Sponsors Link

Hormon Melatonin : Cara Kerja dan Fungsinya

Mash membahas seputar hormon ya sobat, tidak jauh dari pembahasan yang sebelumnya. Seperti yang sudah sobat ketahui bersama, bahwasanya hormon ini sangatlah penting untuk menunjang  perkembangan tubuh kita, selain itu hormon dalam tubuh kita juga tentunya berperan penting dalam pembentukan organ –  organ yang lain yang ada di dalam tubuh kita.

Sobat semua tentunya sudah tau ya sobat, bahwasanya hormon yang terdapat pada tubuh kita terdiri atas benyak jenis, yahg tentunya memiliki berbagai jenis fungsi atau manfaat dakam tubuh kita. Nah sobat semua , salah satu jenis hormon yang terdapt pada tubuh kita dan yang akan menjadi pembahasan kita pada postingan kali ini yakni hormon melantonin.

Apakah sobat semua sebelumnya sudah mengenal jenis hormon yang satu ini sobat? Jika belum, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan ini dengan seksama. Check It Out! Adapun yang disebut dengan hormon melantonin erupakan hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal, yakni sebuah kelenjar endokrin yang kecil yang terletak di pusat otak.

Hormon melantonin ini merupakan turunan dari asam amino triptrofan, yang diproduksi pada manusia, mamalia, reptile, burung dan amfibi. Pada manusia, hormon melantonin ini berperan penting dalam mengatur regulasi siklus tidur ( yaitu ritem sirkandian ) .  Adapun produksinya sendiri dipengaruhi oelh deteksi cahaya dan gelap denagn retina mata. Adapun beberapa fungsi pentng dari hormon melantonin antara lain adalah sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan Sel

Fungsi yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan sel. Fungsi ini baik untuk membuat sel dalam tubuh kita akan tetap sehat dan akan memiliki hidup yang lama. Semakin keadaan sel dalam tubuh anda sehat, maka akan semakin baik pula kualitas sel dalam tubuh anda juga yang memang secara tidak langsung menambah usia hidup anda.

2. Sebagai Regulator Hormon Yang Lain

Fungsi yang kedua adalah sebagai regulator hormon yang lain. Hormon melantonin ini merupakan hormon yang paling handal dalam mengatur kinerja hormon yang lainnya yang ada pada tubuh anda. Oleh karena itu sobat, hormon yang satu ini dinamakan sistem regulator pusat pada tubuh manusia karena berperan sebagia konduktor dan mengatur keharmonisan pekerjaan hormon yang lainnya dalam tubuh.

3. Membantu Kelancaran Peredaran Darah

Fungsi yang ketiga adalah untuk membantu kelancaran peredaran darah. Hormon melantonin ini juga berperan dalam memperlancar aliran darah dalam tubuh anda. Semakin aliran darah anda normal, maka kemungkina terkena penyakit yang berhubungan dengan sistem regulasi juga semakin minim. Seperti terjadinya resiko struk atau penyakit jantung yang lainnya.

4. Membantu Menurunkan Temperatur Tubuh

Fungsi yang keempat adalah untuk membantu menurunkan temepratur tubuh. Pada saat anda tidur sobat, maka otomatis suhu tubuh dan temperatur juga tentunya berbeda –  beda. Kadang naik, dan kadang turun pula ya sobat. Untuk membantu menurukan temperatur tubuh tersebut, maka hormon melantonin inilah yang bekerja untuk menurukan atau menstandarkan tempertur tubuh tersebut.

5. Membantu Menurunkan Kadar Kolestrol

Fungi yang kemila adalah untuk membantu menurunkan kadar kolestrol pada tubuh anda, yang mana hormon melantonin mempertahankan kolestrol yang baik dan menguranhg kolestrol yang jahat.


Sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat anda ya sobat. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors