Sponsors Link

Perbedaan Biologis Pada Bayi yang Lahir Premature

Setiap pasangan orang tua tentunya dan pastinya menginginkan anaknya lahir dengan kondisi yang normal dan tak akan kekurangan sesuatu apapun.

Namun jika keadaan yang memaksakan bisa saja seorang bayi yang kita inginkan lahir sempurna tersebut menjadi lahir secara premature yang tentunya tak diinginkan oleh siapapun.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama bayi yang prematur tentunya memiliki perawatan khusus dan serba kehati harian jika dibandingkan dengan bayi yang lahir normal tanpa kekurangan suatu apapun. Dan yang  harus kita pahami juga sobat, bahwasannya biologis pada bayi yang lahir prematur dan yang lahir normal juga tentunya akan berbeda.

Untuk ulasan selanjutnya mengenai bayi prematur tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini, karena pada postingan kali ini penulis akan mengulasnya secara lengkap untuk anda. Cekidot.

1.Apa Itu Bayi Prematur Tersebut?

Adapun yang dimkasud dengan bayi premature tersebut merupakan bayi yang sudah lahir sebelum waktunya. Normalnya, bayi yang lahir sempurna adalah bayi yang sudah dikandung oleh ibunya selama 37 minggu atau bisa juga lebih. perkembangan manusia dari bayi sampai dewasa bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Namun lain halnya dengan bayi premature ini, biasanya disebut bayi prematur adalah karena ia lahir sebelum atau kurang dari usia 37 minggu tersebut. Kelahiran bayi prematur tersebut seirng kali tidak dapat dicegah oleh karena kondisi tertentu si ibu atau si calon bayi itu sendiri.

Sebut saja seperti kondisi ketuban pecah atau kering, mulut rahim yang terbuka sebelum waktunya, pendarahan, keracunan, pre eclampsia, infeksi kehamilan atau berbagai hal yang lainnya yang mengharuskan bayi tersebut harus dipaksa dilahirkan secara tidak normal atau secara prematur.

2. Apa Perbedaan Biologis Pada Bayi yang Lahir Prematur Tersebut?

Oleh karena bayi tersebut lahir sebelum waktnya atau bayi prematur, tentunya ada perbedaan secara bilogis yang terdapat pada bayi premature tersebut jika kita bandingkan dengan bayi yang lahir sempurna. Adapun perbedaan yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :

  • Berbeda Dari Segi Bobot atau Beratnya

Bayi yang lahir prematur tentunya memiliki kondisi fisik yang berbeda dari bayi yang normal lainnya. Sebut saja dari bobot tubuh dari bayi tersebut,  tentunya bobot tubuh bayi yang lahir prematur akan lebih ringan atau lebih kecil. 

Pada umumnya, pada bayi normal akan mempunyai berat badan sekitar 5.5 hingga 7.5 pon atau setara dengan 2.75 kg hingga 3.75 kg. Sementara itu, untuk bayi prematur tentunya akan lebih ringan yakni sekitar kurang daru 5 pon atau setara dengan 2,5 kg saja. Hal ini tentunya akan membut orang tuanya menjadi worry akan  keadaan bayinya.

  • Berbeda dari Segi Panjang Badan Bayi

Pada umunya, bayi yang lahir secara prematur juga tentunya akan berbeda dari segi atau ukuran badannnya. Bayi normal mempunyai panjang sekitar 50.8 cm sementara untuk bayi prematur hanya 30 cm saja.

  • Berbeda dari Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh (sistem imun) bayi prematur juga tentunya akan lebih rendah dan rentan terhadap  penyakit. Hal ini dikarenakan bayi tersebut belum cukup umur ketika ia dilahirkan ke dunia ini.


Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postinagn kali ini. Terima kasih bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk anda semua. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!