Sponsors Link

Saluran Kemih : Penjelasan dan Fungsinya

Masih membahas seputar kesehatan nih ya sobat, tentunya tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya. Nah sobat seperti yang sudah kita ketahui bersama, kesehatan adalah hal yang sangat  penting yang harus kita jaga kondisinya. Jika terdapat beberapa masalah terkait kesehatan tersebut, tentunya akan bermasalah dengan performa tubuh kita secara umum.

Oke sobat semua, adapun yang akan menjadi pembahasan yang akan kita kaji pada ulasan kali ini yakni mengenai saluran kemih. Tentunya sobat semua sudah tidak asing lagi dengan saluran komponen yang satu ini. Pada umunya sobat, saluran kemih terdiri dari dua bagian yakni saluran bagian kemih atas yang berada di ginjal hingga ureter proximal dan saluran bagian bawah yang terdiri dari ureter distal kandung kemih dan uretra.

Saluran kemih ini sendiri merupakan alur kolektif organ pembentuk, pengumpul, dan pengosongan urin, yakni ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Saluran kemih ini merupakan tempat atau saluran yang mengalirkan urin dari kandung kemih atau kantong kemih atau buli –  buli dalam tubuh kita yang merupakan salah satu  organ dalam sistem rekresi manusia berupa urin.

Adapun fungsi dari kandung kemih atau kantong kandung kemih ini berfungsi utnuk menampung urin sementara sebelum dibuang atau dikeluarkan melalui proses buang air kecil atau urin. Kandung kemih yang kosong pada ornag dewasa terletak di dalam pelvis, jika kandung kemih tersebut terisi, maka dinding atasnya akan masuk ke daerah abdomen ( hypogastrium ).

Normalnya kandung kemih mampu menampung sekitar 600 ml urin. Saat volume urin di kandung kemih sudah mencapai sekitar 400 ml, respon sistem saraf pusat akan terpicu dan merasakan sensasi penuh. Saat itu terjadi, otot kandung kemih tersebut perlahan akan berkontraksi dan katup sfingter internal terbuka. Lalu utin yang sebelumnya ditampung di dalam kandung kemih, akan dikeluarkan melalui uretra.

Adapun fungsi dari saluran kemih dalam tubuh kita antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai organ dalam tubuh kita yang berfungsi untuk membantu proses buag air kecil dengan cara mengontraksikan otot –   otot detrusornya.
  • Sebagai organ dalam tubuh kita yang berfungsi untuk saluran urin ketika akan dikeluarkan dari tubuh kita.
  • Sebagai organ dalam tubuh kita yang berfungsi untuk menerima sinyal dari kandung kemih yang ditampung dan akan dikeluarkan dari dalam kandung kemih tersebut
  • Sebagai organ dalam tubuh kita yang berfungsi untuk mengarahkan urin agar bsia kelaur dari dalam tubuh kita denagan sempurna.

Nah sobat semua, karena begitu pentingnya fungsi organ yang satu ini sobat, oleh karenanya penting bagi anda untuk merawat dan menjaga kesehatan saluran kemih anda ya sobat, karena sering sekali terjadi infeksi pada saluran kemih ini. Berikut ini ada beberapa jenis penyebab infeksi saluran kemih, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Karena ana kurang minum.
  • Karena menahan buang air kecil.
  • Karena membasuh vagian dari bagian belakang.
  • Karen mandi berendam.
  • Karena menggunakan pakaian dalam yang lembab dan basah.

Demikian informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua, penulis berharap tulisan ini bermanfaat buat anda yang membacanya ya sobat. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia