Sponsors Link

Proses Pembentukan Urine Pada Ginjal Terlengkap Beserta Penjelasannya

Urine adalah hasil sekresi tubuh manusia berupa cairan. Teman-teman pasti tahu bukan urine setiap orang tentunya berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi dari organ-organ yang terlibat dalam proses pembentukan urine pada ginjal. Berikut ini proses pembentukan urine pada ginjal yang perlu anda ketahui.

Organ Yang Berperan Pada Proses Pembentukan Urine Pada Ginjal

Pada awal proses pembentukan urine, organ yang bekerja pertama kali adalah ginjal. Namun tahukah anda kalau sebenarnya tidak hanya ginjal loh yang bekerja dalam pembentukan urine ? Berikut ini organ yang membantu ginjal dalam proses pembentukan urine.

1. Ginjal

Ginjal adalah organ sekresi pada tubuh manusia maupun hewan vertebrata. Berfungsi sebagai organ pembuangan yang menyaring dari darah dan hasilnya berupa cairan dalam bentuk urine. Berletak di bagian kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa berbentuk seperti kacang yang membentuk cekungan.

2. Ureter

Ureter adalah organ penyaring zat-zat sisa metabolisme tahap ke 2. Hasil dari ureter adalah elektrolit, garam dan protein. Hasil ureter akan diteruskan di kandung kemih. Pada tubuh manusia, ureter terletak di bagian kanan dan kiri tubuh.

3. Kandung Kemih

Kandung kemih adalah kantung berupa pengumpul urine supaya bisa disalurkan ke uretra. Sistem kandung kemih terdiri dari beberapa organ seperti beberapa pembuluh darah seperti pembuluh arteri dan pembuluh vena. Selain itu ada 3 lapisan permukaan kandung kemih yaitu permukaan superior, permukaan inferiolateral dan permukaan posterior.

4. Uretra

Uretra adalah organ dalam pembentukan urine pada ginjal yang letaknya berada di organ kelamin pria dan wanita. Pada organ kelamin pria, uretra terletak di sepanjang bagian awal sampai akhir kepala penis. Letak uretra pada organ kelamin wanita beradai diantara klitoris dan pembukaan vagina.

Proses Pembentukan Urine Pada Ginjal

Setelah teman-teman ketahui bersama, organ pembentuk urine tidak hanya ginjal saja tetapi ada organ lain yang ikut berperan. Selanjutnya dosen biologi akan menyampaikan proses pembentukan urine pada ginjal. Berikut ini penjelasan proses pembentukan urine pada manusia secara detailnya untuk teman-teman sekalian.

Pembentukan urine diawali dengan proses masuknya zat-zat sisa metabolisme ke dalam ginjal. Kemudian ginjal menyaring zat-zat sisa metabolisme dengan menghasilkan zat yang berfungsi untuk tubuh akan diteruskan ke organ tubuh lain. Sedangkan zat-zat metabolisme yang tidak dibutuhkan tubuh atau beracun biasanya akan diteruskan organ lain. Setelah disaring pada tahapan pertama, hasil saringan tahap pertama akan meneruskan zat-zat metabolisme yang tidak dibutuhkan ke ureter untuk kembali disaring.


Biasanya hasil dari proses penyaringan ke 2 adalah elektrolit, garam dan protein. Ketiga zat-zat metabolisme tersebut memang diperlukan oleh tubuh. Terakhir, urine akan terbentuk dari ureter ke kandung kemih. Demikian fungsi kandung kemih untuk menampung urine untuk dikeluarkan. Setelah urine waktunya untuk dikeluarkan oleh tubuh, maka akan diteruskan ke uretra. Dengan demikian, urine terbentuk pada ginjal.

Masalah Penyakit Yang Berhubungan Dengan Urine

Tidak lengkap rasanya, kalau teman-teman tidak mengetahui apa saja penyakit yang berhubungan dengan urine tepatnya macam macam penyakit pada ginjal manusia. Oleh karena itu dosen biologi punya informasi menarik untuk teman-teman semua. Pembahasan selanjutnya adalah akan menya masalah penyakit yang berhubungan dengan urine.

1. Hematuria

Perubahan warna urine menjadi merah atau kecokelatan. Warna urine yang demikian karena ada kandungan darah dalam jumlah yang normal. darah yang keluar dalam urine karena ada pengaruh dari organ pembentuk urine seperti kandung kemih, uretra, ureter dan ginjal. Orang yang mengalami masalah ini akan merasakan kesulitan buang air kecil dan frekuensi buang air kecil sedikit dan sakit pada perut bagian bawah.


2. Batu Ginjal

Batu ginjal adalah penyakit yang disebabkan oleh endapan batu pada ginjal karena zat-zat yang harusnya dibuang oleh tubuh tetapi tertahan di dalam ginjal. Seseorang yang menderita batu ginjal akan merasakan nyeri pada pinggang atau perut bagian bawah atau samping. Untuk mencegah penyakit batu ginjal dokter sering menyarankan untuk minum air putih sesuai kebutuhan tubuh.

3. Inkontinensia Urine

Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang berhubungan dengan urine yang keluar dalam jumlah yang tidak dikontrol. Dengan demikian urine seseorang akan merembes ketika penderita sedang batuk atau bersin. Penyebab inkontinesia urine adalah adanya kerusakan saraf, gangguan psikologis, atau kontraksi otot berlebihan.

Dengan demikian pengetahuan anda mengenai proses pembentukan urine pada ginjal. Semoga bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa dipertemuan selanjutnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Manusia