Sponsors Link

Hormon Oligo peptida : Penjelasan dan Fungsinya

Hello sobat semua yang terkasih, merapat yuk sobat dengan penulis karena pada postingan kali ini pembahasan kita tidak kalah menarik dari postingan yang sebelumnya. Jika pada postingan sebelumnya kita telah membahasa salahs atu jenis hormon beserta fungsinya dalam tubuh kita sobat, nah pada kesemapatan kali inipun kita masih akan membahas mengenai salah satu jenis hormon beserrta fungsinya, namun tentunya berbeda dari jenis hormon yang sudah kita bahas sebelumnya ya sobat.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasanya ada begitu banyak jenis hormon yang terdapat dalam tubuh kita, namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hormon oligo peptida. Apakah sobat semua sebelumnya sudah pernah mendengar jenis hormon yang satu ini sobat? Jika belum, yuk sobat langsing saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun yang dimaksud denagn hormon oligo peptida merupakan molekul yang terbentuk dari dua atau lebih asam amino. Peptida juga diartikan sebagai senyawa yang terbentuk dengan menghubungkan satu atau dua atau lebih asam amino dengan ikatan ovalen ( jenis ikatan kimia yang terjadi ketika atom berbagi ke electron ).

Namun sobat, jumlah asam amino yang terkandung dalam peptide tidak lebih dari 50 molekul. Jika ternyata jumlahnya lebih dari 50 molekul, maka zat tersebut disebut dengan protein. Untuk lebih jelasnya mengenai hormon oligo peptide tersebut dakam tubuh kita sobat, berikut ini beberapa fungsi dari hormon oligo peptide itu sendiri.

Adapun fungsi hormon oligo peptida dalam tubuh manusia, tergantung pada jumlah asam amino yang ada didalamnya. Beberapa diantaranya dapat mengatur hormon, dimana fungsinya sebagai pemabwa sinyal antara kele njar ke sel – sel yang lainnya. Seperti pengatur tidur atau gula darah.

Selain itu, ada juga hormon oligio peptida yang berfungsi sebagai antibiotik. Namun secara umum sobat, berikut ini adalah fungsi dari hormone ligo peptida tersebut dalam tubuh kita, antara lain :

  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk mempercepat reaksi –  reaksi kimia yang ada di dalam tubuh sebagai biokatalis.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk mengangkut berbagai jenis gas dalam tubuh. Seperti jenis protein yang membangun hemoglobin yang berada di dalam sel –  sel darah merah ( eritrosit ) .
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk pembentukan tubuh dengan cara menggabungkan lemak dan zat anorganik. Misalnya fosfor menjadi fosfolipid.
  • Sebagai hormon yang berfungsi sebagai antibodi untuk melawan zat – zat asing yang masuk ke dalam tubuh.
  • Sebagai hormon yang berfungsi sebagai sumber energi jika karbohidrat sedang mengalami kekurangan atau karena aktivitas otot terlalu aktif.

Salah satu jenis oligo peptide dalam tubuh kita adalah polipetida yang merupakan nama lain dari protein. Protein ini sendiri terdiria ats asam amino asam amono yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan ikatan peptida membentuk diri sehingga menyerupai seperti rantai. Proten merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh manusia karen ammepunyai peranan penting dalam penyusunan tubuh makhluk hidup khususnya manusia.


Demikianlah sobat ulasan yang bisa penulis sampaikan buat sobat semua apda kesempatan kali ini me ngenai hormon olige peptida. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors