Sponsors Link

Hormon Reproduksi Pria

Anda seorang pria? Nah sobat, tentuya anda harus mengetahui beberapa jenis hormon manusia yang berperan penting untuk reproduksi anda.  Hormon reproduksi pada pria dan jaga perempuan tentunya berbeda terlebih dengan hormon yang berkaitan dengan reproduksi dan seksualitas pria.

Hormon khusus pria berperan sebagai pekerja kasar yang “ mungil “ namun juga berenergi besar di dalam tubuh seorang pria sebagaimana hormon lain seperti hormon dalam sistem eskresi . Mereka akan menentukan, menjaga karakteristik fisik, perilaku, reprosuksi, perkembangan dan juag fisik seorang pria. Hormon ini memang berukuran kecil namun jangan salah sobat, pengaruhnya sangat besar terhadap kehidupan pria .

Lantas apa saja jenis sistem hormon pada manusia yakni pada reproduksi pria tersebut? Yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Hormon Pelepas Gonadotropin ( GnRH )

Adapun hormon yang satu ini dikenal dengan hormon utama pada pria atau “ masternya “ hormon pada tubuh seorang pria. Adapun hormone GnRH ni dilepaskan oleh kelenjar hipotalamus.  Fungsi homon GnRH ni sendiri adalah untuk menstimulasi pelepasan dua hormon

pria yang lainnya yang juga memiliki peran dalam tubuh dan reproduksi pria, yaitu hormon LS dan juga FSH.  Selain itu sobat,  hormone GnRH ini akan berperan untuk mengontrol sperma dan mengatunya lewat testosteron. Homon yang  satu ini termasuk hormon yang memiliki peranan paling penting dan sistem reprosuksi pria.

2. Hormon Penstimulus Kantomg ( FSH )

Hormon FSH ini dilepaskan oleh kelenjar pituari atau yang kita sebut dengan hipofisis anterior. Ia dilepaskan sebagai repson dari stimulasi pituari anterior oleh Gnrh tersebut. Adapun fungsi dari hormone GnRH ini akan menstimulasi produksi sperma , membantu testosteron di dalam testis, serta menstimulasi sel –  sel sertoli untuk melakukan spermatogenetis ( perkembangan sel sperma ) .

3. Hormon Luteinasi ( ICSH )

Tidak jauh berbeda dari hormone pada pria yang lainnya, hormon ini diepaskan oleh kelenjar pituari atau hipofosis anterior. Hormon ICSH ini nantinya akan memicu produsi testosteron oleh sel interstitial testis serta menstimulasi sel leydig dalam prosesnya. Seetalah testosteron terbentuk, maka pada akhirnya ia juga akan mendorong aagr testosterone bisa terlepas dari testis pada tubuh pria.

4. Hormon Inhibin

Adapun hormon inhibin ini diprosuksi oleh sel sertoli pada testis, hormon inhibin ini akan menjaga kesehatan dan kematangan sperma pada pria. Hormon ini akan dilepaskan dari testis ketika tingkat sperma sudah tinggi.  Ia akan mengatur produksi sperma serta menjaga konsentrat hormon pria tetap di titik yang konstant.

. Hormon Testosteron

Adapun hormon testosterone ini merupakan hormon yang disebut sebagai hormon utama pembetuk karakteristik pria. Hormon ini sendiri diproduksi oleh testis pria.  Hormon ini nantinya akan mendukung perkembangan karakteristik seksual pada pria. Selain itu, hormon testosterone ini juga akan membantu menstimulus spermatogenesis dengan bantuan hormon FSH pada tubuh pria tersebut.


Dan pada akhirnya akan membuat perkembangan organ seksual apda pria menjadi lebih sehat dan lebih sepadan dengan bantuk atau bobot tubuhnya. Yang tidak kalah penting lainnya, hormon testosterone ini juga adalah hormon yang mengatur hasrat seksual atau libido pada pria.

Itulah beberapa jenis hormon reproduksi pria yang bisa anda jadikan sebagai pedoman khususnya buat anda pria. Semoag ulasan diatas bisa bermanfaat dan memberi wawasan luas kepada anda. Sampai jumpa diartikel selanjutnya. Salam hangat selalu.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors