Sponsors Link

Tulang Belakang Cakram : Penjelasan dan Fungsinya

Masih membahas seputar biologi nih sobat, karena seperti yang sudah penulis utarakan dalam artikel sebelumnya bahwasanya biologi tersebut adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang sangat menarik untuk kita ulas kembali. Tentunya sobat semua sebelumnya sudah pernah mengikuti pelajaran biologi ini sewaktu duduk di bangku sekolah ya sobat, untuk itu tidak ada salahnya kita mengulasnya kembali dalam postingan artikel berikut ini.

Oke sobat semua, adapun materi atau topik pembahasan yang akan kita ulasan dalam artikel kali ini adalah mengenai tulang belakang lumbar. Apakah sobat semua sebelumnya sudah pernah mendengar atau sudah mengetahui fungsi tulamg yang satu ini? Jika belum, nah sobat semua itu artinya anda harus menyimak ulsan berikut ini, karena pada postingan kali ini penulis akan mengulasnya secara jelas untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out !

Adapun tulang belakang cakram merupakan salah satu jenis tulang belakang. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, tulang belakang ini merupakan tulang –  tulang yang memiliki berbagai ukuran serta bentuk yang hampir mirip satu denagn yang lainnya. Selain itu, tulang belakang ini tersusun dengan membentang dari abwah tengkorak hingga ke tulang ekor. Tulang –  tulang ini juga tersusun denagn rapi seolah membentuk kurva atau berupa lengkungan tertentu. Bentuk yang berupa kurva tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan pendistribusian tekanan mekanis saat tubuh kita bergerak dan juga beristirahat.

Sedangkan yang dimaksud dengan tulang belakang cakram adalah bantakan lembut ang terdapat pada setiap ruas tulang belakang yang saling menumpuk dan tersusun sedemikian rupa. Bantalan yang lembut tersebut dapat kita temukan di ruas –  ruas tulang belakang tersebut dan tersusun rapi mengikuti suna ruas tulang belakang tersebut.

Untuk lebih jelasnya mengenai tulang belakang cakram tersebut, berikut ini adalah beberapa fungsi tulang belakang cakram dalam tubuh kita. Antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai bantalan yang berfungsi untuk meredam tekanan pada tubuh kita ketika  melakukan pergerakan layaknya seperti pegas dalam tubuh kita yang tenutnya terdapat pada ruas tulang belakang, karena tulang cakram ini tergolong ke dalam jenis tulang belakang.
  • Sebagai bantalan yang berfungsi untuk mencegah gesekan langsung yang terjadi antar tulang pada saat terjadinya gerakan, atau pada setiap bagian tulang yang memang saling berhubungan.
  • Sebagai bantalan yang berfungsi untuk menghubungkan antar tulang, karena emnag seyogianya tulang cakram ini berada di setiap ruas tulang belakang.
  • Sebagai bantalan yang berfungs untuk menghubungakn antar otot dan tulang bagian belakang.

Pada umumnya sobat, setiap tulang belakang atau vertebra ini memiliki lubang di tengahnya. Ketika antar bagian tulang saling menumpuk, mereka akan membentuk tabung berongga. Tabung ini kemudian akan berperan penting dalam melindungi sumsum tulang belakang dan sususan saraf tulang belakang ( medulla spinalis ).

Selain itu, tulang belakang ini termasuk tulang belakang cakram ini memiliki ukuran yang bervariasi tergantung pada tinggi badan si pemiliknya. Pda saat mendapat tekanan dari luar, bantalna cakram tuang belakang tersebut akan mengeluarkan cairan didalam sehingga strukturnya akan menipis.


Sekian informasi mengenai tulang belakang cakram yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia