Sponsors Link

Vitamin D : Cara Kerja dan Fungsinya

Masih membahas seputar dunia kesehatan ya sobat. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, kesehatan ini adalah suatu hal yang sangat penting dalam tubuh kita. Jika badan kita tidak sehat tentunya semua ativitas kita akan terganggu. Oleh karena hal tersebutlah, kesehatan merupakan suatu hal yang mutlak yang harus kita perhatikan ya sobat.

Oke sobat semua, berbicara mengenai kesehatan, tentunya hal tersebut tidak terlepas dari yang namanya vitamin. Setuju ya sobat. Karena vitamin ini merupakan suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang bertiga atau berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan dalam tubuh.

Jika tubuh kita kekurangan vitamin sobat, maka bisa dipastikan akan terjadi suatu masalah yang tentunya berhubugan dengan kesehatan anda. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, ada beberapa jenis vitamin yang terdapat dalam tubuh kita. Salah satunya adalah vitamin D.

Vitamin D ini merupakan salah salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berperan sebagai zat yang membantu dan mendukung pembentukan struktur gigi dan tulang, sehingga dapat tumbuh dengan sempurna. Sejak masih dalam kandungan, tentunya seorang bayi sangat membutuhkan vitamin  yang satu ini, sebab sejak masih dalam kandungan tentunya pembentukan tulang dan gigi sudah dimulai.

Cara Kerja Vitamin D Dalam Tubuh Manusia

Adapun cara kerja dari vitamn D ini adalah tubuh manusia antara lain adalah sebagai berikut :

Vitamin D ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan tubuh secara optimal. Vitamin yang satu ini mutlak dibutuhkan untuk perkembangan gigi dan tulang. Vitamin yang satu ini tidak larut dalam air, namun penyerapannya dalam bentuk fosfor secara efektif dalam tubuh sehingga gigi dan tulang bisa bertumbuh secara optimal.

Fungsi Vitamin D Dalam Tubuh

Adapun beberapa fungsi vitamin D dalam tubuh antara lain adalah sebagai berikut :

1. Pencegah Kanker Payudara

Fungsi yang pertama adalah untuk mencegah kanker payudara. Dengan rajin mengonsumsi sumber makanan yang tepat dan mengandung vitamin D yang tinggi, maka bisa menghambat sel atau jaringan kanker payudara yang ada dalam tubuh seseorang.

2. Mencegah Rakhitis Pada Anak

Fungsi yang kedua adalah mencegah rakhitis pada anak. Pertumbuhan tulang pada masa anak –  anak adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan. Nah sobat semua , makanan yang mengandung vitamin D tersebut sangatlah baik untuk kesehatan tulang agar tulang pada anak anda tidak mengalami rakhitis ini. Perkenalkanlah makanan yang mengandung vitamin D ini kepada anak anda sejak dini.

 3. Menjaga Osteoporosis Pada Usia Lanjut

Fungsi yang ketiga adalah mencegah osteoporosis pada usia lanjut. Tulang yang tidak mendapat asupan vitamin D yang cukup sejak muda akan mengakibatkan osteoporosis di saat usia sudah senja.  Hal ini terjadi karena pada saat sudah berusia senja, maka aka nada penurunan fungsi dalam tubuh. Oleh karen itulah usahakan mengonsumsi vitamin d ini sejak dini ya sobat.

4. Penjaga Sistem Imun

Manfaat yang keempat dari vitamin D adalah sebagai penjaga sistem imun. Dengan rajin mengonsumsi vitamin D juga berpengaruh terhadap peningkatan sistem imun dalam tubuh manusia. Nah sobat sangat disarankan untuk memenuhi asupan vitamin D di dalam tubuh anda ya sobat.


Oke sobat, sekian informasi mengenai vitamin D yang bisa penulis sajikan buat anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors