Sponsors Link

Vitamin C : Cara Kerja dan Fungsinya

Dalam keseharian kita sobat, tentunya anda sudah sering mendengar kata vitamin serta beberapa jenis vitamim yang ada dalam tubuh kita. Salah satunya adalah vitamin C. Tentunya sobat semua juga sering mendengar kata vitamin C in ya sobat beserta fungsinya dalam tubuh kita.

Nah sobat semua, adapun  materi atau pembahasan yang akan kita kaji pada ulasan berikut ini adalah  mengenai vitamin C. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Sebelum kita membahas mengenai vitamin C sobat, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai apa itu vitamin secara umum.

Adapun yang dimaksud dengan vitamin adalah suatu zat senaywa kompleks yang sangat sibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh yang lainnya. Tanpa adnaya vitamin tersebut dalam tubuh kita sobat, maka bisa dipastikan tubuh kita akan mengalami gangguan kesehatan, selain itu kekurangan vitamin juga akan berdampak pada resiko penyakit dalam tubuh kita.

Adapun  vitamn C tersebut merupakan salah satu jenis vitamin yang ada dalam tubuh kita yang karut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkan berbagai penyakit. Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya, yakni asam acrobat. Vitamin C ini tergolong vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikan bebas ekstraseluler.

Cara Kerja Vitamin C

Adapun cara kerja vitamin C dalam tubuh kita antara lain adalah sebagai berikut :

Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas, vitamin C ini merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki sifat larut air. Setelah vitamin C ini larut dalam air, maka vitamin tersebut langsung diserap ke darah saat proses pencernaan terjadi. Sel  –  sel dalam tubuh akan langsung mengambil vitamin C tersebut dari dalam darah tersebut. Jika vitamin C tersebut kebanyakn dalam tubuh, maka nantinya vitamin C tersebut akan dibuang melalui urin.

Fungsi Vitamin C Dalam Tubuh

Adapun beberapa fungsi vitamin C dalam tubuh manusia antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai vitamin yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh
  • Sebagai vitamin yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan dalam tubuh
  • Sebagai vitamin yang berfungs untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi
  • Sebagai vitamin yang berfugsi untuk menjaga antioksidan dalam tubuh
  • Sebagai vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit
  • Sebagai vtamin yang berfungsi untuk memperbaiki tingkat mood
  • Sebagai vitamn yang berfungsi untuk menurunkan serangan jantung karena berhubungan dengan kesehatan darah.

Nah sobat semua alangkah pentingnya bukan fungsi dan peranan vitamin C ini dalam tubuh manusia, untuk itu sebaiknya perhatikan kembali asupan vitamin C ini dalam tubuh anda ya sobat. Berikut ini adalah beberapa sumber dari vitamin C yang bisa anda jadikan sebagai refrensi sobat. Yuk langsung saja kita simak ulasan betikut ini sobat.

  • Buah Jeruk.
  • Buah Apel.
  • Buah Pepaya.
  • Buah Nanas.
  • Buah Melon.
  • Berbagi jenis cabe, yakni cabe merah, cabe rawi, paprika.

Sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua yang sudah membaca artikel ini mengenai vitamin C. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors