Sponsors Link

7 Fungsi Enzim Lipase pada Usus Halus

Enzim lipase adalah enzim pencernaan manusia yang mampu mengubah lemak menjadi asam lemak bernutrisi yang bisa larut dalam air yang dilakukan didalam sistem pencernaan pada sistem ekskresi yaitu berupa usus halus. Jika kadar normal enzim lipase melebihi 160 unit perliter dalam tubuh itu pertanda bahwa pankreas anda sedang mengalami kerusakan atau ketidaknormalan. Jika kadar enzim lipase lebih rendah dari 160 unit perliter berarti anda menderita penyakit crohn yaitu infeksi yang menyebabkan peradangan di saluran percernaan bagian ileum yaitu bagian paling bawah dari usus halus.

Gejala awal jika tubuh kekurangan enzim lipase

  • Nyeri pada dada
  • Mual-mual dan muntah
  • Kadar gula dalam tubuh meningkat
  • Sering buang air kecil
  • Sering kehausan
  • Otot dan persedian terasa nyeri
  • Retina pada mata berwarna pucat atau keputih putihan
  • Sakit perut yang melilit
  • Adanya pembengkakan pada limpa
  • Mata dan  bagian bagian kulit berwarna kuning (menderita sakit kuning)
  • Berat badan menurun secara bertahap
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh dan mudah terkena flu
  • Suara dari dalam usus sering terdengar
  • Menderita diare
  • Perut terasa penuh dan tidak nyaman
  • Kehilangan nafsu makan secara bertahap
  • Perut kembung
  • Kelelahan
  • Menderita penyakit prostat
  • Peradangan pada kandung kemih
  • Menderita vertigo (sakit kepala seakan berputar putar)
  • Menderita kejang otot persendian
  • Menderita kejang usus

Setelah kita mengetahui mengenai gejala awal jika tubuh kekurangan enzim lipase, kita akan menjelaskan mengenai fungsi enzim lipase pada usus halus.

Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi enzim lipase pada usus halus :

  1. Menghancurkan makanan yang mengandung lemak dan lipid untuk melindungi kantung empedu agar selalu berada pada kondisi terbaiknya.
  2. Mendukung dan mengontrol stabilitas dari sel optimal sehingga menyebabkan semua nutrisi makanan yang dibutuhkan tubuh bisa mudah masuk kedalam sel dan memperlancar sistem metabolisme yang merupakan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia.
  3. Menjaga dan menyusun elektrolit dalam jaringan tubuh agar selalu normal.
  4. Dapat menghancurkan lemak jenuh tetapi tidak mengganggu Asam lemak  Omega 3  dan Omega 6, serta berbagai vitamin didalam tubuh.
  5. Dapat menghancurkan karbohidrat yang diubah menjadi  zat energi bagi tubuh karena enzim lipase memiliki SH 1 dan SH 11.
  6. Dapat mengatur dan menyusun kandungan sintesis lemak
  7. Dapat menghancurkan lipoprotein densitas rendah dari bentukan asam lemak.

Jenis Enzim yang berkaitan dengan Enzim Lipase

 Banyak berbagian macam-macam jenis enzim yang berkaitan dengan enzim lipase yang juga akan membantu pada proses percernaan manusia dengan melakukan fungsinya masing-masing di dalam organ tubuh manusia.

Berikut adalah penjelasan mengenai jenis enzim yang berkaitan dengan enzim lipase :

1. Enzim pepsin – Dapat merubah protein agar dapat diserap dan disalurkan keseluruh jaringan tubuh dan menjadi pepton.

2. Enzim pepton – Menghancurkan protein B kompleks supaya dapat diubah menjadi molekul pepton yang lebih berguna untuk tubuh.

3. Enzim renin – Mengumpulkan protein yang ada pada produk susu agar nutrisi pada susu dapat dialirkan keseluruh bagian tubuh secara merata.

4.Enzim ptialin – Terletak didalam rongga mulut tepatnya dikelenjar ludah yang berfungsi mengatur dan menyusun zat karbohidrat menjadi guka gkukosa sebagai energi tubuh.

5. Enzim tripsin – Merubah pepton menjadi senyawa asam amino yang sederhana yaitu penyerapan protein oleh jaringan usus halus.

6. Enzim sukrase – Dapat merubah fungsi sukrosa menjadi gula glukosa dan fruktosa yang diproduksi melalui saluran getah usus halus.

7. Enzim maltase – Dapat mengatur dan menyusun maltase menjadi gula glukosa supaya dapat diproses secara kimia didalam tubuh kemudian menjadi sumber energi yang besar.

8. Enzim laktase – Dapat mengatur dan menyusun zat makanan menjadi glukosa kemudian menjadi galaktosa dan gula yang nantinya akan diterima jaringan tubuh menjadi nutrisi penting.

9. Enzim Isomaltase – Yang diproses melalui getah usus halus agar mampu menguraikan zat maltase menjadi isomaltase yang lebih sederhana

10. Enzim peptidase – Yang akan keluar bersamaan dengan getah usus halus kemudian menjadi asam amino atau protein yang siap disalurkan keseluruh jaringan tubuh.

11. Enzim Ribonuklease – Dapat menjalani proses penggandaan DNA enzim ribonuklease yang menghidrolisis RNA agar proses penyaluran nutrisi pada tubuh dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Dari sekian banyaknya enzim yang ada pada organ pencernaan, hanya fungsi enzim lipase yang menentukan keberhasilan nutrisi masuk atau tidaknya kedalam jaringan tubuh. Jika fungsi  enzim lipase dalam kondisi tidak baik maka tubuh tidak akan mendapat asupan gizi yang memadai, walaupun kita telah mengkonsumsi makanan dengan standar kesehatan empat sehat lima sempurna. Enzim lipase sangat penting dalam proses terjadinya penghancuran makanan sebelum sari sarinya diedarkan keseluruh tubuh, Hal ini disebabkan enzim lipase berada pada rongga mulut, perut dan pankreas sebelum melewati proses berikutnya pada enzim enzim yang lain.

Cara Menjaga Kesehatan pada Enzim Lipase

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan pada organ tubuh dan cara memelihara kesehatan rangka tubuh, termasuk mengenai enzim lipase yang ada di dalam organ tubuh yang berperan penting untuk membantu proses penghancuran makanan sebelum serbuk sarinya diedarkan keseluruh tubuh sehingga kita perlu menjaga kesehatan terutama untuk menjaga enzim lipase yang ada didalam tubuh.

Berikut adalah penjelasan mengenai cara menjaga kesehatan pada enzim lipase :

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B – Agar dapat memproduksi asam klorida yang menyehatkan dan melindungi enzim lipase dari kerusakan dan penurunan fungsi.

2.Mengkonsumsi buah, sayuran dan macam macam kecambah – Agar memberi energi yang besar pada tubuh agar bisa mempertahankan kesehatan organ pencernaan pada lipase.

3. Mencampurkan bahan rempah rempah pada masakan buatan sendiri – Agar dapat melancarkan dan mempercepat proses penghancuran makanan didalam sistem pencernaan dan menyehatkan enzim lipase setelahnya. misalnya lada hitam, kencur, jahe dan sebagainya.

4. Mengkonsumsi makanan tambahan dalam bentuk suplemen probiotik spektrum – Agar usus halus dapat mencerna dan memproses nutrisinya yang daapatmenghambat perkembangan infeksi jamur atau berbagai jenis bakteri.

5. Menyantap makanan dengan santai dan perlahan lahan – Agar cairan saliva dalam air liur dapat membantu nutrisi pada makanan menjadi mudah untuk diserap usus halus dan disalurkan keseluruh tubuh agar tubuh mendapatkan energi ekstra.


6. Mengkonsumsi makanan mengandung Lemak, protein, repung, gula dan serat – Agar organ yang ada pada pencernaan dapat bekerja dengan baik dan menyusun semua nutrisi  tersebut menjadi satu kesatuan untuk disebarkan keseluruh jaringan tubuh.

7. Menyantap dan mengunyah makanan dengan baik dan benar – Agar zat asam pada air liur dapat menghancurkan partikel partikel nutrisi agar mudah diserap pencernaan dan menyehatkan pencernaan itu sendiri.

8. Minumlah banyak air putih setelah selesai makan – Agar mempermudah  dan mempercepat penggilingan makanan didalam pencernaan tanpa harus mengeluarkan asam dalam jumlah banyak yang dapat mengakibatkan perut terasa penuh dan nyeri

9. Tidak menyantap makanan dalam keadaan stres atau tertekan – Agar fungsi enzim lipase dapat bekerja dengan baik yaitu secepatnya merubah lemak yang ada dalam makanan menjadi asam lemak. Dalam keadaan stres enzim lipase jadi terganggu dan lambat dalam bekerja , ini bisa mengakibatkan perut kembung.

10.Tidak menyantap makanan dalam keadaan berdiri – Agar tidak membahayakan dinding usus dan mmenyebabkan terjadinya luka dalam perut, ini diakibatkan ketika makan dalam keadaan berdiri susunan saraf dan otot sekitar pencernaan secara bersamaan mengalami ketegangan dan proses penghancuran makanan menjadi terganggu.

Menjaga dan mempertahankan kondisi enzim lipase agar tetap sehat mulailah dari yang mudah yaitu makanlah dalam posisi duduk dan santaplah dengan hati yang tenang serta tidak perlu mengunyah dengan terburu buru. Tiga syarat  paling mudah tersebut mampu menyehatkan jaringan enzim lipase setiap hari.

, , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!