Sponsors Link

Sendi Engsel : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Kelainan

Sendi Engsel. Tidak jauh berbeda dari artikel sebelumnya ya sobat sendi geraksendi luncur atau pun sendi geser, pada artikel kali ini kita masih membahas seputar sendi ya sobat. Seperti yang sudah penulis informasikan pada artikel sebelumnya, bahwasannya tubuh kita ini terdiri atas banyak sendi yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan antar tulang yang ada dalam tubuh sehingga kita bisa bebas melakukan gerakan apa saja yang diinginkan.

Salah satu sendi yang dimaksud disini adalah sendi engsel. Berbicara mengenai engsel, bukan berarti kita berbicara mengenai engsel pintu ya sobat, namun engsel kali ini merupakan salah satu sendi yang ada pada tubuh kita. Nah apakah ada hubungan nama engsel tersebut dengan fungsinya secara umum? Penasaran kan sobat, untuk itu mari kita langsung simak saja ulasan berikut ini secara lengkap.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai sendi engsel, ada baiknya kita membahas apa itu sendi secara umum terlebih dahulu ya sobat. Secara umum, persendian pada manusia merupakan suatu stuktur khusus yag terdapat dalam tubuh kita yang mempunyai fungsi untuk penghubung antar tulang agar bisa dengan bebas melakukan gerakan sesuai dengan gerakan yang kita kehendaki.

Hubungan semacam ini pada sendi disebut juga dengan nama artikulasi. Adapun fungsi sendi secara umum ini adalah untuk memberi akses dan juga gerakan pada tempatnya juga sebagai poros penggerak anggota tubuh. Nah jadi bisa anda bayangkan ya sobat apabila anda sedang berjalan, menulis, mengetik, berenang atau pun melakukan gerakan dan aktivitas yang lainnya, sendi inilah yang mempunyai fungsi untuk menjalankannya. Oke sobat semua, kini sampailah kita ke pembahasan yang utama yaitu mengenai sendi engsel. Berikut ulasannya untuk anda.

Pengertian Sendi engsel

Adapun yang dimaksud dengan sendi engsel adalah sendi yang mana salah satu antar hubungannya dengan tulang demi tulang hanya memungkinkan melakukan satu gerakan saja, misalnya gerakan maju mundur. Sebagai contoh pada persendian siku, atau pun bisa juga dengan persendian lutut atau persendian pada ruas yang ada pada jari tangan.

Struktur Sendi Engsel

Adapun sendi engsel itu sendiri disusun oleh berbagai faktor atau berbagai komponen yang mana fungsinya tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya. Adapun komponen yang dimaksud adalah seperti :

  • Kapsul sendi yang terdiri dari satu selaput penutup fibrosa padat.
  • Lapisan yang terbentuk dari jaringan penghubung berpembuluh darah banyak
  • Sinovium, yang membentuk kantung dan melapisi keseluruhan sendi dan membungkus tendon – tendon yang melintasi sendi.
  • Lapisan bursa diseluruh persendian yang membentuk sinovium

Fungsi Sendi Engsel

Sendi engsel merupakan salah satu jenis sendi yang berfungsi untuk memungkinkan terjadinya gerakan yang hanya pada satu arah saja. Pada umumnya, sendi engsel ini biasanya hanya dapt ditekuk dan dikluruskan. Jadi, sendi engsel ini merupakan kebalikan dari sendi pelana ya sobat.


Kelainan Sendi Engsel

Pada umumnya kelainan pada sendi banyak jenis nya ya sobat. Adapun jenis kelainan yang dimaksud adalah sebagai berikut bisa anda simak di bawah ini :

  • Ganguan atau kelainan sendi akibat kuman yang mengakibatkan infeksi konore dan silifis yang dapat menyerang persendian sehingga sendi akan menjadi kaku atau layu sendi.
  • Artritis, yaitu dimana sendi mengalami peradangan yang dibarengi dengan bengkak kaku atau sulit bergerakn .
  • Dan lain sebagainya.

Sekian informasi mengenai sendi engsel yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini ya sobat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membaca artikel ini. Sampai ketemu di artikel selanjutnya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik tentunya dari artikel sebelumnya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis ya sobat semua.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia