Sponsors Link

Ritme Jantung Manusia

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, jantung merupakan salah satu komponen atau organ yang terdapat dalam tubuh kita yang memiliki peranan penting dan vital dalam tubuh manusia. Adapun jantung tersebut terletak di rongga dada, yang diselaputi oleh sutau membran pelindung yang disebut dengan pericardium.

Otot jantung memiliki fungsi dan fungsi ini ini sendiri adalah bertugaas untuk memompa darah keseluruh bagian tubuh manusia. Oleh karena itulah ya sobat, jantung ini memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh, karena jika terjadi masaah pada jantung seseorang, maka bukan hanya jantungnya saja yang akan bermasalah, namun semua anggota tubuhnya akan merasakannya, dan apabila penyakit jantung seseorang sudah kronis, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kematian.

Berbicara mengenai mekanisme kerja jantung, tentu kita mengenal kata “ rime jantung “ . Setuju ya sobat. Adapun ritem jantung tersebut merupakan buni detak jantung seseorang yang dihitung berdasarkan satua menit. Adapun ritme jatung seseoramg tenunya berbeda dari yang lainnya.

Hal ini bisa dibedakan dari segi umur, dari segi kesehatan dan juga dari segi bentuk badan seseorang. Pada umunya, semamin tinggi usia seseorang, maka ritme jantungnya akan semkain menurun, hak ini dikarenakan menurunnnya fungsi dari organ tubuh itu sendiri lain halnya dengan kelainan jantung pada manusia.

Nah sobat, lantas bagaimana cara kerja dari Ritme Jantung Manusia tersebut? Berikut ini ulasannya untuk anda.

1. Apabila anda sedang berolahraga atau sedang bersemangat, maka detak jantung atau ritme jantung anda akan cenderung meningkat, guna untuk menyediakan anda lebih banyak oksigen keseluruh tubuh, dimana pada saat ini anda akan membutuhkan banyak energi.  Namun dismaping itu sobat, jika detak jantung anda terlalu tinggi, itu artinya anda terlal memaksa intensitas aktivitas fisik anda.

2. Apabila anda sedang beraktivitas secara normal, atau sedang bersantai, maka detak jantung anda pun akan normal. Begitupun dengan ritme jantung anda, akan berdetak normal pula. Paa umumnya, ritme jantung yang paling maksimum adalah 220 dikurnahgi usia anda.

Idealnya, angka ritme jantung anda harus berada diantara 50 sd 85 % dari total detak janutng maksimum anda. Denyut jantung selama kegiatan fisik yang moderat atau sedang berkisar antara 50 sd 69 % dari detak jantung maksimum anda, sedangkan denyut atau ritme jantung selama aktivitas fisik adalah akan meningkat yakni 70 sd 85 %.

Anda juga bisa menghitung sendiri ritme jantung anda sobat, agar anda mengetahui apakah ritme jantung anda sehat atau tidak.

  • Tempatkan ujung telunjuk dan jai tengah tangan kanan di sisi telapak pergelangan yangan kiri ( atua sebaliknya ) , tepat dibawah pangkal jempol.
  • Tekan dengan lembut jari anda sampai anda merasakan denyut nadi dibawah jari anda. Anda mungkin perlu memindah – mindahkan jari ke sekitarnya sampai anda benar –    benar merasakan denyut.

  • Hitung denyut nadi anda hingga 15 menit. Kalikan hasilnya dengan 4 untuk mendapatkan angka denyut nadi istirahat anda per menit. Anda dapat menghitung denyut nadi anda tiga kali, kemudian ambillah rata – rata dari ketiganya untuk benar –  benar mengetahui berapa jumlah denyut nadi anda.
  • Nah sekarang berapa denyut nadi anda sobat ?

Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat buat sobat semua yang sudah membaca artikel ini. jaga terus kesehatan jantung anda ya sobat, serta jaga pola hidup sehat. Salam sehat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors