Sponsors Link

Sumsum Tulang Kuning : Penjelasan dan Fungsinya

Hello sobat semua, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang tenutnya selalu setia memberikan ulasan yang menarik buat sobat semua selalu penulis rindukan. Penulis juga berharap sobat semua masih setia dengan tulisan demi tersebut ya sobat, dan lebih baik lagi jka kebiasaan membaca tersebut bisa anda tularkan ke orang –  ornag disekitar anda gar kita sama –  sama banyak membaca dan banyak tahu. Setuju ya sobat.

Pada kesempatan kali ini sobat, pembahasan kita agak sedikit berbeda dengan artikel yang sebelumnya, karena apda kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai biologi. Nah sobat smeua tentunya ssebelumnya sudah pernah belajar biology ya. Adapun topik pembahasan atau materi yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai sumsum tulang kuning.  Yuk sobat semua, langsung saja kita simak ulasana berikut ini dengan seksama.

Adapun yang disebut dengan sumsum tulang adalah kelas jaringan khas yang mengisi inti tulang yang lebih besar pada manusia serta hewan lainnya. Di dalam tubuh manusia juga tentunya terdapat sumsum tulang sobat, dan sumsum tulang tersebut dibagai atas dua jenis yakni sumsum tulang kuning dan sumsum tulang merah.

Adapun sumsum tulang kuning tersebut sebagain besar mengandung lemak. Sumsum tulang kuning ini cenderung berada di rongga paling tengah tulang panjang, dan umumnya dilapisi oleh sumsum tulang merah. Sumsum tulang kuning ini seiring bertambahnya usia maka akan bertamba pula jumlahnya, namun cenderung memiliki konsentrasi terkuat di tulang pipih, seperti pada tulang dada atau ilium.

Adapun beberapa fungsi sumsum tulang kuning tersebut, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai piranti dalam tubuh yang berfungsi untuk memberikan makanan pada tulang anda.
  • Sebagia piranit dalam tubuh anda yang berfunsi untuk melindungi area sekitar tulang agar bisa berfungsi sebagai mana seharusnya.
  • Sebagai piranit dalam tubuh anda yang berfungsi untuk tempat melekatnya lemak.
  • Sebagai pirantin dalam tubuh anda yang berfungsi untuk  menghasilkan sel darah putih dan warnanya ditimbulakn oleh sel –  sel lemak yang banyak dikandungnya.

Sewaktu seorang anak dilahirkan sobat, semua sumsumnya adalh sumsum tulang merah. Namun seiring dengan pertumbuahan dan usia, semakin banyak dari sumsum tulang merah tersebut yang berubah menjadi sumsum tulang kuning. Untuk orang dewasa, memiliki rata – rata 2. 6 kg sumsum tulang yang sekitar setengahnya  adalah sumsum tulang merah.

Adapun sumsum tulang kuning ini pada umumnya berada atau ditemukan di area rongga interior bagian tengah tulang panjang. Pada keadaan sewaktu tubuh anda kehilangan darah sangat banyak, sumsum tulang kuning ini dapt diubah kembali menjadi sumsum tulang merah untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Sel induk dewasa, bersamaan dengan zat besi tambahan, dapat ditemukan didalam sumsusm tulang ini. Sedangakan sel –  sel induk menunggu hingga sel yang lemah, tidak sehat, atau sel yang sudah rusak harus diganti dan kemduian berdeferiensiasi atau menjadi khusus dalam tubuh kita, naik itu sumsum tulang merah maupun sumsusm tulang kuning.


Itulah penjelasan singkat mengenai sumsum tulang kuning yang bisa penulis sajikan buat anda sobat. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia