Sponsors Link

Hormon Oktitosin : Penjelasan dan Fungsinya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, di dalam tubuh kita tentunya ada begitu banyak jenis hormon yang bekerja sama satu dengan yang lainnya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Semua jenis hormon yan terdapat pada tubuh kita tersebut tentunya memiliki peranan sebagai hormon manusia di setiap organ tubuh

dan fungsi masing –  masing namun tentunya memiliki hubungan satu dengan yang lainnya. Nah sobat pada kesempatan kali ini kita  akan membahas salah satu hormon yang terdapat pada tubuh kita, yaitu hormon oktutosin. Untuk ulasan selengkapnya mengenai hormon oksitosin tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama sebagai informasi mengenai hormon yang berperan penting dalam persalinan wanita.

1. Apa Itu Hormon Oktitosin

Adapun hormon oktitosin tersebut merupakan hormon yang sangat penting dalam proses kelahiran.  Oktitosin sendiri berasal dari bahasa Yunani,  yang berarti kelahiran cepat.  Selain itu, hormon oktitosin ini sendiri dikenal juga dengan nama pitosin, atau juga dengan nama sintosinon yang mencegah penyebab kelainan genetik.

Hormon oktitosin ini dikenal sebagai hormon yang berperan penting atau hormon yang membantu meningkatkan kontraksi yang mempengaruhi ritme jantung manusia yakni otot rahim sehingga akan mempermudah proses kelahiran bayi.  Oleh karena itulah sobat, untuk ibu hamil yang sudah dekat dengan masa bersalinnya, sangat membutuhkan hormon oktitosin yang satu ini.

Pelepasan hormon oktitosin dirangsang oleh beberapa faktor, salah satunya ialah peradangan vagina atau serviks serta juga menyusui. Dalam kondisi yang demikian, akan merangsamg hipotalamus untuk mensekresikan neurotransmitter ( senyawa pembawa pesan )

kepada pituari posterior untuk mensekresikan hormon oktitosin tersebut. Akibatnya, dengan konsentrasi oktitosin tersebut yang tinggi dalam darah. Selain itu, hormon oktitosin ini juga akan membantu sekresi pada sel –  sel kelenjar susu.  Lantas apa saja peranan atau fungsi hormon oktitosin tersebut? Berikut ulasannya untuk anda. kelainan uterus pada wanita tidak berhubungan dengan hormon oksitosin ya sobat, semua wanita memilikinya.

2. Apa Fungsi Hormon Oktitosin Tersebut?

  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu kontraksi otot uterus
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk merangsang sekresi susu dari kelenjar susu
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk meredam stress dan juga perasaan cemas
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk meningkatkan libido seks
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk menimbulkan perasaan senang, bahagia dan juga simpati.

Itulah sobat beberapa ulasan mengenai fungsi hormon oktitosin untuk anda. Namun selain itu, maka kita juga akan membahas mengenai cara kerja dari hormon oktitosin tersebut. Berikut ulasannya untuk anda.

3. Bagaimana Cara Kerja Hormon Oktitosin Tersebut ?

Seperti yang sudah disonding diatas sobat, bahwasanya hormon oktitosin ini berperan untuk merangsang sekresi susu dan kelenjar susu. Prolaktin akan merangsang prosuksi air susu dalam kelenjar mamae ( susu ) , sementara ini hormon oktitosin ini akan membantu proses pengeluaran air susu tersebut dari kelenjar susu ( mamae glad ) sehingga proses pengeluaran susu akan lebih mudah dari yang sebelumnya.


Sementara itu, hormon oktitosin ini juga dapat membantu ibu yang mengalami kontraksi otot uterus yang lambat serta memmbantu pengeluran air susu. Hipotalamus sendiri juga merupakan pusat kontrol dari emosi ketika kita merasakan emosi yang [ositif ( senang, gembira ) yang nantinya akan merangsang hipotalamus untuk memerintahkan pituary untuk mensekresikan hormon oktitosin tersebut.

Demikian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Terima kasih buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini, semiag bermanfaat. Sampi jumpa, salam hangat selalu.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors