Sponsors Link

Hormon Inhibin : Penjelasan dan Fungsinya

Tidak usah ditanyakan lagi ya sobat, tentunya anda sudah mengetahui bahwasanya di dalam tubuh kita terdiri atas beberapa hormon yang berbeda – beda satu dengan yang lainnya namun tentunya memiliki peranan yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya pula. Untuk itulah sobat pernanan dari hormon tersebut sangatlah penting untuk mendukung proses pertumbuhan dan juga perkembangan tubuh kita secara kesuluruhan. Setuju ya sobat?

Salah satu jenis hormon yang terdapat dalam tubuh kita yang juga tentunya memiliki masing – masing peran penting dalam tubuh kita adalah hormon inhibin. Jenis hormon yang satu ini memang tidak sepopuler hormon manusia yang lainnya, namun meski demikian sobat, hormon yang satu ini juga tak kalah penting dari jenis hormon yang lainnya di dalam tubuh kita.

Pada umunya, hormon inhibin ini adalah jenis hormon yang berperan penting terhadap sistem reproduksi manusia. Hormon inhibin  ini sendiri adalah peptida yang diprosuksi oleh ovarum, testis, hipofisis, dan juga plasenta yang nantinya akan mempengaruhi gonadotropin dalam tubuh. Untuk itulah sobat, hormon inhibin ini sangat berperan  untuk sistem reproduksi tersebut.

Beriktut ini adalah beberapa fungsi dari hormon inhibin tersebut, yakni sebagai berikut :

  • Sebagai hormon yang mempunyai fungsi untuk membantu menurunkan fungsi gonadotoprin, yakni sejenis hormon yang diproduksi oleh aktivtas sel pada ovarium dan testis yang mana hormon gonadotropin tersebut sangat berperan dalam hal kesuburan sistem reproduksi wanita dan juga pria.
  • Sebagai hormon yang mempunyai fungsi untuk membantu mengoptimalkan jumlah darah wanita hamil dan dan juga untuk melihat apakah bayi dalam kandungannnya tersebut mengalami sindrom down.
  • Sebagai hormon yang mempunyai fungsi untuk membantu mengatasi masalah sistem reproduksi pada wanita dan juga pria.

Pada saat seseorang mengalami kekurangan atau masalah pada kromosom, maka bisa melakukan tes inhibin A. Adapun tes inhibin A ini dilakukan untuk mengukur jumlah hormon di dalam darah wanita hamil dan untuk melihat apakah bayi yang ada dalam kandungannya tersebut mungkin mengalami masalah seperti layaknya “ syndrome down “.

Ihibin A ini sendiri dibuat oleh plasenta selama menjalani kehamilan.  Kadar inhibin A dala darah tersebut nantinya akan digunakan dalam “ maternal serum quadruple screening test “.  Biasanya hal seperti ini akan dilakukan pada 15 dan 20 minggu , sehingga dengan melakukan tes inhibin ini kita juga bisa mngetahui kadar empat zat dalam darah wanita hamil yang tentunya sangat berpengaruh terhadap kehamilnnya dan juga kandungannya tentunya.

Adapun yang di tes pada saat melakukan tes inhibin A tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Untuk memeriksa alpha – fetoprotein ( AFP ) dalam tubuh seseorang.
  • Untuk memeriksa human choironic gonadotropin ( hCg ) dalam tubuh seseorang.
  • Untuk memeriksa sejenis estrogen ( unconjugated , estriol, atau uE3 )  dalam tubuh seseorang.
  • Untuk memeriksa kadar hormon inhibin tersebut dalam darah.

Sebelum anda melakukan tes ini tentunya anda terlebih dahulu memeriksa keadaan anda kepda dokter, sehingga dokter bisa memberikan rekomendasi kapan anda akan menjalani test inhibin A tersebut.


Demikian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan buat anda semua pada postingan kali ini mengenai hormon inhibin beserta penjelasan dan fungsinya. Terima kasih buat sobat yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa memperluas wawasan anda tentunya. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya sobat, tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik lainnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar