Sponsors Link

Tulang Kelangkang : Penjelasan dan Fungsinya

Hello sobat guys, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang selalu senantiasa memberikan ulasan yang menarik buat sobat semua. Tidak jauh berbeda dari tulisan sebelumnya, pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas mengenai biologi nih sobat. tentunya sobat semua, tertarik ya sobat dengan postingan biologi kini karena sejatinya yang akan kita bahas dalam artikel biologi ini adalah menegnai struktur tulang dalam tubuh kita beserta bagian – bagian yang terkait di dalamnya.

Seperti yang sudha kita ketahui bersama, bahwasannya tubuh kita ini terdiri atas beberapa atau terdiri atas banyak tulang, yang dibagi menurut namanya, ukurannya, bentuknya serta yang tidak kalah penting adalah fungsinya, yang ke semua tulang tersebut saling bekerja sama satu dengan yang lainnya demi melancarkan fungsi tubuh kita secara keseluruhan.

Bisa anda bayangkan ya sobat, apabila dalam tubuh kita tidak terdapat tulang, sudah bisa dipastikan tubuh kita tidka akan bisa duduk, berdiri, berjalan, bergerak atau bahkan untuk berbalik. Oleh karena hal tersebutlah tulang ini sangat memiliki peran penting dalam tubuh kita.

Oke sobat semua, seperti yang sudah  penuis jelaskan diatas bahwasanya tulang dalam tubuh kta terdapat ada begitu banyak, namun yang akan menjadi pembahasan kita pada postingan kali ini ada;ah mengenai tulang kelangkang. Apakah soabt smeua sebelumnya sudah pernah mendenagr atau sudah mengetahui fungsi dari tulang kelangkang tersebut, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini karena penulis akan menjelaskannya secara detai buat sobat semua pada postingan kali ini. yuk sobat semua, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Check It Out 1

Adapun tulang kelangkang merupakan tulang segtiga besar yang membentuk bagian bawah tulang punggung. Tulang ini terdiri atas lima vertebra sakral, yang kesemuanya digabungkan bersama untuk membentuk tulang yang berbentuk segitiga dengan scekung ke depan.

Batas atas atau dasar wedge memiliki artikulasi dengan vertebata lumblais kelima. Batas abwah atau puncak wedge yang berartikulasi dengan utlang ekor. Adapun lateral merupakan sekrum dengan duda tulang iliaka untuk membentuk sendi sacroiliac. Pada umumnya untuk anak – anak vertebra tersebut tidak menyatu , namun tulang kelangkang ini mulai menyatu pada umur ke 16 tahun dan akan di akhiri pada usia ke 26 tahun.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari tulang kelangkang. Berikut ulasannya untuk anda sobat.

  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk memudahkan kita sewaktu berjalan atau berlari.
  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk memudahkan kita untuk duduk.
  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk memudahkan kita melakukan berbagai gerakan, seperti berenang, bersepeda atau melakukan gerakan lainya yang berhubungan dengan tulang kelangkang tersebut.
  • Sebagai tulang yang berfunshi untuk menopamg tubuh kita secaar keseluruhan.
  • Sebagai tulang yang berfungis untuk memudahlan kita duduk karena berguna untuk menopang tubuh.

Dalam garis tengah sakrum dan pada permukaan posterior, ada seuah puncak yang disebut dengan puncak sakral median. Di kedua sisi sakrum tersebut ada permukaan segitiga besar yang disebut ala, yang mendukung psoas dan batang lumbosacral.


Sekian informasi mengenai tulang kelangkang yang bisa penulis jelaskan dalam postingan kali ini ya sobat. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia