Sponsors Link

Hormon yang Berpengaruh untuk Menentukan Berat Badan Manusia

Bagi kaum wanita, kera sekali menginginkan bentuk tubuh yang ideal alias bebas dari lemak yang bergelambir, namun sebaliknya sangat doyan sekali makan. Hal seperti ini terjadi pada banyak kaum hawa yang menginginkan berat badannya namun tak diiringi dengan usaha yang seharusnya. Sobat semua juga tentunya menginginkan hal seperti ini ya sobat hehehe. asupan makanan untuk meningkatkan hormon pembakar lemak tentu harus diketahui wanita ya sobat.

Berbicara mengenai berat badan tersebut sobat, ada hal yang harus anda ketahui. Yakni bukan hanya berbicara mengenai jenis makanan yang kita konsumsi untuk menjaga berat badan yang ideal tersebut, namun ada hormon yang berperan penting dalam proses penurunan berat badan tersebut lepas dari fungsi lemak bagi tubuh manusia.

Ada yang jumlahnya harus dikurangi, dan sebaliknya ada pula jenis hormon yang harus ditingkatkan jumlahnya dalam tubuh kita agar bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal tersebut. metabolisme lemak dalam tubuh memang dipengaruhi hormon. Lantas hormon apa saja yang dimaksud Hormon yang Berpengaruh untuk Menentukan Berat Badan Manusia, Yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Ghrelin

Jenis hormon yang pertama adalah ghrelin. Adapun hormon ghrelin ini diproduksi dalam perut dan bekerja sama dengan otak untuk memberi sinyal lapar. Usaha mengurangi kalori dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, maka anda juga sebaiknya mengurangi

jumlah hormon ini dalam tubuh dengan cara berolahraga dengan intensitas yang tinggi seperit aerobic, kickboxing atau juga bisa jogging bisa menurunkan jumlah hormone ghrelin ini dalam tubuh anda. Itulah sebabnya sobat, latihan fisik merupakan kunci utama dalam menghilangkan lemak dan menjaga berat badan anda agar tetap ideal.

2. Leptin

Jenis hormon yang kedua adalah leptin. Hormon ini akan dilepaskan oleh sel –  sel lemak. Hormon leptin ini sendiri akan berinteraksi dengan otak, agar memerintahkan tubuh untuk mengonsumsi makanan lebih sedikit dan membakar lemak atau kaori lebih banyak. Semakin banyak lemak yang tubuh anda miliki, maka akan semakin besar pula jumlah leptin yang dilepaskan kondisi seperti ini disebut dengan resistence.

3. Insulin

Jenis hormon yang ketiga adalah insulin. Insulin memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh anda, dimana hormon ini diperlukan untuk proses pemulihan pasca olahraga, pembentukan otot, menjaga kadar gula dalam darah secara optimal. Namun, ketikan

asupan karbohidrat terlalu tinggi, maka insulin ini akan berubah menjadi “ menggila “ dalam tubuh, yang bisa menyebabkan penghambatan pemecahan dan pembakaran lemak yang bertumpuk. Agar hormon insulin dalam tubuh anda bekerha maksimal untuk mengurangi lemak dalam tubuh anda, maka konsumsilah karbohidrat yang berasal dari sayur dan juga buah –  buahan.

4. Glucagon

Jenis hormon yang keempat adalah glucagon.  Adapun hormone glucagon yang satu ini memiliki cara kerja yang berbanding terbalik dengan hormon insulin. Jika hormon insulin menyimpakn karbohidrat dan membentuk lemak, maka hormon glucagon ini akan bertanggung jawab untuk menghancurkan lemak dan karbohdrat tersebut, hormon glucagon ini akan melepaskan lemak tersebut dalam bentuk energi.


5. CCK

Jenis hormon yang kelima adalah CCK. Hormon CCK ( Cholecystokinin ) ini dilepaskan dari sel usus pada saat anda maka lemak atau protein. Namun CCK ini tidak hanya menetap di usus, namn CCK ini juga akna bekerja sama dengan system saraf untuk memperlambat proses pencernaan.

Itulah sobat beberapa jenis hormon yang berperan penting pada pembentukan berat badan anda. Semoga ulasan tersebut diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya. Sampai jumpa, dalam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia