Sponsors Link

Epifisis : Penjelasan dan Fungsinya

Hello guys, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang selalu senantiasa memberikan ulasan demi ulasan yang menarik buat sobat semua. Selain itu sobat, penulis juga akan menemani sobat semua dalam menghabiskan waktu luangnya bersama keluarga tercinta anda.

Pada kesempatan kali ini, kita masih akan membahas mengenai tulang beserta bagian tulang ya sobat tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Seperti yang sudah pernah penulis utarakan pada artikel sebelumnya sobat, bahwasanya tulang dalam tubuh kita terdiri atas tiga bagian, yakni : epifis, diafisis, dan metafisis.

Nah namun sobat yang akan kita bahas dalam  postingan kali ini yakni mengenai epifisis tulang tersebut. Adapun epifis ini merupakan salah satu bagian dari tulang yang ditutupi dengan tulang rawan artikular yang dipenuhi dengan sumsum tulang merah. Adapun tulang rawan artikular ini adalah jenis tulang rawan yang berbentuk kokoh namun cenderung fleksibel.

Jaringan ikat yang membantu dalam mendukung dan gerakan sendi dalam tulang rawan artikular tersebut. Sumsum tulang merah yang ada pada tulang rawan artikular tersebut adalah jaringan yang terletak di dalam tulang yang menghasilkan sel –  sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.

Sel darah merah yang terdapat pada epifis tersebut bertanggung jawab untuk transportasi oksigen. Sementara itu sobat, sel darah putih juga disebut leukosit, yang melindungi tubuh terhadap zat –   zat asing seperti infeksi yang terdapat dalam tubuh kita. Untuk lebih jelasnya sobat, berikut ini adalah beberapa fungsi dari epifis dalam tulang, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai salah satu bagian dari tulang yang berfungsi untuk membuat sendi yang memang berbentuk satu ujung bulat tulang panjang di dalam tubuh  tubuh.
  • Sebagai salah satu bagian dari tulang yang berfungsi untuk mendukung gerakan sendi.
  • Sebagai salah satu bagian dari tulang yang berfungsi untuk menghasilkan sel –  sel darah merah , sel darah putih dan juga trombosit.
  • Sebagai salah satu bagian dari tulang yang berfungsi untuk mengatasi nyeri pada pinggul.
  • Sebagai salah satu bagian dari tulang yang berfungsi untuk tempat tulang padat atau kortikal di bagian luar sphongy.

Itulah beberapa fungsi dari epifis pada tulang anda sobat. Untuk itu, sebaiknya anda harus merawat tulang anda sebaik mungkin ya sobat, agar bagian dari tulang anda juga tentunya sehat. Epifis ini merupakan bagian lain dari tulang panjang, oleh karen itu bisa saja mengalami kerusakan.

Sebuah epifis kaput femorais, misalnya adalah fraktur yang mengakibatkan pecahnya lempeng pada saat pertumbuhan pada tulang, khsusnya pada masa pertumbuhan. Yang perlu anda ketahui sobat, pecahnya dalma tulang ini dapat mengakibatkan ujung bulat yang merupakan pembentuk sendi tersebut dalam menyelinap ke metafisis. Kondisi ini juga sobat dapat menyebabkan nyeri pinggul juga disfungsi yang terjadi pada tulang epifis anda. Nyeri seperti ini bisa juga terjadi pada bagian panggul atau pangkal paha, paha atau lutut.


Demikain informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua mengenai epifis tulang. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia