Sponsors Link

Sendi Gerak : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Kelainan

Masih membahas seputar kesehatan nih sobat, namun agak sedikit berbeda dengan pembahasan dalam artikal sebelumnya ya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sendi, yaitu sendi gerak yang ada dalam tubuh kita. Nah sobat semua, yang selama ini tidak terlalu paham akan apa yang dimaksud dengan sendi gerak, fungsi, struktur beserta kelainan yang ada di dalamnya, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini dengan sekasama. Yuk sobat, check It Out!

Adapun yang dimaksud dengan sendi adalah penghubung antar tulang sehingga tulang dapat digerakan. Hubungan antar tulang tersebut disebut dengan persendian atau artikulasi. Adapun fungsi persendian pada manusia tersebut secara umum adalah untuk memberika fleksibilitas dan juga pergerakan pada tempatnya, selain itu sendi juga berfungsi sebagai poros anggota gerak dari semua komponen tubuh manusia. Oke sobat semua itulah fungsi sendi secara umum.

Nah sobat semua, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sendi gerak. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada begitu banyak jenis sendi yang ada dalam tubuh kita. Namun pada artikel kali ini kita khusus akan membahas mengenai hal – hal yang berhubungan dengan sendi gerak. Berikut ulasannya untuk anda, yuk kita simak bersam – sama.

Pengertian Sendi Gerak

Adapun yang dimaksud dengan sendi gerak itu sendiri adalah hubungan antar tulang penyusun rangka manusia yang mana tulang tersebut adalah jenis tulang yang dapat digerakkan dengan bebas tanpa adanya hambatan, kecuali memang sedang terjadi masalah. Jadi sesuai dengan namanya ya sobat sendi gerak.

Struktur Sendi Gerak

Selain membahas mengenai pengertian dari sendi gerak tersebut juga harus memahami sturktur dari sendi gerak itu sendiri sobat. Adapun struktur dari sendi gerak itu sendiri terdiri atas beberapa bagian antara lain seperti bantalan tulang rawan, cairan sendi (sinovial), selaput sendiri (sinovial), pembungkus sendi yang menghubungkan tulang yang satu dengan tulang yang lainnya.

Fungsi Sendi Gerak

Sesuai dengan namanya, bahwasannya fungsi sendi secara umum khususnya sendi gerak ini mempunyai fungsi untuk menyeimbangkan fungsi gerak pada setiap sendi manusia, yang mana dengan adanya sendi gerak ini manusia bisa menggerakakkan tulang atau ototnya, selain itu sendi gerak juga mempunyai fungsi sebagai penyeimbang gerak dari semua komponen tubuh anda.

Kelainan Sendi Gerak

Nah sobat yang tidak kalah penting yang harus anda ketahui dari sendi gerak ini adalah kelainan yang terjadi di dalamnya. Apabila ada gangguan atau kelainan dari sendi gerak ini memang merupakan keadaan yang mengganggu sistem gerak dan fungsinya pada manusia serta hanya berlangsung sementara. Adapun jenis kelainan yang sering terjadi pada sendi gerak ini adalah sebagai berikut :

  • Mikrosefalus, yaitu kelainan pada pertumbuhan tengkorak, sehingga bentuk kepala akan mengecil.
  • Hidroselfalus, yaitu kelainan yang disebabkan oleh pengumpulan cairan spinal dan pelebaran rongga otak , sehingga kepala akan memebesar, jadi kebalikan dari mikrosefalus ya sobat.
  • Kelainan pada tulang belakang.
  • Kelainan yang dibawa sejak lahir yang ada hubungannya denagn sendi gerak tersebut.
  • Kelainan yang terdapat pada otot sendi gerak tersebut.
  • Osteoporosis (pengeroposan tulan)
  • Rakhitis.
  • Tetanus.

Nah sobat semua, setelah membaca ulasan di atas tentunya sobat semua sudah mengerti dan mengetahui apa itu sendi gerak, fungsi, struktur, serta kelainan yang ada didalamnya. Oke sobat semua, sekian informasi yang penulis bisa share pada kesempatan kali ini. Penulis berharap artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membacanya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik ya sobat. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulus, salam sendi sehat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia