Sponsors Link

Sendi Mati : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Kelainan

Masih membahas seputar kesehatan nih sobat semua. Karena memang kesehatan ini sangatlah penting bagi kondisi tubuh kita ya sobat. Karena begitu pentingya kesehatan tersebut, nah pada kesempatan kali ini penulis akan membahas secara lengkap mengenai persendian yang ada di dalam tubuh kita. Mulai dari pengertian, struktur, fungsi dan juga kelainan yang ada pada suatu sendi.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sendi sangatlah banyak macamnya yang ada dalam tubuh kita seperti sendi luncur atau pun sendi geser  , tetapi pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai sendi mati ya sobat. Yuk kita simak ulasan berikut ini. Sebelum kita membahas apa itu sendi mati, ada baiknya kita terlebih dahulu membahas mengenai apa itu sendi dan fungsinya dalam tubuh kita ya sobat.

Pada umumnya persendian pada manusia merupakan suatu struktur khusus seperti ruangan yang mempunyai fungsi sebagai penghubung antar tulang agar tuang daapt bergerak. Adapun fungsi sendi secara umum tersebut adalah untuk memberikan fleksibilitas dan pergerakan pada tempatnya, yang merupakan sebagi poros anggota peras.

Sendi tersebut merupakan bagian dari tubuh dimana dua atau lebih tukang bertemu untuk memungkinkan adanya gerakan. Setiap tulang yang terdapat di dalam tubuh kita, kecuali untuk tulang hiloid pada tenggorokan bertemu dengan setidaknya dengan satu tulang dengan yang lainnya pada satu sendi.

Pengertian Sendi Mati

Nah sobat semua, setelah membahas mengenai sendi dan juga seperti sebelumnya mengenai sendi putarsendi engsel, atau pun sendi gerak, selanjutnya kita akan membahas juga mengenai sendi mati. Adapun yang dimaksud dengan sendi mati ( sinartosis ) adalah jenis persendian yang tidak dapat digerakkan.

Namanya juga sendi mati ya sobat, berarti sendi yang fakum atau tidak bisa digerakkan sama sekali oleh tubuh. Pada umumnya, tulang – tulang pada persendian sinartosis ini dipersatukan oleh serabut jaringan ikat atau pun tulang rawan hialin. Sebagai contoh adalah sendi yang berada antar tulang tengkorak.

Struktur Sendi Mati

komponen pembentuk sendi disatukan bersama dan didukung oleh pita – pita keras jaringan ikat, yang disebut dengan ligamen. Otot melekat pada tulang tebal, pita keras jaringan ikat yang disebut dengan tendon. Selain itu sendi mati juga didukung oleh adanya bagian kantung – kantung kecil yang disebut dengan burse.

Fungsi Sendi Mati

Pada umumnya fungsi sendi mati pada tubuh manusia itu sendiri adalah jenis sendi yang menyebabkan hubungan antar tulang menjadi kuat dan biasanya mempunyai fungsi untuk melindungi alat – alat tubuh yang sangat penting, sebagi contoh adalah sendi mati yang melindungi tulang tengkorak kepala.


Kelainan Pada Sendi Mati

Selain pengertian, struktur beserta fungsinya yang tidak kalah penting yang harus anda ketahui adalah tentang kelainan yang ada pada sendi mati tersebut. Adapun kelainan sendi yang dimaksud adalah sebagai berikut, yuk simak bersama – sama penjelasannya di bawah ini sobat :

  • Infeksi sendi, yaitu sejenis kelainan yang terjadi pada tulang yang berhubungan dengan sendi mati.
  • Arthritis, yaitu peradangan yang menyebabkan kekakuan dan nyeri pada sendi ( rheumatoid arthritis atau asam urat ) atau degenerasi ( osteoarthritis ).
  • Tendonitis, yaitu peradangan, iritasi dan pembengkakan tendon yang melekat pada sendi.
  • Bursitis, yaitu radang kandung lendir ini ( kantung berisi cairan sebagai bantal dan landasan tulang ).

Sekian informasi mengenai sendi mati yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini buat sobat semua. Terima kasih bagi sobat yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya sobat, tentunya dengan tema atau pembahasan yang tidak kalah menarik yang bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga membawa manfaat bagi sobat semua ya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia