Sponsors Link

Hormon Steroid : Cara Kerja dan Fungsinya

Jika berbicara mengenai hormon yang terdapt dalam tubuh kita tentunya anda sudah tidak asing lagi ya sobat, karena seyogianya hormon ini sidah sangat sering kita dengar dan bahkan kita peljari waktu kita duduk di bangku sekolah dulu ya sobat. Nah buat sobat semua yang ingin mengulas kembali mengenai hormon tersebut, yuk sobat langsung saja merapat dengan penulis dan langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama ya sobat.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, ada begitu banyak jenis hormon yang terdapat dalam tubuh kita, adapun berbagia macam hormon tersebut tentunya memiliki fungsi atau peranan yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya. Namun meski demikian tentunya hormon tersebut memiliki tujuan yang sama dalam tubuh kita yakni sebagai senyawa yang berperan untuk mendukung dan  menjaga fungsi tubuh kita secara keseluruhan.

Adapun yang dimaksud dengan hormon steroid ini sobat merupakan senyawa organik yang terbuat dari turunan lemak. Steroid dalam tubuh kita sendiri dapat dikelompokkan menjadi dua jenis agtau dua kelas, yakni kortikosteroid yang paling banyak diproduksi di korteks adrenal dan seks stroid yang paling banyak di produksi di dalam organ kelmin dan plasenta.

Atau dengan kata lain steroid ini berperan aktif menjadi hormone steroid dalam tubuh kita yang apda umumnya di sintesa dari kolestrol di dalma gonad dan kelenjar adrenal. Oleh karena itulah hormone steroid ini disebut masih sebagai tururan lemak ya sobat. Keberadaan hormon steroid ini tentunya sangat berperan penting dalam tubuh kita. Adapun peranan atau fungsi dari hormon steroid tersebut dalam tubuh kita yakni sebaga berikut :

  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk pengatur dalam banyak metabolisme termasuk pembentukan glukosa dari asam amino dan asam lemak serta penyimpanan glikogen dalam hati.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan mempunyai efek anti –  inflamasi dan imun supresif.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan air dan jumlah kadar garam mineral dalam tubuh.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk yang bertugas untuk mengautr ginjal agar menyerap kembali natrium , kalium dan membuang zat –  zat yang tidak diperlukan dalam tubuh melalui urin.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk yang membantu mengatur tekanan darah agar tetap stabil sesuai dengan yang seharusnya.

Nah sobat semua, alangkah pentingnya ya sobat fungsi dari hormon steroin ini adalah tubuh kita. Selain itu sobat, hal yang perlu adan perhatikan sobat, apabila tubuh anda mengalami kelebihan hormon ini akan menimbulakn berbagai macam gejala atau masalah bagi tubuh.

Adapun gejala atau masalah yang dimaksud antara lain :

  • Menyebabkan  tekanan darha tinggi
  • Penurunan imunitas atau daya tahan tubuh
  • Kenaikn berat badan
  • Penumpukan lemak yang terlihat terutama pada bagian wajah, punggung atas serta dada
  • Pertumbuhan rambut pada wajah  bagi kaum pria, serta mengalami kebotakan pada perempuan

Namun sobat apabila mengalami keurang hormon steroid ini pun tidak bagus karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit mental serta psikologis setrta kelemahan otot dan berkurangnya konsentrasi.


Demikianlah ulasan mengenai hormon steroid yang bisa penulis sajikan buat anda ya sobat. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia