Sponsors Link

6 Fungsi Rangka Secara Umum Paling Lengkap

Fungsi rangka secara umum. Nah sobat semua, apakah sobat sudah mengerti fungsi sistem rangka manusia secara umum dalam tubuh anda? Jika belum ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena pada kesempatan kali ini penulis akan membahas dengan lengkap mengenai fungsi rangka secara umum. Yuk sobat, mari manfaatkan waktu luang anda untuk membaca artikel yang dapat menambah wawasan. Check It Out !

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasanya rangka manusia terletak di dalam tubuh. Adapun pengertian rangka secara umum adalah rangkaian tulang yang saling berhubungan secara teratur dan membentuk tubuh manusia. dapat dikatakan sebuah rangka jika terhubung satu dengan yang lainnya adalah karena adanya peran sendi yang digerakkan oleh mekanisme kerja otot. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahawasanya ranak tubuh biasanya disebut dengan endoskeleton, yaitu rangka yang terdapat dalam tubuh manusia dan dibungkus oleh daging atau otot.

Ranga tersebut akan saling bekerja sama yang membentuk sebuah sistem rangka. Sistem rangka itu sendiri adalah satu kesatuan yang memberikan dukungan berupa dukungan fisik yang disusun oleh sejumlah tulang. Sistem rangak itu sendiri terdiri atas tiga bagian, yaitu tipe eksternal, internal dan basic cairan ( rangak hidrostatik ).

Adapun fungsi rangka dalam tubuh manusia sangatlah memiliki fungsi yang sangat vital dan penting. Secara garis besar, rangka tersebut berfungsi untuk menegakkan tubuh. Namun bukan hanya itu saja sobat, masih banyak lagi fungsi – fungsi rangka dalam tubuh manusia. Berikut ulasannya secara lengkap untuk anda :

1. Menegakkan Tubuh Dan Memberikan Bentuk Tubuh

Misalnya susunan tulang manusia, seperti tulang belakang dan tulang kaki berfungsi menegakkan tubuh dan tulang –  tulang tengkorak, dan bagian depan berfungsi sebagai menentukan bentuk wajar. Nah sobat, bentuk wajah anda tidaklah terlepas dari rungsi rangka ini ya.

2. Pelindung Alat – Alat Tubuh Yang Penting Dan Lunak

Misalnya, tulang – tulang penyusun rongga dada yang berfungsi untuk melindungai jantung dan paru –  paru serta tulang –  tulang tengkorak yang berfungsi untuk melindungi kepala dan bola mata.

3. Tempat Melekatkan Otot –  Otot

Perlu anda ketahui sobat, bahwasanya tanpa adanya rangka, maka otot – otot rangka tidak akan mempunyai tempat untuk melekat. Misalnya saja, otot bisep yang terletak pada lengan, ujung atsanya melekat pada tulang belkat dan tulang lengan atas, sedangkan ujung bawahnya melekat pada tulang pengumpil.

4. Tempat Pembuatan Sel – Sel Darah Merah

Rangka pada tubuh manusia juga berperan sebagai tempat pembentukan komponen darah seperti halnya sel – sel darah merah dan sel darah putih. Pembentukan sel seperti ini terdapat pada tulag pipa dan tulang paha yang ada dalam tubuh manusia.

5. Tempat Sum – Sum Kuning

Fungsi rangka dalam tubuh manusia yang lainnya adalah sebagai tempat pembentukan sum –  sum kuning yang mengandung sel lemak, yang biasanya terdapat pada tulang pipa paha.


6. Sebagai alat Gerak

Yang tidak kalah penting dari kesemua fungsi rangka tersebut adalah sebagai alat gerak. Manusia tidak akan bisa bergerak dan bebas melakukan aktiviatsnya tanpa adanya rangka ini.

Oke sobat semua, sampai disini dulu pembahasan artikel mengenai fungsi rangka secara umum pada tubuh manusia dalam kesempatan kali ini. semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat yang sudah membacanya. Sampai ketemu diartikel selanjutnya. Salam hangat, sampai jumpa.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia