Sponsors Link

Tulang Rawan Hialin : Penjelasan dan Fungsinya

Jika berbicara mengenai tulamg rawan, tentunya kita sudah mengerti bahwasanya tulang rawan ini sangatlah memiliki peran penting dalam tubuh kita. Karena seperti ayng sudah kita ketahui bersama, tanpa adanya tulang rawan ini, makan tentunya tubuh kita akan merasa kesakitan pada saat melakukan kegiatan – kegiatan tertentu yang seyoginaya melibatkan peran tulang rawan tersebut untuk aktivitas yang dimaksud.

Salah satu contohya adalah apda waktu anda tidur dengan posiis miring sobat, apabila tulang tilang anda bersifat kaku dan tidak lentur kemungkinan besar akan patah dan kenyaman tidur anda pun akan terganggu. Nah sobat semua, kebayangkan sobat apabila tulang telinga anda kaku?

Oleh karena hal tersebutlah keberadaan tulang rawan ini sangat penting perananya dalam tubuh kita. Selain pada tulang telinga, tulang rawan itu juga terdapat pada daerah antar tulang belakang dan ujung hidung. Oke sobat semua, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tulang rawan hilain. Nah sobat semua, apakah anda pernah mendengar jenis tulang rawan yang satu ini? Jika belum, yuk sobat mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun yang dimaksud dengan tulang rawan adalah kumpulan jaringan tulang rawan yang dialamnya tersusun atas sel –  sel tulang. Salah satu jenis tulang rawan tersebut adalah tulang hilain. Adapun tulamg rawan hialin ini berwarna putih kebiruan dan cenderung bening. Tulang hilain tersebut dapat ditemukan pada semua rangka janin sebelum akhirnya nanti akan berubah menjadi tulang keras, tulang rawan iga, dan saluran pernapasan.

Pada jaringan embrio, sebaagin besar rangkanya adalah tulang rawan hialin. Sedangkan pda orang dewasa, tulamg rawan hialin ini terdapat pada ujung tulag rusuk, persendian, dan pada saluran pernapasan. Dalam tubuh manusia, tulang rawan hialin banyak ditemukan berwarna kebiruan dan tembus akan cahaya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari tulang rawan hialin antara lain adalah sebaai berikut :

  • Pada embrio, tulang rawan hialin ini berfungsi sebagai rangka sementara sebelum nantinya diganti dengan tulang keras, tulamg rawan iga, dan saluran pernapasan. Adapun tualng hialin ini 40 % nya teridiri atas serabut kolagen yang tedapt apda ruang intersel.
  • Pada orag dewasa, tulang rawan hialin ini berfungsi sebagai sistem persendian. Dimana pda orang dewassa tulang rawan hialin ini bisa kita temukan di saluran pernapasan ( hidung ), ujung tulang rusuk ( kosta ), yang berdekatan denagn tulang dada ( sternum), yang merupakan saluran persendian.
  • Sebagai tulang yang memiliki lapisan jaringan penyamung padat ( perikaardium)  yang berfungsi untuk memelihara pertumbuhan tulang rawan itu sendiri.
  • Sebagai tulanh rawan yang berfungsi untuk membunhkus sel –  sel biologis, seperti pada gel yang disebut dengan kolagen dan struktur berserat.

Seperti pada tulang rawan yang lainnya, pada umumnya tulang rawan hilain ini biasanya tidak beregenerasi atau mengalami perbaikan secepat seperti apda jarinagn yang lain. Selain itu apda tulang rawan hialin ini juga tidak dilewati oleh pembuluh darah sehingga pada umumnya hanya tergantung kepada nutrisi dan oksigen yang berdisfusi keluar dari jaringan yang lain.


Sekian informasi mengenai tulang rawan hialin yang bisa penulis sajikan buat anda ya sobat. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia