Sponsors Link

Tulang Belakang Lumbar : Penjelasan dan Fungsinya

Hello sobat semua, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang selalu senantiasa setia menemani waktu luang anda bersama keluarga tercinta tentunya dengan berbagai ulasan yang menarik melalui postigan demi postingan yang penulis sajikan buat anda. Penulis juga berharap kebiasaan membaca anda selalu diterapkan dan sebisa mungkin diwariskan ke orang –  orang di sekitar anda ya sobat. Karena dengan banyak membaca maka kita akan banyak tau. Setuju Ya Sobat?

Oke sobat semua, pada kesempatan kali ini tidak jauh berbeda dari postingan yang sebelumnya kita masih akan membahas mengenai biologi. Nah jika membahas mengenia biologi tentunya ini merupakan sebuah pembahaan yang menarik ya sobat karena berhubungan langsung dengan keanggotaan tubuh kita secara keseluruhan.

Adapun materi yang akan kita bahasa kali ini adalah mengenai tulang belakang lumbar. Jika sobat semua sebelumnya belum pernah mendengar jenis tulang yang satu ini, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Adapun yang dimaksud dengan tulang belakang lumbar adalah lima ruas tulang belakang yang terdapat diantara sangkar rusuk dan juga di bagian pelvis.

Bagian ini merupakan bagian atau segmen terbesar turus ruas tulang belaknag dan bercirikan ketiadaan foramen transversarium dalam proses melintang, dan juga ketiadaaan gaset di sisi badan. Bagian ini ditandai dengan L1 ke  L5 , yang dimulai dari atas higga ke bawah. Adapun ruas tulang belakang lumbar ini membantu menyokong berat badan secara keseluruhan dan juga mendukung adanya pergerakan yang tubuh kita lakukan.

Seperti yang sudah dibahas diatas, tulang belaknag lumbar ini tergolong atau termasuk kedalam jenis tulang belakang. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, tulang belakang atau tulang punggung meruakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Tulang belakang tersebut merupakan tulang – tulang yang memiliki berbagai ukuran dengan bentuk yang mirip satu dengan yang lainnya. Selain itu, tulang belakang lumbar ini membentng dari bawah tengkorak hingga ke tulang ekor.

Tulang – tulang ini saling tersususn satu dengan yang lainnya membentuk kurva atau lengkungan tertentu , sehingga apabila kita lihat dari samping ukurnanya seolah sepert ukuran huruf “ S “. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalh beberapa fungsi dari tulang belakang lumbar. Berikut ulasaannya untuk anda.

  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk memberi bentuk pada tubuh, khusunya pada tubuh bagian belakang.
  • Seabagi tulang yang berfungsi untuk menykng berat badan secara keseluruhan
  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk mendukung adanya pergerakan dalam tubuh kita. Jadi apabila tidak ada tulang yang satu ini, atupun tulang ini mengalami masalah maka anda akan susah untuk melakukan  gerakan yang anda inginkan. Karena tulang inilah yang bertanggung jawab untuk mengelola atau mendukung semua gerakan yang ada dalam tubuh kita, begitupun dengan sendi yang mendukung gerkana tersebut.
  • Sebagai tulang yang berfungsi untuk melindungi bagian saraf. Fungsi ini juga tentunya sanagt penting, dimana tulang belakang lumbar ini juga berperan untuk melindungi saraf halsu dan sumsum tulang belakang.

Oke sobat semua, sekian informasi yang bisa penulis sajikan mengenai tulang belakang lumbar dalam postingan kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia