Sponsors Link

Hormon Serotonin : Cara Kerja dan Fungsinya

Hello sobat semua yang terkasih, apa kabar sobat Semoga sobat semua dalam keadaan baik –  baik saja dan tentunya dalam keadaan berbahagia bersama keluarga tercinta ya sobat. Oke sobat semua , adapaun yang akan menjadi materia aya topik yang akan kita ulsan dalam postingan kali ini yakni mengenai salah satu jenis hormon yang ada dalam tubuh kita.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada begitu banyak jenis hormon yang berfungsi untuk mendukung kinerja organ dalam tubuh kita dan juga tentunya untuk menjaga performa tubuh kita ya sobat. Oke sobat semua, jika berbicara mengenai hormon, tentunya hal ini bukanlah suatu yang baru untuk anda ya sobat karena kita sudah pernah mengulas hal ini waktu duduk di bangku sekolah dulu.

Namun tidak ada salahnya jika kita mengulasnya kembali. Dan salah satu jenis hormon yang akan kita bahas pada artikel kali ini yakni mengenai hormon serotonin. Yuk sobat, langsung saja merapat dan mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Adapun yang dimaksud dengan hormon serotonin adalah sejenis hormon atau senyawa kimia yang berfungsi sebagai penghantar pesan ( neurotransmitter ) dari satu bagian otak ke bagian otak yang lainnya.

Serotonin yang konon memiliki nama kimia 5 – hidrokitriptamina yang memnag hal ini diduga turut berperan aktif dalam pengiriman pesan emosi, hasrat dan keinginan yang diwujudkan dalam bebrapa sikap sosial. Hormon serotonin ini sendiri dibentuk di dalma otak melalui proses biokimia yang unik.

Serotonin ini sendiri terbentuk dari trytophan yang berkomunikasi dengan trytophan  hydroxylase sebagai reactor kimia dari hormon serotonin tersebut. Meski pembentukan hormon serotonin tersebut terjadi di otak dan memang otak merupakan pengguna terbesar hormon ini, namun 90 % suoali serotonin ini ditemukan di saluran pencerhaan dan sel dalam darah. Untuk lebih jelasnya sobat, berikut ini adalah beberap fungsi dari hormon serotonin tersebut. Check It Out!

  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk mengatur kondisi atau keadaan psikologis serta mempengaruhi beberapa fungsi dalam tubuh seseorang.
  • Sebagai hormon yang berfungsi dalam otak yang mempengaruhi mood/  perasaan seseorang terhadap sesuatu atau terhadap seseorang yang lainnya yang berhubungan dengan pikiran dan perasaannya.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk mempengaruhi keinginan atau hasrat seseorang terhadap sesuatu.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk memunculkan rangsangan lapar yang dikarenakan kebutuhan akan suplai makanan dan minuman dalam tubuh anda.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk  mengatur rasa ngantuk pada diri seseorang.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk  mengatur suhu tubuh dan berperan penting dalam aktivitas memori serta dalam proses pembelajaran.

Pada saat anda merasa lapar, tentunya anda tidak knsentrasi dan cenderung cepat marah, tentunya anda pernah merasakannnya ya sobat. Nah inilah salah satu pertanda bahwasanya hormon serotonin dalam tubuh anda masih berfungsi dnegan baik. Nah sobat semua, hormon yang satu ini memiliki segudang fungsi dalam tubuh anda. Oleh  karena itu anda harus tetap menjaga kesehatan ya sobat agat tentunya hormon yang satu ini juga dalam keadaan baik –  baik saja dalam tubuh anda.


Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan buat anda mengenai hormon serotonin. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia