Sponsors Link

Sebab Cita Rasa Hilang Saat Berada Dalam Pesawat Terbang

Cita rasa merupakan suatu cara pemilihan ciri minuman atau makanan yang harus dibedakan dari rasa (taste) minuman tersebut dan berhubungan dengan anatomi lidah. Cita rasa merupakan atribut minuman yang meliputi penampakan, bau, rasa, tekstur, dan suhu. Cita rasa merupakan bentuk kerja sama dari kelima macam indera manusia, yakni perasa, penciuman, perabaan, penglihatan, dan pendengaran (Stanner dan Butriss, 2009:23).

Rasa sendiri merupakan hasil kerja pengecap rasa (taste buds) yang terletak di lidah yakni fungsi lidah manusia, pipi, kerongkongan, atap mulut, yang merupakan bagian dari cita rasa. Pada usia lanjut, pengecap rasa manusia akan berkurang jumlahnya, sehingga memerlukan lebih banyak bumbu untuk menimbulkan cita rasa yang sama. Untuk meningkatkan cita rasa seringkali digunakan bahan tambahan minuman dan makanan untuk cita rasanya (Drummond & Brefere, 2010:4).

Ada kalanya minuman dan makanan yang tersedia tidak mempunyai bentuk yang menarik meskipun kandungan gizinya tinggi yang berhubungan dengan bagian bagian lidah, dengan arti lain kualitas dari suatu produk minuman sangat ditentukan oleh tingkat kesukaan kosumen terhadap minuman tersebut. Umumnya pengolahan minuman dan makanan selalu berusaha untuk menghasilkan produk yang berkualitas baik.

Kualitas minuman dan makanan merupakan keseluruhan sifat sifat dari minuman dan makanan tersebut yang berpengaruh terhadap konsumen. Definisi bahan minuman dan makanan tambahan merupakan bahan yang ditambahkan dengan sengaja ke dalam minuman dan makanan dalam jumlah kecil, dengan tujuan untuk memperbaiki penampakan, cita rasa, tekstur flavor dan memperpanjang daya simpan (Garrow dan James, 2010:123).

Rasa berbeda dengan bau dan lebih banyak melibatkan panca indera lidah. Rasa dapat dikenali dan dibedakan oleh kuncup kuncup cecepan yang terletak pada papilla yaitu bagian noda darah jingga pada lidah.pada anak kuncup kuncup perasa tersebut selain terletak di lidah juga terletak pada farinx, pelata bagian langit langit yang lunak maupun keras.

Papilla yang lain merupakan papila foliatadi bagian pinggir lidah dan apabila sirkumvalata yang melintang di lidah bagian belakang dan berbentuk huruf V. semuanya mempunyai kuncup cecapan, sedang bagian tengah lidah tidak. Papilia filiform tifak mengandung kuncup kuncup cecapan tetapi peka terhadap sentuhan.

  • Cita rasa hilang saat berada dalam pesawat terbang

Sebelum melakukan penerbangan atau naik pesawat terbang dengan waktu tempuh yang panjang, biasanya kita akan membeli beberapa jenis makanan atau camilan untuk dimakan di dalam pesawat.

Namun kemudian kita merasa hilang cita rasa dan tidak tertarik untuk makan atau minum. Makanan yang kita beli sebelumnya pun terasa tidak seenak yang kita bayangkan. Beberapa makanan dan minuman tertentu kemudian justru terbayang setelah kita berada di ketinggian.

  • Tingkat desibel yang tinggi dalam kabin memengaruhi indra perasa para penumpang

Pernahkah Anda mengalaminya? Jika pernah, Anda tidak sendiri. Robin Dando, asisten profesor bidang biologi makanan dari Cornell University menjelaskan bahwa tingkat desibel yang tinggi dalam kabin memengaruhi indra perasa para penumpang.

Indra perasa tidak terlalu sensitif mencecap minuman ringan, sementara itu rasa yang dikenal sebagai umami akan meninggi.

Bagi penumpang yang haus, mereka akan menginginkan sesuatu yang pekat dan gurih. Tidak jarang mereka kemudian memilih jus. Maskapai Lufthansa Jerman contohnya, mereka mempersiapkan jus tomat bagi para penumpangnya sebagai respons atas permintaan yang tinggi.

Maskapai Lufthansa bahkan memperkirakan penum­pang yang mengonsumsi jus tomat sama banyaknya dengan penumpang yang memesan bir dalam penerbangannya.


  • Berada dalam tingkat kebisingan tinggi

Biolog dari Universitas Oxford, Charles Spence menjelaskan bahwa fenomena ini tidak hanya terjadi dalam penerbangan. Lingkungan dengan tingkat kebisingan tinggi juga dapat mengubah persepsi kita tentang rasa. Hal ini mungkin menegaskan mengapa banyak orang tidak memilih restaurant yang berisik sebagai tempat mereka makan.

Bagaimana dengan Anda? Apakah kebisingan dan berada dalam pesawat terbang juga mempengaruhi cita rasa makan Anda?

Oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia