Sponsors Link

5 Fungsi Enzim HCL yang Wajib Diketahui Beserta Penjelasannya

Lambung adalah salah satu organ pencernaan manusia yang berfungsi sebagai mencerna makanan menjadi bentuk yang lebih sederhana. Di dalam lambung terdapat 3 jenis enzim yaitu fungsi enzim renin, enzim pepsin dan enzim HCL. Ketiga enzim ini memiliki peranan yang berbeda – beda. Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai fungsi enzim HCL. Berikut ini penjelasan dari fungsi enzim HCL yang perlu anda ketahui.

1. Mengaktifkan Enzim

Enzim yang diaktifkan pada enzim HCL adalah enzim pepsinogen menjadi pepsin. Enzim pepsin berfungsi adalah mengubah protein menjadi pepton. Cara kerja enzim HCL untuk mengubah enzim pepsinogen menjadi pepsin dengan cara pengaturan pH pada tubuh. Pada kondisi normal, asam lambung seseorang akan memiliki ph sekitar 7.3 sampai dengan 7.5. Fungsi enzim HCL akan bekerja dalam membantu enzim pepsinogen menjadi pepsi apabila pH asam lambung berada dalam jumlah 1.8 sampai dengan 3.5. Ketika pH tidak mencapai jumlah yang diharapkan maka kerja enzim pepsinogen menjadi pepsin dalam memecah protein tidak bisa.

2. Membunuh Kuman

Kuman yang dapat dihancurkan oleh enzim HCL adalah kuman yang tidak tahan dengan kondisi asam. Kuman yang masuk dalam bagian – bagian lambung sebenarnya berasal dari makanan yang anda konsumsi. Untuk menghilangkan kuman tersebut maka enzim HCL bekerja.

3. Perbaiki Asam Lambung

Perbaikan asam lambung oleh enzim HCL terjadi apabila ada suplemen HCL yang terpakai. Proses pemakaian suplemen HCL ini perlu dilakukan hati – hati karena dosisnya dapat merusak lambung. Sebelum suplemen HCL bekerja, sebenarnya ada suplementasi lain yang bekerja untuk meragsang produksi asam lambung oleh sel tubuh yaitu suplementasi seng.

4. Bahan Penghasil Energi

Siapa sangka kalau asam lambung bisa menjadi enzim yang menghasilkan energi. Proses menghasilkan energi dari enzim HCL berasal dari hasil pencernaan dari Sukrosa. Pencernaan sukrosa akan berlanjut menjadi glukosa. Selain itu hasil energi diperoleh lagi dari pencernaan yang dihasilkan maltase. Maltase mencerna maltosa dan merubahnya menjadi 2 molekul glukosa.

5. Mencerna Makanan

Banyaknya jumlah asam lambung yang dihasilkan dari enzim HCL dipengaruhi oleh jumlah makanan yang masuk. Jika seseorang makan dalam jumlah yang banyak maka produksi enzim HCL akan lebih banyak sehingga makanan mudah dicerna. Selanjutnya, seseorang yang makan dalam jumlah yang sedikit maka akan memproduksi enzim HCL dalam jumlah sedikit sehingga jumlah enzim HCL tidak mengakibatkan sekresi yang berlebihan.


Penyakit yang Berhubungan dengan Fungsi Enzim HCL

Manfaat jenis jenis enzim pada lambung salah satunya enzim hcl sudah anda ketahui. Ternyata enzim hcl memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Namun pada sebagian orang ada yang tidak menjaga kondisi lambung tentunya memiliki kemungkinan untuk mengalami kelainan pada fungsi enzim hcl pada lambung mereka. Berikut ini penyakit yang berhubungan dengan fungsi enzim hcl yang perlu anda ketahui.

1. Hypochlorhyrdia

Hypochlorhydia adalah penyakit yang menyebabkan produksi asam lambung rendah. Pada penderitanya, hypochlorhyrdia dapat menimbulkan gejala dan tanda seperti kembung, kram, jerawat, eksim, kulit kering dan kusam, anemia, asma dan rambut rontok. Tanpa disadari orang yang menderita penyakit ini dipengaruhi oleh adanya stres kronis, infeksi H. Pylori, makan rendah nutrisi dan makan terlalu cepat.


2. Asam Lambung Tinggi

Penyakit asam lambung tinggi adalah produksi asam lambung (enzim hcl) berlebihan. Seseorang yang mengalami asam lambung tinggi biasanya akan mengalami gejala dan tanda seperti mual, lambung sakit, kulit kusam demam dan rambut rontok. Penyebab seseorang bisa memiliki kelainan ini karena kekurangan minum air, kecanduan diet yang tidak sehat, dan perut kembung.

Demikian informasi yang dapat dosen biologi sampaikan. Semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang fungsi enzim HCL. Simak terus pembahasan menarik dari dosen biologi mengenai materi menarik kami. Sampai jumpa dipertemuan selanjutnya.

, , ,




Oleh :
Kategori : Manusia