Sponsors Link

13 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Taukah kalian mengenai fungsi lemak dalam tubuh, lemak dalam tubuh manusia memiliki banyak sekali fungsi, tentunnya lemak yang baik yang memiliki fungsi dan peran penting dalam tubuh.
Sebagai permulaan ada baiknya kita mengenal jenis lemak dalam tubuh terlebih dahulu

Jenis lemak

  1. Lemak jenuh. Makanan yang mengandung lemak jenuh : mentega, susu, minyak kelapa, kapas, minyak kelapa sawit. Biasanya pada makanan yang mengandung susu.
  2. Lemak tidak jenuh. Produk yang mengandung lemak tidak jenuh : minyak zaitun, minyak canola, alpukat, minyak kacang, minyak jagung, minyak kedelai, minyak biji bunga matahari, dan hampir semua jenis kacang – kacangan mengandung minyak jenuh
  3. Lemak trans. Lemak trans hampir sama dengan lemak jenuh, minyak ini mampu meningkatkan kolestrol dalam tubuh.

Lemak dalam tubuh yang dibutuhkan adalah lemak tidak jenuh, karena lemak jenuh dan emak trans menghasilkan zat – zat yang dapat menyebabkan naiknya kolesterol dalam tubuh. Selanjutnya kita akan membahas fungsi lemak bagi tubuh manusia :

1. Menambah energi

Fungsi lemak bagi tubuh manusia yang paling utama adalah untuk sumber energi. Lemak dalam tubuh sangat berperan penting dalam pengurangan fungsi protein sehingga fungsi protein dalam tubuh dapat digunakan untuk memanksimalkan fungsi lain yang mmbutuhkan sumber protein. Selain itu ternyata lemak termasuk kompenen utama dalam meningkatkan energi. Jadi selain karbohidrat, lemakpun dibutuhkan untuk menyeimbangkan proses penambahan energi.
Lemak pada tubuh berperan sebagai cadangan makanan, jadi dia menyimpan beberapa energi yang nantinya akan dibutuhkan oleh tubuh

2. Membentuk sel

Lemak memang berfungsi sebagai pensuplay energi, namun selain itu lemak juga membantu protein dalam membentuk sel – sel yang dibutuhkan dalam tubuh.

2. Membantu buang air besar (BAB)

Kandungan lemak tidak jenuh yang cukup dapat membantu memperlancar proses pembuangan zat – zat sisa makanan melalui usus. Ibaratkan saja, sebuah pipa jika diberikan minyak pada pipa tersebut, secara otomatis barang-barang yang di lewatkan melalui pipa tersebut akan lebih mudah meluncur dari pada di lewatkan di pipa yang tidak ada minyaknya.

3. Menjaga organ tubuh. Kurang lebih 45% dari unsur organ tubuh adalah lemak, sehingga lemak dibutuhkan untuk melindungi organ tubuh kita, lemak yang normal akan membantu dalam proses perlindungan. Misalnya saja melindungi kulit dari sinar Uv. Dapat kita bayangkan jika tubuh kita kekurangan lemak, pastilah sangat berbahaya antaranya bahaya kekurangan lemak

  • Penyakit jantung. Penyakit ini timbul akibat kurangnya lemak baik atau bisa disebut penyakit ini karena kekurangan HDL. lemak yang seharusnya membantu pembuluh darah mengalirkan lemak, namun dia tidak mampu berfungsi secara maksimal, karenan zat yang dibutuhkan kurang mencukupi. hingga mengakibatatkan sebagaian dari sel jantung mati.
  • stroke. sama halnya dengan penyebab penyakit jantung, stroke disebabkan karena tidak mampunya pembuluh darah mengalirkan darah yang mengandung iksigen ke otak, hingga otak tidak mampu merespon dengan baik apa yang diperintahkan dari luar, itu sebabnya menjadi stroke
  • leukimia. dengan kecukupan lemak dalam tubuh mampu membantu sel darah merah dan sel darah putih dapat bekerja secara normal. hingga semuanya saling mencukupi satu sama lainnya. jadi lemak memanglah sangat berfungsi untuk membantu keseimbangan sel darah.
  • kanker payudara. kanker payudara yang dialami oleh sebagian wanita ini disebabkan karena hormon yang tidak seimbang di dalam reproduksinya, keseimbangan hormon di bantu oleh lemak tubuh yang sehat.
  • mudah kelelahan. selain sebagai penyeimbang tubuh, lemak juga memiliki fungsi sebagai penyimpan sumber makanan, dan lemak juga menghasilkan energi.

4. Penghemat protein

lemak disini membantu tubuh untuk menyaring apa yang diperlukan oleh tubuh. tanpa adanya lemak tubuh bisa saja protein protein terbuang untuk hal yang tak penting. jadi lemak disini akan membantu  menghentikan protein atau menjaga protein agar protein hanya digunakan untuk hal hal yang dibutuhkan saja. sehingga hal ini juga akan mempengaruhi kerja otak, jika protein dapat di jaga dengan maksimal, maka kondisi otak akan menjadi lebih baik, selain itu dengan adanya protein yang cukup otak akan lebih mudah di gunakan untuk berfikir dan mencerna apa- apa yang ada di luar sana.

5. kenyang

lemak disini juga berfungsi sebagai pemberi rasa kenyang, itu sebabnya jika kita makan makanan yang berlemak. dalam artian lemak sehat, lambung kita akan meraskan lebih mudah kenyang. karena lemak memperlambat proses asam lambung, hingga makanan akan terus tersimpan di lambung. jadi tidak mudah lapar.

6. Untuk mengangkut vitamin

lemak berfungsi juga untuk mengangkut vitamin – vitamin larut lemak ke seluruh tubuh. seperti misalnya vitamin  A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K atau biasa disebut dengan ( A D E K )

7. melindungi organ vital

lemak di gunakan tubuh untuk melindungi organ vital seperti lambung dan juga jantung, atau lemak dipercaya dapat memberi pelumas pada organ vital tersebut, sehingga mempermudah gerak organ- organ vital tersebut.

8. menambah daya pikir otak

Minyak yang mengandung omega membantu proses pertumbuhan anak sehingga daya pikir otak lebih berkembang

9. Memberi rasa lezat

10. Alzeimer akan tertangkal

Pada dasarnya, usia bertambah menyebabkan Alzheimer pada tubuh akan mudah muncul sehingga kesehatan pada tubuh juga akan terganggu

11. memperkuat jantung

12. membantu menjaga  hormon seks

13. merawat kulit, baik kulit wajah ataupun kulit yang lainnya

sudah kita ulas bersama tentang manfaat lemak, bahaya bila lemak tidak ada dalam tubuh, dan juga jenis jenis lemak itu sendiri. tapi seperti yang kita tahui saat ini banyak makanan – makanan yang justru mengandung lemak jenuh yang membuat tubuh kita tidak sehat, dan menyebabkan kegemukan. untuk itu kita juga perlu mengerti apa saja makanan alami yang mengandung banyak lemak yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.


Makanan yang mengandung lemak

lemak tidak jenuh terbagi menjadi dua jenis, yaitu lemak nabati dan lemak hewaani, adapun makanan yang mengandung keduanya adalah

dari nabati

  1. buah alpukat
  2. kacang kenari
  3. kacang kedelai
  4. kacang macadamia
  5. tumbuhan laut
  6. mentega shea
  7. minyak salvia
  8. biji anggur
  9. camalina oil
  10. minyak kelapa

sedangkan yang berasal dari hewani adalah

  1. minyak ikan laut
  2. daging
  3. minyak ikan
  4. telur
  5. susu

Nah, itu beberapa pembahasan tentang lemak tubuh. jadi jangan anggap sepele lemak tubuh, karena tubuh kita memang membutuhkan banyak lemak. selain itu kita juga harus memperhatikan dalam mengkonsumsi lemak, jangan asal konsumsi, tapi konsumsilah yang mengandung lemak tidak jenuh.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!