Sponsors Link

4 Fungsi Enzim Enterokinase dan Mekanismenya

Enzim enterokinase adalah enzim yang berada di usus tepatnya di fungsi pankreas. Selain enzim enterokinase, sebenarnya ada banyak sekali enzim yang bekerja. Diantaranya enzim yang ada di usus adalah enzim maltase, enzim laktase, enzim lipase, enzim peptidase, enzim sukrase dan enzim enterokinase. Tentunya anda sekalian untuk bisa memahami setiap fungsi dari enzim yang ada di usus ini perlu mengetahui masing-masing dari fungsin enzim yang ada. Pembahasan kali ini cukup menarik karena kami akan membahas fungsi enzim enterokinase sebagai pemukaan untuk mengawali anda mengetahui enzim yang ada di usus. Berikut ini penjelasan dari fungsi enzim enterokinase yang perlu anda ketahui.

1. Aktivator Enzim Erepsinogen

Enzim erepsinogen adalah enzim yang terletak pada bagian pankreas di tubuh manusia. Cara kerja enzim erepsinogen dapat diaktifkan apabila diaktifkan oleh enzim enterokinase. Jika enzim enterokinase mengaktifkan enzim erepsinogen maka fungsi enzim selanjutnya yaitu enzim erepsin dapat bekerja. Enzim erepsin adalah enzim yang letaknya di usus halus dan berfungsi untuk mengubah pepton menjadi metabolisme asam amino. Demikian sebaliknya, enzim erepsinogen yang tidak fiaktifkan oleh enzim enterokinase maka fungsi enzim erepsin tidak dapat bekerja. Hal ini karena enzim erepsin akan bekerja fungsinya apabila enzim erepsinogen dapat bekerja aktif.

2. Aktivator Enzim Tripsinogen

Pada usus halus, tepatnya di pankreas terdapat beberapa enzim yaitu enzim lipase, enzim amilase dan enzim tripsinogen. Fungsi enzim lipase adalah mengubah emulsi lemak menjadi asam lemak. Enzim amilase mengubah amilum jadi maltosa. Sedangkan enzim tripsinogen menjadi enzim tripsin. Fungsi dari setiap enzim yang ada di pankreas ini tentunya ada yang mengaturnya. Pada enzim tripsinogen, enzim ini dapat bekerja apabila adanya aktivasi dari enzim enterokinase. Tahapan enzim enterokinase dapat bekerja sebagai aktivator enzim tripsinogen apabila

3. Pengubah Pepton

Seperti yang dijelaskan pada fungsi enzim enterokinase sebagai aktifator daripada enzim erepsinogen, enzim ini menjadi enzim yang dapat mengubah pepton. Pepeton adalah sejenis hidrolisat protein yang terbentuka dari reaksi hidrolisis protein oleh enzim protease. Oleh karena protein yang dihasilkan masih dalam bentuk yang sulit dicerna maka enzim pepton akan merubah protein menjadi asam amino. Bentuk protein menjadi asam amino menjadi mudah dicerna oleh bakteri akan membantu proses penyimpanan protein dalam tubuh. Penyimpanan protein pada tubuh sebenarnya ada 2 yaitu disimpan dalam bentuk lemak atau energi.

4. Penyerap Sari – Sari Makanan di Usus

Letak enzim enterokinase yang berada di usus menyebabkan enzim ini dan enzim lainnya berperan dalam penyerapan sari-sari makanan yang di lakukan oleh usus. Beberapa zat yang diolah pada usus yaitu polipeptida, tripeptida, dipeptida, maltosa, laktosa, sukrosa, tripsinogen dan nukleotida. Banyaknya zat yang diserap oleh usus karena bantuan enzim tentunya ada zat yang dimanfaatkan oleh tubuh. Supaya sari-sari makanan dapat diserap oleh tubuh maka proses seleksi yang dilakukan tidak hanya oleh enzim yang bekerja untuk merubah zat-zat tertentu tetapi organ pencernaan lain ikut andil dalam proses penyerapan sari-sari makanan yang dilakukan oleh enzim yang ada diusus salah satunya enzim enterokinase.


Mekanisme Enzim Enterokinase Terbentuk

Enzim enterokinase terdapat pada organ pencernaan manusia yaitu usus halus. Berdasarkan fungsinya bagian bagian usus halus membantu enzim lain sebagai aktivator enzim erepsinogen, enzim tripsinogen, pengubah sari-sari makanan dan pengubah pepton. Dari beberapa fungsi tersebut, tentunya anda penasaran bukan sebenarnya bagaimana enzim enterokinase bisa ada di dalam tubuh manusia.

Pembentukan enzim enterokinase didasari oleh sifat kerja enzim yang hanya bekerja pada reaksi tertentu sehingga struktur biomolekul pada setiap enzim berbeda-beda. Tidak hanya struktur biomolekul yang berbeda, enzim enterokinase dapat terbentuk karena ada pengaruh dari suhu dan tingkat keasaman yang berbeda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan oleh dosen biologi mengenai fungsi enzim enterokinase. Semoga dapat memberikan pengetahuan anda mengenai jenis jenis enzim pada tubuh manusia. Belajar biologi jadi asyik dan menyenangkan bersama dosen biologi.

, ,




Oleh :
Kategori : Manusia