Sponsors Link

Hormon Dhydroepiandrosterone : Cara Kerja dan Fungsinya

DHEA (dehydroepiandrosterone) adalah steroid. Walaupun beberapa studi menunjukkan keamanan dan tolerabilitas, penggunaan yang tidak tepat atau berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang termasuk iritabilitas, kemarahan, agresivitas, insomnia dan peningkatan pertumbuhan rambut.

Mungkin juga menekan haid, penurunan kadar HDL (“Bagus”) kolesterol, mengubah peraturan glukosa darah, mengganggu fungsi hati dan menyebabkan jerawat. Berbagai kelenjar memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan keseluruhan dari individu. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai hormon DHEA (dehydroepiandrosterone), manfaat dan cara kerja hormon DHEA (dehydroepiandrosterone), langsung saja kita simak artikel dibawah ini.

DHEA (dehydroepiandrosterone) apakah hormon steroid yang diproduksi secara alami dalam tubuh? DHEA adalah hormon manusia orangtua yang digunakan sebagai prekursor hormon tertentu DHEA diproduksi terutama di kelenjar adrenal, tapi itu memerlukan DHEA sebagai prekursor langsung.

DHEA dan steroid lainnya memodulasi ciri-ciri seks, peradangan, pertumbuhan, peradangan, metabolisme, sistem imun dan berbagai fungsi tubuh dan otak lainnya. DHEA suplemen kadang-kadang digunakan untuk anti-penuaan, binaraga, kesehatan seksual dan lebih. Sementara beberapa studi menunjukkan manfaat, Ada juga potensi efek samping jika hormon ini digunakan tidak semestinya.

Peran DHEA

DHEA adalah androgen adrenalin yang biosynthesized dari kolesterol melalui tindakan dua enzim sitokrom P450. Berikut ini terdapat peran dari DHEA, antara lain :

  • Pertama, kolesterol diubah menjadi DHEAS oleh P450SCC (sisi jaringan pembelahan).
  • Kemudian, DHEAS diubah menjadi 17-alpha-hydroxypregnenolone, dan akhirnya untuk DHEA oleh CYP17A1.

Fungsi DHEA

Di bawah ini beberapa fungsi DHEA diantaranya :

  • Untuk menghambat efek penuaan.
  • Mempromosikan berat badan dan pemeliharaan berat badan sehat.
  • Meningkatkan gejala RA (rheumatoid arthritis).
  • Meningkatkan kinerja kognitif dan meningkatkan disfungsi seksual.

Hal ini digunakan secara medis untuk depresi, Alzheimer, Parkinson, skizofrenia, SRA (sindrom kelelahan kronis) dan IBS (sindrom iritasi usus). Daftar ini tidak lengkap. DHEA tersedia sebagai suplemen OTC di AS dan Inggris. Di Kanada dan Australia, Hal ini hanya tersedia secara legal dengan resep. Atlet profesional berbagai telah ditangguhkan untuk menggunakan DHEA sebagai penambah kinerja.

DHEA dosis 200 mg sehari-hari telah digunakan dengan aman untuk hingga 24 Minggu. 400 dosis harian mg juga telah aman untuk selama 8 Minggu. Ini merupakan hormon jenis steroid. Hormon ini letaknya diproduksi pada  ginjal, testis serta ovarium. Hormon ini memegang peranan penting dalam penentuan jenis kelamin.


Jadi fungsi utama dari hormon ini adalah untuk menentukan jenis kelamin bayi sebelum lahir atau prenatal. Selain itu hormon ini berfungsi dalam merangsang banyaknya androgen pada perempuan, dan juga merangsang pubertas pada lelaki normal serta DHEA membantu membalikkan efek katabolik kortisol dalam sistem.

Itu memfasilitasi pemulihan dari akut stres seperti ketegangan mental, aktivitas fisik yang berlebihan dan kurang nyenyak. Mengambil DHEA suplemen dapat membantu untuk meningkatkan fokus mental, energi fisik dan mental, kualitas tidur dan keseluruhan vitalitas. DHEA juga membantu mengurangi gejala PMS (sindrom pramenstruasi).

Beberapa dampak negatif dari rendah tingkat DHEA termasuk: libido rendah, kelelahan fisik, mata kering dan kulit, depresi, suasana hati, gangguan memori, disfungsi ereksi, kerontokan rambut kemaluan, atrofi otot, nyeri persendian pada manusia dan tulang, insomnia, kepekaan terhadap kebisingan dan/atau stres kronis tinggi.

DHEA merupakan prekursor hormon steroid yang penting bagi kesehatan di berbagai tingkatan. Kedua bahan kimia ini turun secara signifikan dengan peningkatan usia. Namun, ada cara alami mempertahankan tingkat optimal. Diet sehat, latihan sehari-hari dan pengentasan stres merupakan faktor kunci.


Seperti dengan semua bahan kimia otak dan tubuh, DHEAS dan DHEA endogenously dihasilkan dari bahan baku tertentu. Ini termasuk asam amino, Vitamin, enzim dan mineral. Meningkatkan asupan protein tinggi, Makanan rendah gula membantu untuk memastikan ketersediaan nutrisi.

Demikian penjelasan mengenai manfaat dari hormon DHEA (dehydroepiandrosterone) semoga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dan membantu meningkatkan kesehatan masyarakat. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia