Sponsors Link

Jenis Warna Bola Mata Manusia dan Penjelasannya

Seperti kata pepatah mengatakan “ mata adalah jendela dunia “. Pepatah yang satu ini tentunya sudah sering ada dengarkan ya sobat, mengingat pepatah yang satu ini tergolong salah satu pepatah yang cukup terkenal dan banyak dijadikan sebagai perumpamaan dalam kehidupan sehari – hari.

Bukan tidak beralasan adanya pepatah tersebut, namun karena seperti  yang sudah kita ketahui  bersama mata ini merupakan salah satu organ atau indera yang sangat penting fungsi dan peranannya dalam kehidupan kita sehari hari dan tentunya dalam setiap aspek. proses terjadinya mata minus bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Selain itu, banyak juga yang mempercayai bahwa sepasang mata manusia dapat memancarkan isi hatinya yang bisa kita lihat cukup dari sorot matanya saja.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting lainnya mata juga bisa menjadi ciri khas bagi sipemiliknya karena keindahan bentuk atau keunikan warnanya yang tentu akan membuatnya semakin menawan. Oleh karena itulah sobat, peranan mata ini bagi manusia sangatlah penting secara keseluruhan.

Berbicara mengenai mata tersebut sobat, maka tentunya kita sering melihat adanya perbedaan warna mata seseorang dengan yang lainnya, namun tentunya mata asli ya sobat bukan mata yang menggunakan soft lens. 

Adapun hal yang mempemgaruhi perubahan mata tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, sebut saja seperti faktor genetik, pigmen atau melanin dalam tubuh penyakit dan juga tentunya usia seseorang.

Dan berikut ini adalah ulasan untuk anda mengenai jenis warna bola mata manusia yang berbeda beda tersebut. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

  • Warna Coklat

Adapun mata yang memiliki warna coklat ini adalah warna mata yang paling dominan. Hampir setiap manusia yang memiliki bola mata coklat tersebut seringnya kita temukan di wwilayah Asia dan juga Afrika. 

Warna bola mata coklat ini muncul karena melanin mata yang muncul lebih banyak pada daerah stomata iris mata, sehingga semakn banyak kandungan melanin maka akan semakin gelap pula warna bola mata tersebut.

  • Warna Hitam

Disebut hitam namun bukan berarti bola matanya secara keseluruhan hitam pekat ya sobat. Namun warna hitam yang dimaksud adalah coklat tua yang terlihat seperti hitam terutama saat berada di daerah kurang cahaya.

  • Warna Biru

Pemiliki bola mata biru ini biasanya berasal dari benua Eropa bagian utara serta sekitar laut baltik seperti Denmark, Swedia dan juga Norwegia dan beberapa negara yang lainnya.

Atau lebih tepatnya bola mata warna  biru ini dimiliki oleh mereka yang memiliki warna kulit putih. Mata biru ini terjadi karena kurangnya pigmen dan melamin pada mata.

  • Warna Hijau

Sama seperti warna biru, warna hijau ini juga merupakan buka warna pigmen asli dari mata tersebut. Namun bola mata berwarna hijau ini terbentuk karena kandungan melanin yang sangat rendah pada stoma iris mata.

  • Warna Hazel

Warna mata hazel merupakan salah satu warna mata yang langka sebab jumlah melanin yang terdapat pada stomata iris mata jauh lebih rendah dari pada bola mata berwarna hijau dan biru. Warna mata seperti ini ditemukan di Amerika dan Eropa.


Itulah sobat beberapa jenis warna bola mata manusia yang ada di dunia yang bisa anda jadikan sebagai refrensi. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!