Sponsors Link

Sendi Putar : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Kelainan

Hello sobat terkasih yang selalu penulis rindukan, ketemu lagi nih sobat dengan penulis yang senantiasa merindukan sobat juga tentunya. Pada kesempatan kali ini, penulis juga masih akan membahas mengenai sendi ya sobat, tidak jauh berbeda dengan pembahasan pada artikel sebelumnya seperti sendi engsel, sendi geraksendi luncur atau pun sendi geser ya sobat.

Namun pembahasan kali ini khusus mengenai sendi putar. Nah apabila sobat semua belum paham atau belum begitu akrab dengan sendi yang satu ini ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini agar pemahaman anda lebih luas lagi seputar sendi putar. Yuk mari kita simak dengan seksama.

Seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sendi putar. Tetapi sebelum itu, sebaiknya kita membahas terlebih dahulu apa itu pengertian sendi beserta fungsinya yang ada di dalam tubuh. Adapun yang dimaksud dengan persendian pada manusia adalah komponen dalam tubuh manusia yang menjadi penghubung antar tulang, sehingga tulang tersebut dapat digerakkan.

Atau dengan kata lain, sendi juga disebut sebagai bagian perantara antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya sehingga tulang tersebut dapat menyatu dengan baik. Adapun hubungan yang terjadi di antar tulang tersebut dinamakan dengan artikulasi. Nah sobat semua, untuk memungkinkan terjadinya artikulasi ini maka diperlukan adanya sendi yang mempunyai fungsi sebagai perantara diantara tulang tersebut.

Sendi sendiri diapit oleh tulang rawan yang mempunyai fungsi sebagai bantalan untuk sendi, dan sendi itu sendiri diapit oleh bagian ligament. Nah kini saatnya kita membahas mengenai sendi putar lebih lengkap dan detail ya sobat. Berikut ulasannya lengkapnya untuk anda.

Pengertian  Sendi Putar

Adapun yang dimaksud dengan sendi putar itu sendiri adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggerser pada tulang yang lain. Atau dengan kata lain sendi putar disebut juga sebagai sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan salah satu tulang yang berputar pada tulang lainnya. Sebagai contohnya adalah persendian yang terdapat pada tulang tengkorak dan juga tukang atlas serta persendian tulang hasta dan juga tulang pengumpul.

Struktur Sendi Putar

Selian pengertian dari sendi putar ada baiknya kita juga akan membahas mengenai struktur sendi pusat itu sendiri ya sobat. Adapun komponen pembentuk atau sturktur dari semdi putar adalah terdiri atas :

  • Kapsul sendi, yaitu komponen penyusun sturktur sendi pusat yang teridiri dari selaput penutup fibrosa padat.
  • Lapisan dalam yang terbentuk dari jaringan penghubung berpembuluh darah banyak
  • Sinovium yang membentuk kantung yang melapisi keseluruhan sendi dan membungkus tendon – tenton yang melintasi sendi itu sendiri.

Fungsi Sendi Putar

Adapun fungsi sendi secara umum khsusunya sendi putar itu sendiri adalah seperti yang sudah penulis jelaskan diatas yaitu komponen yang ada dalam persendian tubuh manusia yang bertugas untuk memungkinkan terjadinya gerakan salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lainnya. Nah sobat semua, jika anda ingin melakukan pergerakan satu tulang dengan tulang yang lainnya, maka sendi putar inilah yang akan bertugas untuk melakukannya ya sobat.


Kelainan Sendi Putar

Adapun kelainan yang terdapat pada sendi putar ini tidak jauh berbeda dengan sendi yang lainnya ya sobat. Kelainan – kelainan yang dimaksud bisa anda simak penjelasannya di bawah ini seperti halnya :

  • Arthritis.
  • Pembengkakan sendi.
  • Osteoporosis.
  • dan lain sebagainya.

Oke sobat terkasih semua, sekian infomasi yang penulis share menegnai sendi putar pada kesempatan kali ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat buat anda semua yang sudah melaungkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Sampai ketemu diartikel selanjutnya ya sobat. Terima kasih sudah berkunjung. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors