Sponsors Link

Fungsi Enzim Pepsinogen Terlengkap Beserta Mekanisme dan Kelainan

Enzim pepsiongen adalah enzim yang dapat berubah menjadi pepsin karena fungsi enzim ini diaktifkan oleh enzim pepsinogen. Secara singkat, enzim pepsinogen berfungsi sebagai enzim yang mengubah protein yang masuk dalam tubuh menjadi pepton. Namun fungsi enzim pepsinogen sebenarnya tidak hanya mengubah protein saja. Nah kali ini dosen biologi akan menjelaskan fungsi enzim pepsinogen selain untuk mengubah protein yang perlu anda ketahui.

1. Berubah Bentuk Menjadi Pepsin

Banyak yang mengungkapkan kalau pepsinogen adalah enzim pepsin yang belum aktif di lambung. Enzim ini mampu mengubah protein dari partikel besar menjadi partikel yang lebih kecil. Sebenarnya enzim pepsinogen ini bisa membuat rusak kondisi lambung apabila proses sekresi lendir berhenti. Oleh karena itu, pada bagian bagian lambung, ada lendir yang selalu diproduksi ketika ada enzim pepsinogen. Pada kondisi yang memungkinkan pepsinogen bisa berubah menjadi pepsin apabila  kondisi pH dibawah 4.5. Tingkat keasaman tersebut merupakah kondisi yang seseuai untuk merubah struktur ikatan pepsinogen. Dimulai dari enzim pepsinogen menjadi molekul yang rendah dengan tingkat keasaman yang rendah.

2. Pembentuk Peptida

Manfaat enzim pepsinogen adalah merubah metabolisme protein menjadi peptida. Proses perubahan protein menjadi peptida ini beriringan dengan perubahan bentuk enzim pepsinogen menjadi enzim pepsin. Proses perubahan protein menjadi peptida terjadi karena fungsi enzim hcl yang merubah enzim pepsinogen melalui cara autokatalisis. Autokatalisis adalah proses terbentuknya katalis dari hasil reaksi yang terjadi.

Fungsi katalis dari hasil reaksi adalah untuk mempercepat proses reaksi. Artinya, kerja enzim hcl dengan cara autokatalisis sangat cepat sehinggam perubahan bentuk enzim pepsinogen menjadi enzim pepsin dalam merubah bentuk protein menjadi peptida lebih cepat. Perubahan ikatan protein menjadi ikatan peptida terjadi sangat cepat karena ikatan protein mempunyai kecenderungan untuk memutuskan ikatan secara spontan apabila ada unsur air sehingga adanya energi yang terlepas selama perubahan ikatan protein menjadi ikatan peptida terjadi.

Mekanisme Terbentuknya Enzim Pepsinogen

Enzim pepsinogen sebenarnya terbentuk karena adanya kerja dari hormon gastrin. Hormon gastrin dapat bekerja karena ada sel parietal pada lambung. Sel parietal adalah sel yang terdapat pada bagian – bagian lambung yang dapat merubah kondisi tingkat keasaman dan produksi lendir pada lambung. Selain dibantu oleh kerja sel parietal, hormon gastrin pada lambung akan terbentuk karena ada hormon stimulan dan hormon inhibitor. Manfaat hormon stimulan adalah mempercepat proses terbentuknya laju rekasi pada hormon gastrin. Manfaat hormon inhibitor pada kinerja hormon gastrin adalah memperlambat proses laju reaksi hormon gastrin.

Hormon stimulan untuk hormon gastrin adalah hormon bombesin dan hormon adrenal. Hormon inhibitor untuk hormon gastrin adalah hormon somatostatin, hormon glukagon, hormon calcitonin, dan hormon sekretin. Dengan demikian, banyaknya jumlah hormon gastrin yang diproduksi pada lambung tergantung pada jumlah hormon stimulan dan hormon inhibitor.

Apabila jumlah hormon gastrin banyak maka hormon stimulan berada dalam jumlah yang banyak dan hormon inhibitor sedikit sehingga hormon gastrin dapat mempercepat proses pembentukan enzim pepsinogen. Sedangkan pada kondisi jumlah hormon gastrin sedikit maka jumlah hormon stimulan dalam jumlah yang sedikit dan hormon inhibitor banyak sehingga kerja hormon gastrin dalam membentuk enzim pepsinogen menjadi lambat.


Kelainan Enzim Pepsinogen

Seperti yang anda ketahui sebelumnya kalaun enzim pepsinogen dipengaruhi oleh kerja hormon, sel dan enzim lain yang ada di lambung. Ketika terjadi masalah pada hormon, sel dan enzim lain maka fungsi enzim pepsinogen dapat terganggu. Berikut ini kemungkinan kelainan enzim pepsinogen yang mungkin terjadi pada seseorang.

Tukak Lambung

Tukak lambung adalah kelainan pada luka pada selaput lendir di fungsi lambung karena asam lambung yang menempel pada luka. Penyebab luka bisa terjadi karena infeksi bakteri dan penggunaan obat. Munculnya penyebab ini karena lemahnya kinerja asam lambung. Dengan lemahnya kinerja asam lambung pada tubuh maka kemampuan asam lambung untuk mengaktifkan kerja enzim pepsinogen menjadi rendah.

Sekian informasi yang dapat dosen biologi berikan mengenai fungsi enzim pepsinogen sebagai salah satu jenis jenis enzim yang terdapat dalam lambung. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda. Belajar biologi jadi asyik dan menyenangkan bersama dosen biologi. Sampai jumpa dipertemuan selanjutnya.

, ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors