Sponsors Link

Vitamin K : Cara Kerja dan Fungsinya

Hello sobat semua yang terkasih, masih setia ya sobat dengan penulis yang juga senantiasa selalu setia dengan penulis. Pada kesempatan kali ini pembahsan kita tidak jauh berbeda dari positngan yang sebelumnya. Adapun yang akan kita bahas dalma postingan kali ini yakni mengenai vitamin.

Seperti yang sudah penulis ketahui sobat, ada beberapa jenis vitamin yang terdapat dalam tubuh kita, dan salah satunya adalah vitamin K. Oke sobat semua, jika berbicara mengenai vkitamin K, tentu ada banyak diantara anda yang tidak familiar dengan jenis vitamin yang satu ini.

Namun penting bagi anda untuk mengetahui lebih dalam mengenai vitamin K ini sobat, karena seyoginaya vitamin K berperan penting dalam menjaga berbagai organ penting dalam tubuh kita. Vitamin K ini merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki sifat larut dalam lemak. Vitamn K ini merupakan senyawa yang terdiri dari struktur kimia 2 –  metil  1-  4  naphthoquinone.

Karena larut dalam lemak, maka tubuh bisa menyimpan vitamin tersebut dalam organ hati dan juga jaringan lemak yang ada pada tubuh anda semua sobat. Vitamin yang satu ini sangat penting peranannya di dalam tubuh terutama dalam hal proses pembekuan darah dalam tubuh.

Cara Kerja Vitamin K dalam Tubuh

Adapun cara kerja vitamin K dalam tubuh antara lain adalah sebagai berikut :

Vitamin K dibutuhkan untuk dikarboksilasi dari asam glutamat menjadi asam gamma karboksiglutamat. Nah sobat, nantinya asam gamma karboksiglutamat ini nantinya akan berperan dalam pengikatan Ca2+ dan penarikan dari faktor –  faktor koagulasi golongan protombin yang konon bermanfata dalam sistem pembekuan darah dalam tubuh.

Fungsi Vitamin K dalam Tubuh

Adapun beberapa jenis fungsi atau peranan vitamin K  dalam tubuh antara lain adalah sebagia berikut :

1. Membantu Proses Pembekuan Darah

Fungsi yang pertama adalah untuk membantu proses pembekuan darah. Vitamin K ini sangat berperan penting dalam proses pembekuan darah terutama dalam proses prothrombium. Proses ini akan membantu proses pengerasan arteri akibat kekurangn vitamin K. Proses pembekuan darah tersebut akan terjadi secara terus menerus dalam tubuh melewati pembuluh darah.

2. Menurukan Resiko Pendarahan dalam Tubuh

Fungsi yang kedua adalah menurunkan resiko pendarahan dalam tubuh. Vitamin K ini juga berperan penting untuk mencegah pendarahan terutama dalam organ hati. Vitamin K ini juga bisa membantu tubuh untuk mendapatakan nutrisi ayng cukup dalam tubuh, mengurangi dampak negatif dari antibotik serta semua masalah atau visrus yang menyerang sistem pencernaan. Nah sobat semua, alangkah pentingnya bukan vitamin yang satu ini.

 3. Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes

Fungsi yang ketiga adalah untuk mengurangi resiko diabetes. Secara umum sobat, vitamin K yang masuk kedalam tubuh akan membantu proses pengaturan gula darah dan juga darah dalam tubuh anda. Bahkan vitamin K ini mampu membantu pankreas untuk menghasilakn hormon insulin yang membantu menurukan kadar gula dalam darah.

4. Mengurang Mual Pada Ibu Hamil

Fungsi yang keempat dari vitamin K adalah untuk mengurangi rasa mual yang biasanya terjadi pada ibu hamil. Ibu hamil yang masuk ke trimester pertama biasnaya mual dan muntah. Nah dengan adanya vitamin K ini mual dan muntah tersebut bisa berkurang.


Demikanlah ulasan mengenai vitamin K yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors