya bermanfaat buat sobat semua.

Nah sobat semua, adapaun yang akan menjadi pembahasan yang akan kita kaji pada kesempatan kali ini yakni mengenai diafisis. Apakah sobat semua sebelumnya sudah pernah mendengar kata diafisis ini sobat? Jika belum, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, tulang atau kerangka merupakan penopang tubuh pada manusia. Tanpa adanya tulang ini untuk menopang tubuh kita maka bisa dipastikan tubuh kita tidak akan bisa bergerak, duduk apalagi berdiri. Untuk itulah peranan tulang ini sangat penting bagi tubuh kita.

Jika berbicara mengenai tulang, tentunya tulang tersebut memiliki berbagai macam unsur. Salah satu unsur di dalamnya adalah diafisis . Diafisis ini merupakan bagian tengah tulang yang berbentuk silinder dan tersusun dari tulang kortikal yang memiliki kekuatan yang besar.

Bagian diafisis tulang ini berbentuk seperti rongga yang berupa jaring – jaring namun kuat yang dilindungi atau dututupi oleh tulang inti. Salah satu peranan tulang dalam tubuh manusia tentunya tidak terlepas dari keberadaan diafisis ini. Normalnya sobat, tulang tersebut terdiri atas tiga bagian, yakni epifis, diafisis, dan juga metafisis.

Sebuah tulang panjang pada umumnya berbentuk seperti tulang silinder yang memanjang seperti terlihat pada femur, atau tulang paha, humerus atau tulang lenagn atas. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi dari diafisis tersebut dalam tulang manusia, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai bagian tulang yang berfungsi sebagai tempat metafisis berada.
  • Sebagai bagian tulang yang berfungsi sebagai tempat rongga sumsum yang dipenuhi dengan sumsum kuning yang agak berlinang.
  • Sebagai bagian tulang yang berfungsi untuk membungkus saluran darah dan juga kapilari yang memang juga berfungsi untuk memberi tulang makanan atau asupan.
  • Sebagai bagian tulang yang berfungsi untuk menstabilkan struktur badan.

Nah sobat semua, alangkah pentingnya bukan fungsi dari komponen tulang yang satu ini dalam tubuh anda secara keseluruhan. Untuk itu sobat, sudah sepatutnya dan sudah seharusnya agar kita menjaga kesehatan tulang tersebut secara maksimal. Dengan kulit terluar yang padat yang merangkumi rongga dalaman berlinang, maka diafisis tulang ini harus bekerja dengan sebaik mungkin agar bisa melaksanakan tugasnya yang begitu penting tersebut dalam tubuh kita secara keseluruhan.

Adapun margin luar atau bagian luar dari tulang ini berfungsi untuk menanggung berat badan kita sobat, sedangkan inti dari diafisis tulang ini sendiri berfungsi untuk menempatkan sumsum dan meminimalkan berat tulang. Nah sobat semua, jika tulang anda sehat maka tentunya diafisis dari tulang anda juga tentunya akan sehat sehingga mampu untuk menopang badan anda dengan sempurna.


Sekian informasi mengenai diafisis tulang yang bisa penulis sajikan buat sobat semua yang terkasih. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia