Sponsors Link

Fungsi Lekukan Diantara Hidung dan Bibir Pada Tubuh Manusia

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, bahwasannya tubuh kita memiliki berbagai bagian bagian kecil yang mana bagian tersebut tidak terlalu kita perhatikan fungsi dan manfaatnya dalam tubuh kita sendiri.

Jika bagian bagian yang besar tentunya kita pasti tahu fungsinya untuk apa, namun untuk bagian yang kecil – kecil tersebut tidak selalu kita perhatikan dan bahkan mungkin tidak tau apa saja fungsinya dan bahkan namanya.

Nah sobat, salah satu bagian kecil yang dimaksud tersebut terletak pada bagian antara hidung dan bibir anda. Untuk mengetahuinya, silahkan anda berkaca maka anda akan menemukan lekukan yang terletak diantara hidung dan bibir anda.

Memang maha besar sang pencipta yang sudah menciptkan wajah dan tubuh kuat sedemikian rupa sehingga tubuh kita terlihat sempurna begitupun dengan wajah kita tentunya. sebab biologis kita lahir dengan wajah yang saat ini dimiliki bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Nah sobat semua, untuk mengetahui lebih lengkap mengenai lekukan diantara hidung dan bibir tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Nama Lekukan Diantara Hidung dan Bibir Pada Tubuh Manusia Tersebut?

Mungkin memang tidak banyak yang mengetahui nama lekukan yang dimaksud  tersebut, apalagi fungsinya. Nah sobat, adapun nama dari lekukan tersebut adalah “ filtrum “.

Meski tergolong berukuran kecil, namun lekukan disebut dengan sebuah organ yang bernama filturm tersebut. Filtrum atau yang memiliki bahasa latin philtrum atau oreng ini adalah lelukan yang berbentuk vertikal di bagian tengah bibir atas.

Lekukan ini sendiri seringkali tak kita sadari akan keberadaan dan fungsinya, karena secara kasat mata lekukan ini terlihat seperti satu  kesatuan dengan bibir, namun sekali lagi penulis jelaskan bahwasannya lekukan tersebut adalah salah satu organ kecil yang bernama Filtrum tersebut. fungsi saraf simpatik dan parasimpatik bisa anda jadikan sebagai sumber informasi tambahan.

Pada umumnya, filtrum ini dimiliki oleh mamalia yang memanjang dari bawah hidung hingga ke bagian tengah bibir atas. Bersamaan dengan kelenjar rhinarium dan juga lubang hidung ( nostril ), filtrum ini diyakini sebagai kondisi primitive bagi mamalia secara umum.

2. Apa Saja Fungsi Nama Lekukan Diantara Hidung dan Bibir Pada Tubuh Manusia Tersebut?

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari filtrum tersebut, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Adapun filtrum pada kebanyakan mamalia adalah alur sempit yang mampu membawa uap air dari mulut ke rhinarum atau bantalan hidung melalui kapiler untuk menjaga hidung agar tetap basah.  Karena bantalan hidung yang basah mampu memerangkap partikel abu dengan lebih baik jika kita bandingkan dalam kondisi kering. Hal tersebut akan membantunya dalam meningkatkan fungsi penciuman tentunya.
  • Memperbaiki bentuk wajah adalah fungsi lain dari pada filtrum tersebut. Mengapa dikatakan demikian? Karena pada saat filtrum ini tidak sempurna membentuk lekukan dalam wajah kita, maka wajah kita akan terlihat aneh layaknya primata yang memang terlihat sempurna. Selain itu sobat, hal yang lainnya yang bisa terjadi oleh karena ketidak sempurnaan filtrum ini adalah bisa menyebabkan kelahiran bibri sumbing, yang mana kita tau kondisi seperti ini adalah kondisi cacat fisik yang tak diinginkan oleh siapapun.

Nah sobat, sekarang anda sudah mengerti bahwasannya lekukan tersebut bernama “ filtrum “ yang memiliki fungsi dan peranan yang sangat vital  bagi tubuh terutama dalam wajah kita. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia