Sponsors Link

Tulang Kepala Belakang : Penjelasan dan Fungsinya

Jika berbicara mengenai kepala, tentunya hal ini adalah sesuatu yang sifatnya sangat penting dalam tubuh kita, tanpa adanya kepala ini mustahil untuk kita bisa bertahan untuk hidup. Adapun bagian –  bagian kepala dan fungsinya menurut pengamatan belum diketahui dengan jelas sampai dengan saat ini.

Kepala merupakan organ terpenting yang ada dalam tubuh kita yang melindungi otak. Karena otak ini merupakan organ tubuh yang mengatur seluruh sistem dalam tubuh. Mulai dari sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan juga sistem eksresi pada tubuh  manusia. Nah sobat semua tulang kepala inilah yang berperan  untuk melindungi semua organ penting tersebut.

Oke sobat semua, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tulang kepala belakang, agar anda lebih familiar terhadap tulang yang satu ini. Apakah sebelumnya sobat semua sudah pernah mendengar tulang kepala belakang ini sobat? Jika belum, ada baiknya soabt semua menyimak ulasan berikut ini, yuk sobat langsung saja kita simak dengan seksama.

Adapun tulang kepala belakang dikenal dengan nama Os. Occipitele. Tulang ini merupakan membran yang memiliki bentuk seperti cawan yang terposisikan di bagian belakang juga di bagian bawah dari tempurung kepala. Adapun bagian tersebut merupakan bagian yang berbentk trapesum dan bisa juga berbentuk melengkung mengikuti polanya sendiri. Keberadaan tulang ini dapat ditembus oleh aperture oval besar juga formen magnum. Hal ini bisa terjadi karena adanya rongga tengkorak yanga berkomunikasi denagn terusan vertebral.

Untuk lebih jelasnya mengenai tulang kepala belakang tersebut, ada baiknya sobat semua mengetahuo apa fungsi dari tulang tersebut. Adapun fungsi dari tulang kepala belakang ini antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk melindungi otak dari bagian belakang.
  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk melindungi telinga bagian dalam, karena memang keduanya saling berhubungan.
  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk memastikan keadaan organ dalam kepala terutama pada bagian dalam, agar terhindar dari benturan.
  • Sebagai tulang yang berfungi untuk melindungi otak kecil
  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk melindungi organ sensorik pada tubuh manusia.

Nah sobat semua alangkah pentingnya bukan tulang kepala belakang ini dalam tubuh kita, oleh karenanya kita harus menjaganya sebaik mungkin ya agar terhindar dari hal –  hal yang tidak diinginkan, karena apda umumnya ada begitu banyak gangguan yang terdapat pada bagian tukang kepala belakang ini.

Tulang kepala belakang ini juga berperan penting dalam untuk melindungi kepala bagian belakang. Selain itu , tulang kepala belakamh ini juga berperan penting dalam sebagai pembentuk kepala khususnya bagian belakang yang menjadi tempat tinggal berbagai organ kepala dalam tulang kepala belkang tersebut.


Adapun tulang kepala belakang ini bentuknya berongga –  rongga, yang di dalma rongga tersebut terdapat beberapa organ penting.  Dengan adanya keberadaan tulang ini, maka bisa meminimalisir terjadinya sakit kepala khusnya bagina belakang, yang pada umumnya disebabkan oleh gangguan organ otak dan mata.

Nah sobat semua, karena tergolong sangat vital dan berfungs untuk melindungi  again yang votal juga dalam otak, untuk itu tulang kepala belaknag ini sebaiknya kita jaga sebaik mungkin ya sobat. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia